Comscore Tracker

5 Fakta Ayam Onagadori, Ekornya Bisa Tumbuh Hingga 12 Meter!

Dulunya, dianggap sebagai peliharaan para bangsawan!

Tidak hanya dianggap sebagai hewan ternak, ayam juga sering menjadi hewan peliharaan kesayangan. Contohnya, ayam katai, ayam berukuran kecil yang disukai berkat postur tubuhnya yang mungil.

Ada pula ayam onagadori yang berasal dari Jepang dan digemari berkat ekornya yang super panjang. Bahkan, bisa mencapai 12 meter, lho. Penasaran?

1. Merupakan persilangan ayam Shokoku dan ayam hutan hijau

5 Fakta Ayam Onagadori, Ekornya Bisa Tumbuh Hingga 12 Meter!domesticforest.com

Ayam onagadori punya julukan honorable fowl alias unggas yang terhormat. Ayam ini berasal dari Jepang dan pertama kali diciptakan dengan menyilangkan ayam Shokoku dengan ayam hutan hijau, terang laman Feather Lover Farms.

Diperkirakan persilangan ini terjadi di zaman Edo (1600-1868 masehi). Sedihnya, ayam ini termasuk yang paling langka di seluruh dunia. Di Jepang, jumlahnya tak lebih dari 200 ekor saja, lanjut laman Feather Lover Farms menjelaskan.

2. Bulunya tidak berganti sehingga bisa tumbuh panjang

5 Fakta Ayam Onagadori, Ekornya Bisa Tumbuh Hingga 12 Meter!americanpoultryauctions.com

Berbeda dengan ayam lain, bulu ayam onagadori tidak berganti atau melewati proses molting. Itulah sebabnya, bulu ekor ayam ini bisa tumbuh sangat panjang. Mengapa bisa begitu, ya?

Rupanya, hal ini diwariskan secara genetik dari moyang ayam onagadori, yakni ayam hutan hijau. Ayam ini memiliki kemampuan untuk tidak berganti bulu dengan waktu lebih lama dari ayam lain, jelas laman Feather Lover Farms.

Baca Juga: Sarat Makna, 7 Hewan Unik Ini Jadi Lambang Resmi Sebuah Negara

3. Bulu ekornya bisa tumbuh panjang hingga 12 meter!

5 Fakta Ayam Onagadori, Ekornya Bisa Tumbuh Hingga 12 Meter!baodansinh.vn

Ayam onagadori memiliki panjang ekor rata-rata 7 kaki atau 2,1 meter, terang laman Feather Lover Farms. Panjangnya diukur dari pangkal ekor ke ujung ekor. Bahkan, ekor ini bisa tumbuh hingga panjang 40 kaki atau 12 meter!

Biasanya, bulu ekornya berjumlah 16-18 helai. Apabila dirawat dengan baik, bulu ekor ini tidak akan rontok dan tidak berganti (molting). Rata-rata pertumbuhan bulu ekornya adalah 0,7-1,3 meter per tahun.

4. Ayam ini memiliki empat jenis warna

5 Fakta Ayam Onagadori, Ekornya Bisa Tumbuh Hingga 12 Meter!baodansinh.vn

Variasi warna apa saja yang tersedia untuk ayam onagadori? Setidaknya, ada empat jenis warna yang telah diakui, yakni black-breasted red (BB-red), putih, perak dan emas.

Ayam ini memiliki berat rata-rata 4-6 lbs atau setara dengan 1,8-2,7 kg. Ayam ini bisa bertahan dengan baik di kondisi cuaca panas maupun dingin. Bahkan, bisa bertahan di Jepang yang bersalju.

5. Telur yang dihasilkan hanya 25 butir per tahun

5 Fakta Ayam Onagadori, Ekornya Bisa Tumbuh Hingga 12 Meter!baodansinh.vn

Mengapa ayam onagadori sangat langka? Tak lain tak bukan adalah karena perkembangbiakannya yang lambat. Ayam betina hanya bisa bertelur 25 butir per tahun, jelas laman Domestic Forest.

Padahal, ayam betina dari jenis lain bisa bertelur hingga 250 butir per tahun alias 10 kali lipat dari ayam onagadori! Setiap butir telur membutuhkan waktu pembuatan 24-26 jam di dalam tubuh ayam betina dari jenis lain.

Nah, itulah lima fakta menarik seputar ayam onagadori, yang ekornya bisa tumbuh hingga 12 meter. Tertarik untuk memelihara?

Baca Juga: 5 Formasi Hewan Ini Ternyata Memiliki Arti Khusus Lho!

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya