Comscore Tracker

Mengenal Selaginella Lepidophylla, Tumbuhan Paku yang Unik

Bisa hidup dan bangkit kembali, lho!

Mendengar nama tumbuhan paku, mungkin yang terlintas di kepala adalah pakis haji dan paku sarang burung. Padahal, masih banyak jenis paku yang tak kalah menarik. Salah satunya Selaginella lepidophylla

Nama Selaginella lepidophylla memang kurang akrab didengar oleh masyarakat luas. Walaupun demikian, tumbuhan ini memiliki fakta-fakta unik yang harus kamu ketahui.

Penasaran? Yuk, disimak fakta-fakta menarik tentang tumbuhan paku yang satu ini

1. Termasuk genus sellaginella

Mengenal Selaginella Lepidophylla, Tumbuhan Paku yang UnikSelaginella lepidophylla yang masih "mekar" berwarna hijau (Wikimedia.org/Kristian Peters)

Selaginella lepidophylla merupakan anggota dari genus sellaginella. Genus Selaginella sendiri terdiri dari 700 spesies. Anggota genus selaginella memiliki ciri-ciri umum, yaitu memiliki struktur seperti daun yang pipih dan bercabang dan juga memiliki daun dimorfik (Mikrofil).

2. Habitat asli

Mengenal Selaginella Lepidophylla, Tumbuhan Paku yang UnikSelaginella lepidophylla, salah satu jenis paku dari genus Selaginella (Wikimedia.org/Fabrizio Cortesi)

Habitat asli dari tumbuhan selaginella lepidophylla ialah di gurun Chihuahuan yang terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga 30 cm dengan diameter mencapai 25 cm.

3. Dapat bertahan di cuaca ekstrim

Mengenal Selaginella Lepidophylla, Tumbuhan Paku yang UnikSelaginella lepidophylla dalam bentuk bola untuk menolerir kekeringan (pixabay.com/montermari)

Selaginella lepidophylla dikenal memiliki mekanisme unik dalam toleransi kondisi kekeringan. Ketika persediaan air mulai menipis, tumbuhan  S. lepidophylla akan menggulung bagian tubuhnya menjadi bentuk bola yang rapat.

Bentuk ini juga menjaga bagian yang bertanggung jawab terhadap fotosintesis terlindungi dari kerusakan oleh sinar UV. Bentuk dinding sel yang lebih fleksibel memungkinkan S. lepidophylla melipat dan membuka Kembali tanpa merusak struktur tubuhnya.

4. Dapat “bangkit” kembali

https://www.youtube.com/embed/BMiQpjRQZP4

Selain mempunyai kemampuan untuk bertahan terhadap kekeringan, Selaginella lepidophylla diketahui memiliki kemampuan untuk “bangkit” kembali. Saat pasokan air mulai memadai, bagian tubuhnya akan “mekar” dan kembali ke bentuk semula.

Bentuk ini siap untuk menampung air demi kelangsungan hidupnya, walaupun fase ini relatif singkat. Karena kemampuan ini, Selaginella lepidophylla dikenal juga dengan tumbuhan kebangkitan.

5. Digunakan sebagai obat

Mengenal Selaginella Lepidophylla, Tumbuhan Paku yang UnikSelaginella lepidophylla, jenis paku yang dapa "bangkit" kembali (pixabay.com/congerdesign)

Selaginella lepidophylla sering digunakan sebagai obat alami. Tumbuhan ini dimafaatkan sebagai teh herbal yang dipercaya dapat mengobati batuk dan flu.

Karena kemampuan uniknya, Selaginella lepidophylla dilirik oleh masyarakat untuk diperjual belikan. Kamu tertarik untuk menanamnya?

Baca Juga: 7 Pakis Gantung Eksotis yang Cocok untuk Dekorasi Balkon Rumah

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A Long-life Learner_Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya