Comscore Tracker

8 Fakta Mengerikan Seputar Colosseum, Pernah Jadi Tempat Eksekusi

Fakta seputar ikon kota Roma, Italia

Kembali ke masa SD dulu, kita pasti pernah belajar tentang tujuh keajaiban dunia, salah satu yang paling terkenal adalah Colosseum di kota Roma, Italia. Meski namanya harum ke mana-mana, kebanyakan dari kita cuma sekedar mengenal nama, lokasi, dan juga gambarnya, itu pun dari buku pelajaran sekolah.

Padahal lebih dari itu, Colosseum merupakan salah satu bangunan berusia ribuan tahun yang masih bertahan dari gempuran waktu. Dan layaknya peninggalan bersejarah lainnya, Colosseum juga menyimpan banyak kisah juga fakta menarik yang jarang orang tahu. Dilansir mentalfloss.com, berikut ini 8 fakta mengerikan seputar Colosseum di Roma!

1. Nama aslinya bukan Colosseum 

8 Fakta Mengerikan Seputar Colosseum, Pernah Jadi Tempat Eksekusipexels.com/Davi Pimentel

Sekarang kita mengenal bangunan bersejarah ini sebagai Colosseum, tapi di masa awal pembukaannya, orang mengenal tempat ini dengan nama Ampitheatrum Flavium. Nama Ampitheatrum Flavium terinspirasi dari Kaisar Vespasianus, Titus, dan Domitian. Oleh penduduk Romawi masa itu, ketiganya dikenal dengan sebutan Kaisar Flavian.

Nah, kalau nama aslinya Ampitheatrum Flavium, lalu dari mana nama Colosseum berasal? Nama Colosseum sendiri sebenarnya berasal dari penduduk Romawi Kuno. Karena Ampitheatrum Flavium berukuran sangat besar, penduduk sekitar menyebutnya Colosseum.

2. Dibangun dari hasil rampasan perang 

8 Fakta Mengerikan Seputar Colosseum, Pernah Jadi Tempat Eksekusirome.us

Colosseum dibangun pada tahun 70 M, tepatnya setelah Kekaisaran Romawi menaklukkan Yudea atau Yerusalem. Tidak ingin pulang dengan tangan kosong, Vespasianus membawa pulang harta rampasan perang ke Roma. Bukan hanya senjata, atau emas, Vespasianus juga mengambil sejumlah artefak dari kuil-kuil Yahudi.

Setelah sampai di Roma, sang kaisar memutuskan untuk menggunakan artefak-artefak itu dan membangun sebuah amphitheater untuk rakyatnya. Pembangunan amphitheater ini membutuhkan waktu sepuluh tahun, dan baru selesai pada tahun 80 M.

3. Dan dikerjakan oleh para budak 

8 Fakta Mengerikan Seputar Colosseum, Pernah Jadi Tempat Eksekusihistory.stackexchange.com

Selain membawa pulang harta rampasan perang, Kaisar Vespasianus juga membawa serta 100 ribu tawanan perang ke Roma, Italia. Di kota Roma, para tawanan ini dijadikan budak dan dipekerjakan dalam proyek pembangunan Colosseum.

Bukan hanya dipaksa untuk menyeret batu-batu yang berat dari Tivoli ke Roma, para pekerja juga tidak mendapatkan bayaran atas pekerjaannya.

Selain dikerjakan oleh para budak, penduduk kota Roma juga berpartisipasi dalam pembangunan Colosseum. Bukan sebagai pekerja kasar, melainkan sebagai arsitek, pekerja seni, dan posisi lainnya yang memiliki kedudukan lebih tinggi.

Baca Juga: 6 Fakta Remus dan Romulus: Mitologi Romawi Pendiri Kota Roma

4. Colosseum merupakan amphitheater terbesar yang pernah dibangun bangsa Romawi

8 Fakta Mengerikan Seputar Colosseum, Pernah Jadi Tempat Eksekusipexels.com/Pixabay

Berusia lebih dari dua ribu tahun yang lalu, Colosseum adalah amphitheater terbesar yang pernah dibangun oleh bangsa Romawi, sekaligus juga amphitheater terbesar di dunia saat ini.

Tidak seperti kebanyakan amphitheater pada masa itu yang dibangun di lereng bukit, Colosseum yang memiliki panjang 189 meter, lebar 159 meter, dan tinggi 50 meter ini dibangun di bekas danau istana Kekaisaran Romawi Kuno yang terbakar habis pada tahun 64 M.

5. Ada 80 pintu masuk di Colosseum, satu di antaranya dikenal sebagai gerbang kematian

8 Fakta Mengerikan Seputar Colosseum, Pernah Jadi Tempat Eksekusiunsplash.com/David Köhler

Dengan kapasitas 87 ribu penonton, Colosseum memiliki 80 pintu masuk. Meski begitu, hanya ada 76 pintu yang bisa digunakan oleh rakyat biasa. Sedangkan empat pintu lainnya adalah pintu khusus yang digunakan oleh kaisar, pejabat, juga para gladiator yang akan bertarung.

Para kaisar dan pejabat menggunakan pintu di sebelah selatan dan utara untuk memasuki arena. Dua pintu lainnya adalah pintu untuk para gladiator. Pintu pertama terletak di sebelah timur, dikenal dengan nama Gerbang Kehidupan, di mana gladiator yang akan bertarung memasuki arena melalui pintu ini.

Sebaliknya, pintu barat adalah Gerbang Kematian di mana gladiator yang meninggal setelah pertempuran dibawa keluar.

6. Diperkirakan setengah juta jiwa melayang di Colosseum

8 Fakta Mengerikan Seputar Colosseum, Pernah Jadi Tempat Eksekusicolosseumrometickets.com

Jika sekarang dijadikan destinasi pariwisata, dulu Colosseum merupakan tempat hiburan sekaligus juga tempat eksekusi bagi para narapidana. Acara akan dimulai dengan parade hewan liar atau perburuan yang diikuti oleh para bangsawan pada pagi hari.

Di siang hari, Colosseum berubah jadi tempat eksekusi, di mana para narapidana akan diikat dan menjadi sasaran hewan buas. Sedangkan di sore hari, barulah Colosseum berubah jadi arena gladiator. Biasanya para gladiator bukanlah warga Romawi, melainkan budak yang tidak memiliki hak kewarganegaraan.

Colosseum sendiri terakhir digunakan pada tahun 435 M, untuk pertandingan gladiator. Dan selama 350 tahun masa pemakaiannya, Colosseum diperkirakan telah menelan korban hingga setengah juta jiwa, baik itu para gladiator yang tewas dalam pertandingan atau para narapidana yang dihukum mati di tempat ini.

7. Plus satu juta hewan yang menjadi korban 

8 Fakta Mengerikan Seputar Colosseum, Pernah Jadi Tempat Eksekusitheatlantic.com

Bukan hanya manusia yang jadi korban keganasan pertandingan gladiator di Colosseum, nasib hewan liarnya pun tidak kalah tragis. Di awal pembukaannya tahun 80 M, Kaisar Titus mengadakan pertandingan gladiator selama 100 hari penuh. Hasilnya, sekitar 9 ribu hewan mati selama pertandingan, dan 5 ribu diantaranya mati dalam waktu satu hari.

Tiga puluh tahun kemudian, Kaisar Trajan melakukan pertandingan selama 123 hari yang menewaskan sekitar 11 ribu hewan. Diperkirakan sekitar satu juta hewan mulai dari singa, jaguar, gajah, beruang, hingga kuda nil mati karena terluka parah selama pertandingan bar-bar ini berlangsung.

8. Dan semua pertandingan itu bisa disaksikan secara gratis 

8 Fakta Mengerikan Seputar Colosseum, Pernah Jadi Tempat Eksekusiunsplash.com/Merakist

Saat ini untuk masuk ke Colosseum,  para turis akan dikenakan biaya yang cukup mahal. Tapi di masa peradaban Romawi Kuno, siapa pun bisa masuk dan menyaksikan pertandingan gladiator secara gratis, dengan catatan mereka adalah orang Romawi.

Selain itu, para pengunjung juga bisa mendapatkan makanan dan minuman secara cuma-cuma. Meski gratis, pengunjung yang datang tidak bisa bebas memilih tempat duduknya.

Pasalnya di tempat ini, para pengunjung harus duduk sesuai dengan statusnya. Mereka yang memiliki darah bangsawan atau jabatan tinggi akan duduk di dekat arena. Sedangkan rakyat biasa akan duduk di kursi paling atas.

 

Tidak dipungkiri, Colosseum memiliki sejarah yang sangat kelam di masa lalu. Tapi itu kan dulu, sekarang Colosseum sudah berubah menjadi ikon wisata kesayangan Italia.

Baca Juga: 8 Penemuan Bangsa Romawi Kuno yang Masih Digunakan hingga Kini  

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya