Comscore Tracker

9 Fakta Kepiting Yeti, Hewan Unik yang Menumbuhkan Makanan Sendiri

Namanya diadaptasi dari nama makhluk mitologi

Kepiting yeti adalah sebuah istilah untuk menyebut spesies dari genus Kiwa yang mana merupakan dekapoda yang hidup di ventilasi hidrotermal laut dalam. Diketahui terdapat empat spesies yang telah teridentifikasi dalam genus ini, seperti Kiwa hirsuta, Kiwa puravida, Kiwa tyleri, dan Kiwa araonae.

Sementara itu, terdapat dua spesies lain yang mirip tetapi masih belum diketahui spesiesnya yang ditemukan di Southwest Indian Ridge dan Galápagos. Nah, bagi kamu yang baru dengar nama kepiting unik satu ini, pastinya penasaran, bukan? Kalau begitu, langsung simak fakta-fakta hewan unik berikut ini, yuk!

1. Karena habitatnya yang gelap, kepiting ini tidak memiliki pigmen warna pada tubuhnya

9 Fakta Kepiting Yeti, Hewan Unik yang Menumbuhkan Makanan Sendiriilustrasi kepiting yeti (instagram.com/the_zoologist_barista)

2. Kepiting yeti juga diketahui memiliki penglihatan yang hampir buta. Kondisi ini juga menyesuaikan dengan habitatnya yang gelap

9 Fakta Kepiting Yeti, Hewan Unik yang Menumbuhkan Makanan Sendiriilustrasi gerombolan kepiting yeti (instagram.com/the_zoologist_barista)

3. Supaya tetap hangat, hewan ini biasanya akan berkerumun. Kerumunannya dapat mencapai 600 hingga 700 kepiting per 1 meter persegi

9 Fakta Kepiting Yeti, Hewan Unik yang Menumbuhkan Makanan Sendiriilustrasi gerombolan kepiting yeti (instagram.com/the_zoologist_barista)

4. Diketahui bahwa spesies pertama dari  genus ini ditemukan pada tahun 2005 lalu di ventilasi hidrotermal dekat Pulau Paskah

9 Fakta Kepiting Yeti, Hewan Unik yang Menumbuhkan Makanan Sendiriilustrasi kepiting yeti (instagram.com/callmetheblackgoat)

5. Rambut pada capitnya berfungsi menangkap bakteri yang kemudian akan hidup di capitnya tersebut

9 Fakta Kepiting Yeti, Hewan Unik yang Menumbuhkan Makanan Sendiriilustrasi kepiting yeti (instagram.com/whoi.ocean)

Baca Juga: 7 Fakta Unik Flatworm, Hewan Unik yang Tak Memiliki Darah

6. Kiwa, nama ilmiah genus ini, diadaptasi dari nama dewi dalam mitologi Polinesia

9 Fakta Kepiting Yeti, Hewan Unik yang Menumbuhkan Makanan Sendiriilustrasi kerumunan kepiting yeti (instagram.com/seathescience)

7. Julukan "hoff crab" diberikan kepada spesies Kiwa tyleri yang memiliki rambut di bagian dadanya

9 Fakta Kepiting Yeti, Hewan Unik yang Menumbuhkan Makanan Sendiriilustrasi kepiting yeti (instagram.com/dr_cnroterman)

8. Peneliti juga memperkirakan bahwa kepiting yeti betina akan berpindah ke bagian air yang lebih dingin untuk menetaskan telur-telur mereka

9 Fakta Kepiting Yeti, Hewan Unik yang Menumbuhkan Makanan Sendiriilustrasi kepiting yeti (instagram.com/seathescience)

9. Hingga saat ini, IUCN tidak pernah mencatat spesies dari genus kepiting yeti sebagai spesies terancam dalam daftar merah mereka

9 Fakta Kepiting Yeti, Hewan Unik yang Menumbuhkan Makanan Sendiriilustrasi spesies kepiting yeti (instagram.com/seathescience)

Berbicara soal dunia fauna pasti tidak ada habisnya. Banyak sekali makhluk-makhluk unik yang tersebar di berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah kepiting yeti ini. Setelah membaca fakta unik kepiting yeti di atas, menurutmu fakta mana yang paling mengejutkan?

Baca Juga: 5 Hewan Endemik Unik yang Hidup di Wilayah Austria, Ada yang Beracun!

Delilah Eleanor Photo Verified Writer Delilah Eleanor

Professional Daydreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya