Comscore Tracker

5 Fakta Dracula Simia, Anggrek Berwajah Monyet yang Langka

Apakah kamu tertarik untuk memilikinya?

Dunia flora menyimpan banyak spesies tanaman unik yang kerap membuat orang terkesima. Salah satu tanaman yang jenisnya beragam ialah Orchidaceae atau anggrek.

Tanaman hias yang satu ini kerap diminati banyak orang lantaran bentuknya yang cantik. Namun, ada pula anggrek yang justru memiliki paras yang aneh dan unik, seperti Dracula simia atau anggrek berwajah monyet. Penasaran seperti apa lebih jelasnya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Memiliki bentuk yang menyerupai wajah monyet

5 Fakta Dracula Simia, Anggrek Berwajah Monyet yang LangkaDracula simia (dok. EOL/Erick Hunt)

Seperti namanya, anggrek unik satu ini memiliki bentuk yang persis menyerupai wajah monyet. Gurat paras mirip hewan primata tersebut terbentuk mulai dari mata, hidung dan bibir. Tak lupa, komponen kelopak bunga membuatnya semakin persis dengan monyet.

Hal itu kerap membuat orang-orang yang melihat Dracula simia terkecoh dan takjub. Kebanyakan dari mereka tidak mengira jika tanaman ini adalah anggrek lantaran bentuknya yang menyerupai hewan.

2. Masuk ke dalam genus Dracula

5 Fakta Dracula Simia, Anggrek Berwajah Monyet yang LangkaDracula simia (instagram.com/rogiervanvugt)

Dilansir Kuriositas, Anggrek monyet termasuk ke dalam genus Dracula. Disebut demikian karena genus ini memiliki dua segmen kelopak daun yang runcing dan memancang layaknya taring. Namun, sebelum diklasifikasikan ke dalam genus tokoh horor tersebut, Dracula simia sempat masuk ke dalam genus Masdevallia.

Baca Juga: 10 Ide Tanaman Indoor untuk Rumah Urban Jungle, Adem!

3. Anggrek langka yang berasal dari Ekuador dan Peru

5 Fakta Dracula Simia, Anggrek Berwajah Monyet yang Langkailustrasi hutan awan (Pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Tak sembarangan orang bisa memiliki tanaman unik Dracula simia. Sebab, anggrek monyet termasuk ke dalam kategori tumbuhan yang langka. Ini karena spesies anggrek tersebut berasal dari hutan awan di Ekuador dan Peru.

Belum lagi, mereka hanya bisa dijumpai pada ketinggian 1.000 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Habitatnya pun tergolong sulit dicapai oleh manusia, yakni di pedalaman yang lembap dan dingin.

4. Ditemukan pada tahun 1978

5 Fakta Dracula Simia, Anggrek Berwajah Monyet yang Langkaanggrek Dracula simia (instagram.com/special_plants_world)

Dilansir Chicago Now, Dracula simia ditemukan pada tahun 1978 oleh seorang ahli botani bernama Luer. Tanaman ini merupakan satu dari 10 ribu spesies anggrek yang didapati hidup di daerah tropis.

Anggrek monyet juga merupakan satu dari 118 spesies di dalam genus Dracula. Perlu diketahui, flora eksotis ini membutuhkan waktu sekiranya 3 hingga 8 tahun untuk mekar.

5. Aromanya semerbak jeruk matang

5 Fakta Dracula Simia, Anggrek Berwajah Monyet yang LangkaDracula simia (dok. The Launcestin Orchid Society)

Satu lagi hal unik yang bakal kamu temukan pada Dracula simia, yakni aromanya yang semerbak jeruk matang. Benar, tidak hanya memiliki bentuk seperti monyet, aroma anggrek ini persis menyerupai buah jeruk.

Meskipun tergolong langka, ternyata anggrek monyet sudah mulai marak dibudidayakan. Dilansir My Modern Met, benih Dracula simia ini hampir seperti debu, jadi harus ditanam dengan perawatan secara khusus atau tak sembarangan.

Tanaman-tanaman langka nan unik seperti Dracula simia biasanya kerap jadi incaran para kolektor atau pencinta bunga. Akan tetapi, tak sembarang orang bisa mendapatkan anggrek monyet ini. Apakah kamu salah satu yang tertarik memilikinya?

Baca Juga: 6 Tanaman Indoor Ini Jangan Kamu Taruh di Rumah, Bikin Alergi Kumat

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

I write what I read, I read what I wrote.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya