Comscore Tracker

7 Benda di Sekitar Kita yang Terinspirasi dari Hewan, Bikin Kagum

Contohnya, pesawat terbang terinspirasi dari burung

Sejauh ini, manusia telah menciptakan banyak hal menakjubkan. Tetapi, ide itu tidak jatuh dari langit. Banyak dari benda-benda tersebut yang terinspirasi dari alam, spesifiknya dari hewan. Ilmu meniru alam ini disebut sebagai biomimikri.

Mau tahu, apa saja ciptaan manusia yang terinspirasi dari hewan? Dan apa kisah menarik di baliknya? Mungkin, kamu akan terkejut ketika mengetahuinya!

1. Kereta peluru

7 Benda di Sekitar Kita yang Terinspirasi dari Hewan, Bikin Kaguminsider.com

Kereta peluru dirancang untuk meniru peluru yang melaju di kecepatan tinggi. Tetapi, ada satu masalah utama: saat kereta melaju, tekanan udara menumpuk dalam gelombang dan menghasilkan suara seperti senapan. Penumpang mengeluhkan hal ini dan merasakan sakit kepala saat kereta keluar dari terowongan.

Hal ini menjadi perhatian Eiji Nakatsu, insinyur di perusahaan kereta api Jepang JR-West. Sebagai seorang pengamat burung (birdwatcher), ia mengamati kingfisher. Burung ini punya paruh panjang dan hampir tidak membuat riak ketika mereka menembus air untuk menangkap ikan.

Dari pengamatannya ini, Eiji menerapkan struktur paruh kingfisher ke bagian depan kereta. Ini membuat kereta keluar dengan tenang dari terowongan, meningkatkan kecepatan serta efisiensi energi, dilansir laman Did You Know Science.

Alhasil, kereta peluru Shinkansen menghasilkan kecepatan maksimum 320 km/jam dan hanya menghasilkan 16 persen karbon dioksida. Perubahan pada moncong kereta bisa menghasilkan perbedaan besar, ya?

2. Lapisan untuk kapal

7 Benda di Sekitar Kita yang Terinspirasi dari Hewan, Bikin Kagummarasinews.com

Seorang insinyur bernama Tony Brennan penasaran mengapa hiu memiliki kulit yang bersih. Padahal, makhluk laut lain memiliki ganggang, teritip (hewan yang berkerabat dengan kepiting dan udang), dan lendir yang menempel di kulit luarnya.

Ternyata, sisik hiu yang kecil dan mirip gigi mencegah organisme melekat di kulitnya. Ini disebut sebagai biofouling. Lalu, Sharklet Technologies mengembangkan Sharklet, bahan kulit hiu sintetis yang memiliki sifat anti-biofouling.

Ini diterapkan pada lapisan kapal untuk mencegah teritip dan organisme laut lain menempel. Makhluk hidup yang menempel di lapisan kapal menambah bobot ekstra, menyebabkan hambatan pada kapal, mengurangi efisiensi bahan bakar, serta menghabiskan US$50 juta (Rp736 miliar) untuk mengeluarkannya dari lambung kapal.

3. Perekat cangkok kulit

7 Benda di Sekitar Kita yang Terinspirasi dari Hewan, Bikin Kagummedicaldevice-network.com

Percayakah kamu kalau teknik bedah baru untuk cangkok kulit terinspirasi dari cacing parasit berkepala duri, Pomphorhynchus laevis? Cacing ini punya kemampuan untuk menembus usus inangnya dengan tulang punggung yang seperti pisau cukur, lalu ia akan menggembungkan kepala yang seperti kaktus di dalam jaringan agar tetap menempel erat, ujar laman Did You Know Science.

Peneliti meniru mekanisme ini dengan membuat jarum kecil berbentuk kerucut yang ujungnya mengembang saat terkena air. Jarum akan menembus jaringan dengan tekanan yang minim. Dibandingkan dengan staples dan jahitan kulit biasa, metode ini bisa mengurangi trauma pada jaringan dan saraf dengan risiko infeksi yang jauh lebih kecil.

4. Pita perekat medis

7 Benda di Sekitar Kita yang Terinspirasi dari Hewan, Bikin Kagumisraelifirstaid.com

Hewan selanjutnya yang menjadi inspirasi adalah laba-laba. Lebih tepatnya, benang sutra pada laba-laba sebagai salah satu bahan terkuat di alam. Benang sutra punya sifat yang melar, lengket, dan sangat kuat.

Lalu, para ilmuwan mempelajari benang sutra dan berpikir kalau bisa diterapkan di pita perekat atau plester medis. Pita ini fleksibel, dapat dikelupas tanpa merusak jaringan kulit di bawahnya. Sementara, pita perekat medis lain menimbulkan rasa sakit dan merusak kulit sensitif bayi baru lahir dan orang tua.

Baca Juga: Hewan Peliharaan Viral, 7 Fakta Sea Monkey dan Cara Memeliharanya

5. Pesawat terbang

7 Benda di Sekitar Kita yang Terinspirasi dari Hewan, Bikin Kagumrd.com

Tentunya, kita semua sudah tahu kalau desain pesawat terbang terinspirasi dari burung. Burung punya bentuk yang ramping dan aerodinamis sehingga saat terbang udara bisa mengalir di permukaannya dengan lancar. Prinsip yang sama diterapkan di pesawat agar tidak menghadapi hambatan udara saat sedang bergerak.

Selain itu, burung terbang dalam bentuk V saat berada dalam kawanan dan memungkinkan burung melakukan perjalanan jarak jauh. Jika pesawat jet terbang dalam formasi V dan berganti posisi seperti burung, berdampak pada penghematan bahan bakar sebesar 15 persen, menurut peneliti dari Stanford University.

6. Panel surya

7 Benda di Sekitar Kita yang Terinspirasi dari Hewan, Bikin Kagumsciencemag.org

Manusia bisa menciptakan panel surya lebih murah berkat spons puffball oranye, yakni spons laut berbentuk bulat dengan diameter 10 cm. Hewan ini akan melepaskan enzim ke dalam air, mengeluarkan silikon dan kalsium, dan membuat bahan kimia ini menjadi bentuk tertentu.

Keajaiban spons puffball oranye disadari oleh Daniel Morse, ahli biokimia molekuler, beserta rekan-rekannya. Mereka mempelajari teknik enzimnya dan meniru mekanismenya. Lalu, di tahun 2006 mereka menciptakan elektroda yang bersih dan efisien. Berkat spons ini, kita bisa merasakan bahwa tenaga surya lebih murah daripada bahan bakar fosil.

7. Lampu LED

7 Benda di Sekitar Kita yang Terinspirasi dari Hewan, Bikin Kagumbusinessinsider.com

Dan yang terakhir ada lampu light-emitting diodes (LED) yang terinspirasi dari kunang-kunang. Lampu ini dikenal lebih hemat energi daripada lampu pijar dan lampu neon. Lampu ini punya karakteristik khusus, yakni sebagian besar cahaya terperangkap di permukaan dalamnya, membuatnya lebih cerah dari jenis lampu lain.

Dilansir laman Did You Know Science, peneliti mendapatkan inspirasi dari kunang-kunang yang berkelap-kelip untuk memodifikasi lapisan luar bohlam LED. Mereka menemukan pola sisik bergerigi yang mencegah pantulan dan meningkatkan pancaran cahaya pada kunang-kunang. Makhluk kecil yang menakjubkan!

Nah, itulah benda-benda ciptaan manusia yang terinspirasi dari hewan. Ternyata, alam adalah sebaik-baiknya inspirasi, ya?

Baca Juga: 7 Dampak Kebakaran Hutan pada Hewan Liar, Miris Banget

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya