Comscore Tracker

9 Fakta Menarik Dubai, Kota Termewah di Timur Tengah  

Mal terbesar di dunia ada di Dubai, lho! 

Dubai merupakan salah satu kota termewah di dunia yang lokasinya berada di bagian timur Semenanjung Arab, tepatnya di Pantai Teluk Persia. Salah satu kota terbesar di Uni Emirat Arab (UEA) ini terkenal dengan gedung pencakar langitnya yang sangat banyak hingga hampir mendominasi seluruh kota.

Selain itu, Dubai juga dikenal sebagai primadona wisata di Timur Tengah yang menyuguhkan segala macam keindahan dan kemewahan kelas dunia. Selain fakta tersebut, masih banyak fakta menarik lainnya seputar Dubai yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut sembilan fakta menarik Dubai, kota termewah di Timur Tengah.

1. Beriklim panas, lembab, dan subtropis

9 Fakta Menarik Dubai, Kota Termewah di Timur Tengah  tripadvisor.com

Kota yang berada di Gurun Arab ini memiliki iklim subtropis dengan cuaca panas dan lembap. Saat musim panas, suhu Dubai rata-rata saat siang hari mencapai 42 derajat Celcius (108 F). Namun, saat musim dingin, suhu rata-rata Dubai pada siang hari mencapai 25 derajat Celcius (75 F).

2. Populasinya didominasi oleh warga asing

9 Fakta Menarik Dubai, Kota Termewah di Timur Tengah  expatconnect.com

Dubai merupakan salah satu kota terpadat di Uni Emirat Arab (UEA) yang mayoritas penduduknya yaitu warga asing. Hanya sekitar 15 persen saja penduduknya yang asli orang Emirat.

Menariknya lagi, lebih dari setengah populasi Dubai yaitu generasi Millennials dengan rentang usia antara 25-34 tahun. Hanya sekitar 15 persen saja yang penduduknya berusia lebih dari 45 tahun.  

3. Bangunan tertinggi di dunia berada di jantung Kota Dubai

9 Fakta Menarik Dubai, Kota Termewah di Timur Tengah  burjkhalifa.ae

Sebagian gedung pencakar langit di Dubai merupakan bangunan tertinggi di dunia, salah satunya Burj Kalifa. Burj Khalifa memiliki tinggi sekitar 828 meter (2.716,5 kaki) dan terdiri dari 125 lantai. Gedung pencakar langit yang berada di jantung Kota Dubai ini tingginya tiga kali Menara Eiffel (Prancis) dan hampir dua kalinya State Empire Building (AS). 

4. Rumah bagi pusat perbelanjaan terbesar di dunia

9 Fakta Menarik Dubai, Kota Termewah di Timur Tengah  esquireme.com

Selain memiliki bangunan tertinggi di dunia, Dubai juga memiliki pusat perbelanjaan terbesar di dunia, lho. Dilansir laman Touropia, Dubai Mall merupakan pusat perbelanjaan terbesar di dunia berdasarkan luas total bangunannya.

Pusat perbelanjaan yang masih satu kompleks dengan Burj Kalifa ini memiliki luas lebih dari 12 juta kaki persegi atau setara dengan 50 lapangan sepak bola.

Dubai Mall terdiri dari 12 ribu toko yang meliputi toko permen terbesar di dunia, pusat permainan SEGA (permainan boling 3D) hingga gelanggang es. Selain itu, juga terdapat 22 layar bioskop, 120 restoran dan kafe, sebuah hotel bintang 5, hingga salah satu akuarium terbesar di dunia.

Memiliki gedung pencakar langit tertinggi dan mal terbesar di dunia dengan arsitekturnya yang modern dan sangat megah, membuat Dubai dianggap sebagai kota termewah di Timur Tengah. 

Baca Juga: Di Negara-negara ini, Tingkat Perselingkuhannya Tercatat Paling Tinggi

5. Rumah bagi taman bunga terbesar di dunia

9 Fakta Menarik Dubai, Kota Termewah di Timur Tengah  khaleejtimes.com

Selain memiliki bangunan tertinggi dan pusat perbelanjaan terbesar di dunia, Dubai juga memiliki taman bunga terbesar di dunia yaitu Dubai MiracleGarden. Dilansir Swedish Nomad, Dubai Miracle Garden merupakan taman bunga terbesar di dunia yang memiliki luas sekitar 72 ribu meter persegi (780 ribu kaki persegi).

Pembukaan Dubai Miracle Garden bertepatan pada hari Valentine pada 2013 lalu. Dubai Miracle Garden terdiri dari 50 juta bunga dan 250 juta tanaman. 

6. Menerapkan aturan yang ketat pada alkohol

9 Fakta Menarik Dubai, Kota Termewah di Timur Tengah  nbcnews.com

Meski Dubai merupakan kota metropolitan yang memiliki banyak klub malam, kota yang mayoritas penduduknya adalah orang Muslim ini menerapkan peraturan yang ketat pada alkohol.

Peraturan pertama: hanya orang nonmuslim berusia 21 tahun ke atas saja yang boleh mengonsumsi alkohol dan hanya diperbolehkan minum di tempat yang berlisensi saja. Merupakan tindakan yang ilegal jika mengonsumsi alkohol di tempat umum dan akan dipenjara jika tepergok mabuk di tempat umum.

Peraturan kedua: alkohol tidak dijual saat hari libur keagamaan. 

7. Berkendara dengan mobil kotor di Dubai akan dikenakan denda

9 Fakta Menarik Dubai, Kota Termewah di Timur Tengah  gulfnews.com

Selain memberlakukan peraturan yang ketat pada alkohol, Dubai juga melarang mobil dalam kondisi kotor berkeliaran di sekitar Dubai, meski sering terjadi badai pasir di kota metropolitan tersebut.

Dilansir Culture Trip, mobil kotor hanya akan menodai citra Kota Dubai yang terkenal bersih dan juga kesehatan masyarakat. Jika peraturan tersebut dilanggar, pengendara mobil akan ditarik keluar secara paksa dari mobilnya dan dikenakan denda sebesar 3.000 dirham (Rp11 juta).

8. Dubai juga menetapkan peraturan dilarang makan dan minum di transportasi umum

9 Fakta Menarik Dubai, Kota Termewah di Timur Tengah  express.co.uk

Dubai berusaha menjaga citra kotanya yang terkenal bersih. Selain melarang mobil kotor berkeliaran di jalanan, Dubai juga menetapkan aturan untuk tidak boleh makan dan minum di transportasi umum, seperti stasiun, bus, hingga penyeberangan pejalan kaki. Jika ada yang melanggar peraturan tersebut, akan dikenakan denda sebesar 100 dirham (Rp380 ribu).

9. Tidak memberlakukan pajak penghasilan

9 Fakta Menarik Dubai, Kota Termewah di Timur Tengah  scfinancialconsulting.com

Salah satu alasan terbesar mengapa Dubai menjadi salah satu tujuan para kaum ekspatriat karena tidak memberlakukan pajak penghasilan.

Dengan demikian, para ekspatriat akan mendapatkan gaji mereka secara utuh tanpa harus kena potongan pajak seperti di negara-negara lainnya. Sebagian besar pekerja di Dubai berasal dari India, Pakistan, dan Bangladesh. 

Nah, itulah ulasan sembilan fakta menarik Dubai, kota termewah di Timur Tengah. Jika kamu tertarik untuk berlibur di Dubai, patuhi semua peraturan yang disebutkan di atas agar liburanmu tidak terganggu dengan hal yang tidak menyenangkan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Dari Badai hingga Serangan Petir! 11 Fakta Florida, Amerika Serikat

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya