Comscore Tracker

Cantik Banget, 7 Hewan Memesona Ini Punya Warna Merah Menyala

Mulai dari unggas sampai serangga!

Merah menjadi salah satu warna mencolok yang sulit banget dilewatkan. Warna ini sangat menarik perhatian dan memiliki daya tarik tersendiri. Ternyata, warna merah gak begitu langka di alam liar, lho! Ada beberapa hewan yang memiliki warna memesona ini. Simak deh, tujuh hewan memesona yang punya warna merah menyala berikut ini!

1. Ibis merah (scarlet ibis)

Cantik Banget, 7 Hewan Memesona Ini Punya Warna Merah MenyalaPixabay/chrisausbayern-7210521

Burung ibis satu ini punya warna paling mencolok dibanding saudara-saudara semarganya. Laman Sea World menjelaskan kalau warna merah menyala ini didapat dari diet ibis merah yang biasa memakan hewan-hewan krustasea seperti udang dan kepiting. Hewan-hewan krustasea tersebut memiliki karotena atau pigmen warna merah.

Gak cuma burung ibis merah saja, lho! Burung flamingo juga dapat warna cantik dari makanannya.

2. Katak tomat (tomato frog)

Cantik Banget, 7 Hewan Memesona Ini Punya Warna Merah MenyalaWikimedia Commons/firereptiles

Bukan tanpa alasan katak ini diberi nama "tomat". Warnanya memang merah dan berbentuk bulat layaknya tomat. Para betina umumnya memiliki warna merah paling menyala, sementara pejantan agak kecokelatan.

Menurut laman Reptiles Magazines, habitat alami mereka ada di Pulau Madagaskar. Mereka biasa mendiami wilayah yang paling sering dituruni hujan.

3. Kardinal merah (northern cardinal)

Cantik Banget, 7 Hewan Memesona Ini Punya Warna Merah MenyalaWikimedia Commons/Hari Krishnan

Burung cantik satu ini tampak mencolok di antara ranting pepohonan tempatnya biasa bertengger.

Mengutip laman All About Birds, burung kardinal merah pejantan biasanya punya warna merah cemerlang hampir di sekujur tubuh, sementara betina lebih ke cokelat dengan sedikit kemerahan pada bagian sayap, ekor, dan jambulnya. Biarpun begitu, keduanya tetap sama-sama terlihat menarik!

Baca Juga: Gak Disangka, Hewan-hewan Ini Pernah Jadi Alat Transportasi

4. Kepiting merah Pulau Natal (Christmas island red crab)

Cantik Banget, 7 Hewan Memesona Ini Punya Warna Merah MenyalaWikimedia Commons/DIAC Images

Kepiting satu ini merupakan hewan endemik yang memiliki peran signifikan di ekosistem pulau Natal, Australia. Kamu mungkin mengenal hewan ini dari kebiasaannya melakukan migrasi besar-besaran saat kawin.

Jumlahnya yang mencapai ribuan membentuk seperti lautan berwarna merah. Menurut National Geographic, musim kawin ini terjadi pada Oktober atau November.

5. Semut beludru merah (red velvet ant)

Cantik Banget, 7 Hewan Memesona Ini Punya Warna Merah MenyalaWikimedia Commons/Judy Gallagher

Biarpun bernama red velvet ant, laman Pest World menjelaskan kalau hewan satu ini sebenarnya lebah atau tawon. Julukan red velvet ant ini lebih merujuk ke betina yang tidak bersayap, tapi memiliki sengatan yang cukup menyakitkan. Si betina juga sering dijuluki cow killer karena sengatannya tersebut. 

6. Tungau beludru merah (red velvet mite)

Cantik Banget, 7 Hewan Memesona Ini Punya Warna Merah MenyalaWikimedia Commons/Ton Rulkens

Tak hanya berwarna merah cantik, tungau satu ini juga berukuran lebih besar dari tungau pada umumnya. Menurut laman Insect Identification, tungau beludru merah dewasa bisa memiliki panjang mencapai 2 cm. Mereka bisa ditemukan di Amerika Utara dan Meksiko. Mereka biasanya keluar setelah turun hujan saat musim panas.

7. Tschudi's coral snake

Cantik Banget, 7 Hewan Memesona Ini Punya Warna Merah MenyalaWikimedia Commons/Geoff Gallice

Ular yang bisa ditemukan di Amerika Selatan ini memiliki warna merah yang khas. Mereka biasanya memiliki ujung berwarna hitam, baik pada kepala atau ekornya. Beberapa memiliki pola belang-belang hitam. Menurut laman iNaturalist, ular satu ini bisa memiliki total panjang 68 cm begitu dewasa.

Nah, itu tadi adalah tujuh hewan berwarna merah menyala yang memesona. Mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Daftar Hewan-hewan Asal Tiongkok yang Dilarang Masuk Indonesia

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya