Comscore Tracker

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!

Yang mana bunga favoritmu?

Bunga bukan hanya memanjakan mata, tetapi juga menyebarkan keharuman yang semerbak. Keindahannya membuat kita terpana sehingga kita betah berlama-lama di dekatnya.

Sedang mencari bunga untuk ditanam di kebunmu? Berikut ini beberapa bunga yang aromanya paling memikat. Here we go!

1. Melati

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!ilustrasi bunga melati (pixabay.com/nuzree)

Tanaman dengan nama ilmiah Jasminum sambac ini adalah spesies asli Asia, yang tersebar dari India hingga Asia Tenggara. Biasanya, bunganya ditambahkan ke dalam teh agar tercipta rasa dan aroma yang unik.

2. Sedap malam

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!ilustrasi sedap malam (pixabay.com/suvajit)

Untuk mewangikan ruangan, orang-orang biasanya menaruh bunga sedap malam (Agave amica) yang sudah dipotong ke dalam vas berisi air. Bunga ini telah dijadikan wewangian sejak abad ke-17. Selain itu, bunga ini juga sering disulap menjadi karangan bunga dan dekorasi pernikahan.

3. Wisteria

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!ilustrasi wisteria (pixabay.com/Pixamio)

Mengutip Gardenia.net, aroma wisteria bervariasi dari yang manis dan lembut hingga strong dan musky. Sebagian varietas bisa dimakan dan bahkan diolah menjadi wine. Akan tetapi, ada juga yang mengandung bahan kimia beracun, yaitu lectin dan wisterin.

4. Kamboja

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!ilustrasi kamboja (pexels.com/Pixabay)

Dalam bahasa Inggris, kamboja dikenal sebagai frangipani. Padahal, nama sebenarnya adalah plumeria. Dilansir The Perfume Society, kamboja memiliki aroma seperti gardenia, yaitu lembut, fruity, creamy, dan peachy. Aromanya menguar pada malam hari untuk menarik perhatian serangga.

Baca Juga: 12 Spesies Kaktus yang Paling Memukau dan Mudah Dirawat

5. Mawar

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!ilustrasi mawar (pexels.com/Pixabay)

Bunga yang tangkainya berduri ini mengeluarkan aroma manis dan spicy dengan fruit notes yang samar. Wanginya berasal dari benang sari dan kelopak bunganya. Aromanya tidak menyebar jauh, sehingga kita harus mendekatkan hidung untuk menghirupnya.

6. Lavender

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!ilustrasi lavender (pexels.com/Pixabay)

Lavender memiliki aroma yang sangat khas. Sekali mencium, kamu pasti langsung mengenalinya. Dengan aroma floral yang ringan dan segar, lavender cocok dijadikan pengharum ruangan atau mobil, obat nyamuk, sampai losion.

7. Gardenia

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!ilustrasi gardenia (pixabay.com/oom_endro)

Gardenia memiliki aroma yang rich. Laman Garden Fine mengatakan bahwa aromanya segar, kuat, feminin, woody, dan flowery. Pada malam hari, aromanya sangat fresh seperti rumput yang baru dipotong.

8. Freesia

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!ilustrasi freesia (pixabay.com/manfredrichter)

Freesia merupakan genus tanaman dengan bunga berbentuk corong yang harum. Aromanya disebut mirip stroberi atau buah musim panas, tetapi ada juga yang mengatakan mirip jeruk. Aroma terkuat datang dari bunga yang berwarna merah, kuning, dan putih.

Baca Juga: 12 Bunga Ini Bisa Dimakan dan Tidak Beracun, Coba Aja Kamu Cicipi

9. Lilac

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!ilustrasi lilac (pixabay.com/Pezibear)

Bunga dari genus Syringa ini memiliki warna yang sama dengan namanya. Aromanya dalam dan rich, mengingatkan kita pada mawar dengan sedikit hint vanila, mengutip AP Fragrance. Wanginya paling intens pada hari-hari yang cerah dan hangat.

10. Bunga pukul empat

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!ilustrasi bunga pukul empat (pixabay.com/AnnaIlarionova)

Bukan tanpa alasan Mirabilis jalapa dijuluki sebagai bunga pukul empat. Sebab, bunganya akan mekar secara serentak pada jam empat sore! Aromanya yang manis akan menguar ketika mekar, yang membuat ngengat, kupu-kupu, dan burung menghampirinya.

11. Kenanga

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!ilustrasi kenanga (pixabay.com/mayapujiati)

Di Indonesia, kenanga (Cananga odorata) biasanya digunakan sebagai bunga tabur ketika ziarah kubur. Aromanya rich dan deep dengan custard notes dan sedikit hint melati. Kenanga sering diolah menjadi essential oil dan diklaim bisa mendorong relaksasi.

12. Lili

12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!ilustrasi lili (unsplash.com/Matt)

Yang terakhir adalah lili, yang telah digunakan sebagai wewangian sejak zaman Mesir Kuno dan Yunani Kuno. Aromanya manis dan rich, yang mengingatkan kita pada bunga melati atau sedap malam. Dilansir Savvy Gardening, yang paling kuat aromanya ialah lili oriental.

Nah, itulah beberapa bunga dengan aroma yang paling memikat. Yuk, semarakkan kebunmu dengan kehadiran mereka!

Baca Juga: 12 Jenis Bunga yang Sering Dijadikan Buket Pernikahan

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya