Comscore Tracker

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Dunia

Hewan tercerdas ini patut kita lindungi dari kepunahan.

Berbagai fakta lumba-lumba berikut menceritakan semua tentang hewan yang menarik ini, termasuk penampilan, habitat, pola makan, teknik berburu, dan bagaimana mereka bereproduksi. Fakta menarik seputar lumba-lumba patut untuk disimak demi masa depan mamalia yang hebat ini.

1. Penampilan fisik lumba-lumba berbeda dari kebanyakan mamalia lainnya

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Duniadolphins-world.com

Lumba-lumba memiliki tubuh kencang dan ramping yang memungkinkan mereka berenang dengan sangat cepat. Ada lebih dari 30 spesies dan sebagian besar memiliki warna kulit abu-abu yang terkenal tetapi ada beberapa spesies yang memiliki garis-garis hitam, bintik-bintik atau pola yang unik.

Ciri khas lumba-lumba adalah tidak memiliki rambut, membedakan mereka dari kebanyakan mamalia lainnya. Mereka masih dianggap mamalia karena menghirup udara, berdarah panas dan melahirkan anak.

2. Lumba-lumba hidup di seluruh dunia

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Duniasciencing.com

Sebagian besar jenis lumba-lumba melakukan yang terbaik di air laut beriklim sedang dan tropis. Mereka dapat ditemukan di seluruh dunia di hampir setiap perairan. Bahkan ada lumba-lumba yang hidup di air tawar. Mayoritas lumba-lumba dapat ditemukan di air hangat dan dangkal.

Tempat-tempat bagus untuk melihat lumba-lumba adalah di pelabuhan, teluk, dan laguna. Beberapa spesies lumba-lumba yang lebih besar dapat ditemukan di daerah yang lebih dingin, seperti daerah Kutub Utara dan Antartika.

Lumba-lumba dibagi menjadi dua kategori. Lumba-lumba pesisir hidup di perairan yang lebih hangat, sementara lumba-lumba lepas pantai dapat hidup di lingkungan yang lebih dingin.

3. Lumba-lumba kembar sungguh langka

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Duniacellcode.us

Lumba-lumba tidak memiliki musim kawin tradisional. Meskipun biasanya ada puncak di musim semi dan gugur, lumba-lumba kawin sepanjang tahun dan diyakini sebagai satu-satunya mamalia lain di planet ini selain manusia yang kawin untuk bersenang-senang, tetapi ini masih dalam perdebatan.

Masa kehamilan berlangsung antara 9-17 bulan, tergantung pada spesiesnya. Ketika tiba saatnya untuk melahirkan, betina akan memisahkan diri dari kelompoknya, biasanya menuju ke permukaan air. Kembar jarang terjadi, biasanya hanya satu anak yang lahir dan mereka akan tinggal bersama ibunya selama 3-8 tahun ke depan.

Baca Juga: 5 Fakta Keren Tentang Lumba-lumba, Mamalia Ramah Sahabat Manusia

4. Lumba-lumba hidup berkelompok

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Duniaanimals.sandiegozoo.org

Salah satu fakta lumba-lumba yang kurang mengejutkan adalah bahwa hewan-hewan itu sangat lucu. Banyak spesies mengikuti kapal, melompat keluar dari air atau naik secara vertikal keluar dari air untuk memeriksa apa yang terjadi di atas permukaan.

Sekelompok lumba-lumba, sering dapat menyinkronkan gerakan mereka, memberikan pertunjukan yang cukup bagus bagi siapa pun yang menontonnya. Diperkirakan bahwa lumba-lumba berenang di samping kapal untuk menghemat energi. Jika kamu pernah melihat seekor lumba-lumba, teruslah mencari.

Lumba-lumba hidup dalam kelompok sosial setidaknya berlima, kadang-kadang hingga beberapa ratus, jadi kamu pasti akan melihat pertunjukan yang mereka buat.

5. Lumba-lumba bekerja sama untuk makan

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Duniabaomoi.com

Menurut fakta, lumba-lumba adalah omnivora dengan diet yang terdiri dari berbagai macam makanan. Lokasi geografis mempengaruhi makanan mereka. Lumba-lumba pantai memakan lebih banyak ikan dan invertebrata yang tinggal di bawah, sementara lumba-lumba lepas pantai memakan ikan dan cumi-cumi.

Fakta lumba-lumba yang menarik adalah bahwa beberapa lumba-lumba lepas pantai telah ditemukan dengan ikan laut dalam di perut mereka, yang menunjukkan bahwa lumba-lumba ini mungkin bisa menyelam hingga lebih dari 1.600 kaki.

Sebagian besar lumba-lumba bekerja sama saat berburu atau menangkap ikan. Mereka mungkin mengepung sekelompok besar ikan, menggiringnya ke jeruji pasir atau garis pantai untuk menjebaknya.

6. Lumba-lumba terancam punah

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Dunianaplesnews.com

Beberapa spesies lumba-lumba dianggap terancam punah. Saat lautan penuh dengan bahaya, ancaman paling berbahaya bagi lumba-lumba adalah manusia. Statistik menunjukkan bahwa semakin banyak lumba-lumba yang dieksekusi oleh penangkapan ikan dengan dinamit atau ditangkap di jaring ikan.

Ada juga kemungkinan karena bertabrakan dengan perahu dan efek samping berbahaya dari polusi laut. Bahkan polusi suara pun berbahaya bagi lumba-lumba. Suara-suara mesin kapal, pengeboran minyak dan navigasi sonar di bawah air dapat menakuti atau bahkan melukai lumba-lumba.

Beberapa penelitian telah menempatkan persentase kematian lumba-lumba secara langsung dengan penyebab terkait manusia sebesar 95 persen.

7. Lumba-lumba bisa hidup lebih lama tapi harus menghindari penyakit

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Duniasciencing.com

Jenis lumba-lumba yang paling dikenal, lumba-lumba hidung botol, hidup rata-rata sekitar 20 tahun. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lumba-lumba dapat hidup hingga usia 40-an dan 50-an.

Ada lumba-lumba betina yang didokumentasikan untuk hidup hingga usia 60 tahun. Ini sangat langka meskipun hanya 1 persen hingga 2 persen lumba-lumba yang hidup pada usia itu. Berbagai macam penyakit dan parasit dapat mempersingkat masa hidup lumba-lumba, termasuk infeksi virus, bakteri, dan jamur.

Mereka juga tidak kebal terhadap sakit maag, penyakit kulit, penyakit jantung dan gangguan pernapasan. Lumba-lumba memang memiliki beberapa pemangsa alami, termasuk hiu macan, hiu gelap, dan hiu putih besar.

8. Lumba-lumba bekerja keras untuk bernafas

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Dunianewatlas.com

Mungkin kamu akan terkejut mengetahui bahwa lumba-lumba tidak bernafas di bawah air. Karena mereka adalah mamalia, mereka menghirup udara ke paru-paru, seperti halnya manusia.

Nafaslumba-lumba melalui lubang hidung yang terletak di atas kepala mereka, disebut sebagai lubang sembur. Lokasi lubang memungkinkan lumba-lumbabernafas hanya dengan mengekspos bagian atas kepala mereka.

Lumba-lumba mampu menahan nafas tetapi bernafas rata-rata 4-5 kali per menit. Karena lumba-lumba hanya bisa bernafas melalui lubang semburnya, mulut mereka bebas untuk menangkap mangsa, yang mencegah air masuk ke paru-parunya.

9. Lumba-lumba mungkin menjadi mamalia tercerdas selain manusia

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Duniam.chinawbk.com

Fakta lumba-lumba baru mengatakan para ilmuwan percaya bahwa lumba-lumba hampir sama cerdasnya dengan manusia dalam cara-cara tertentu. Otak mereka sebenarnya lebih besar daripada manusia dan korteksnya memiliki lipatan rumit yang sama dengan yang ditemukan pada kecerdasan manusia.

Diperkirakan selama bertahun-tahun bahwa simpanse adalah mamalia yang paling pintar, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa lumba-lumba mungkin yang lebih pintar. Lumba-lumba hidung botol mampu mengenali diri mereka sendiri di cermin dan bahkan menggunakannya untuk memeriksa berbagai bagian tubuhnya dalam satu penelitian.

Dalam penelitian lain menunjukkan bahwa lumba-lumba memiliki kepribadian yang berbeda dan bahkan dapat berpikir tentang masa depan.

Baca Juga: 10 Mamalia Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia, Kucing Termasuk! 

10. Lumba-lumba itu pengasih yang luar biasa

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Duniathescinewsreporter.com

Selain pintar, lumba-lumba juga sangat berbelas kasih. Ada banyak kasus mendokumentasikan tentang lumba-lumba yang menyelamatkan manusia. Ilmuwan Korea mendokumentasikan kasus sekelompok lumba-lumba yang bekerja sama untuk menyelamatkan lumba-lumba lain yang sedang sekarat.

Ada seekor lumba-lumba yang terluka dengan tanda merah di perutnya. Lumba-lumba lainnya membantu menjaga agar lumba-lumba itu tetap mengapung.

Lumba-lumba yang terluka tidak bisa diselamatkan dan bahkan setelah itu berlalu, lumba-lumba lain masih mencoba menolongnya dan hampir seperti meniupkan gelembung untuk memulai resusitasi. Lumba-lumba lain menggosok dan menyentuh kepala lumba-lumba yang terluka dan tampak tertekan.

11. Lumba-lumba juga dapat melihat dengan suaranya

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Duniabusinessinsider.com

Ekolokasi sering dikaitkan dengan kelelawar, tetapi lumba-lumba juga bergantung padanya untuk berburu dan bernavigasi. Ekolokasi bekerja dengan mendengarkan gema setelah memantulkan suara bernada tinggi dari objek. Gema ini diambil oleh rahang bawah dan dahi lumba-lumba, yang memiliki lubang dengan jaringan lemak.

Mereka kemudian diarahkan ke telinga dan ke otak di mana mereka ditafsirkan. Ini pada dasarnya memungkinkan lumba-lumba untuk melihat dengan suara. Dengan memancarkan suara berfrekuensi tinggi, lumba-lumba dapat menentukan bentuk, kecepatan, ukuran, jarak dan arah perjalanan sehubungan dengan objek di sekitarnya.

Ini semua membantu saat menavigasi perairan yang dalam dan keruh. Ekolokasi adalah salah satu pertahanan terbaik yang dimiliki lumba-lumba di perairan terbuka.

12. Berenang dengan lumba-lumba tidak menyenangkan seperti yang orang pikirkan

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Duniathedodo.com

Salah satu tempat wisata paling populer di lingkungan tropis adalah berenang bersama lumba-lumba. Program berenang dengan lumba-lumba mudah ditemukan dan memungkinkan orang untuk berenang dengan lumba-lumba atau mengambil gambar di dalam air bersama seekor lumba-lumba.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pelatih telah berhenti dan menyatakan keprihatinan mereka dengan program itu, yang menyatakan bahwa lumba-lumba tidak termasuk dalam penangkaran.

Ada laporan tingkat klorin berlebihan yang menyebabkan kebutaan pada hewan, sementara yang lain menderita psikosis, suatu perilaku yang muncul ketika hewan laut ditahan di kandang terlalu kecil untuk kebutuhan mereka.

13. Lumba-lumba berkomunikasi dengan baik

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Duniadiariouno.com.ar

Berbagai suara yang dibuat oleh lumba-lumba telah didokumentasikan dengan baik. Pola komunikasi mereka menampilkan peluit, klik, dan postur tubuh. Tetapi rekaman baru-baru ini telah memicu minat baru pada para ilmuwan.

Dua lumba-lumba hidung botol Laut Hitam tampaknya telah bertukar suara dengan cara yang menyerupai percakapan antara dua orang dalam rekaman. Mereka bergiliran menghasilkan suara dan tidak saling mengganggu.

Sementara para ilmuwan yang melakukan rekaman percaya bahwa lumba-lumba berbicara dalam kalimat. Dengan demikian, keterampilan komunikasi canggih lumba-lumba tidak dapat diabaikan dibandingkan dengan hewan lain.

14. Lumba-lumba bisa tenggelam

14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Duniadolphins-world.com

Karena lumba-lumba bernapas dengan naik ke permukaan air, mustahil bagi mereka untuk tidur nyenyak di lautan dan tidak tenggelam. Mereka tidur dengan dua cara yang berbeda. Pertama, mereka dapat beristirahat dengan tenang di dalam air, secara vertikal atau horizontal. Mereka juga bisa tidur sambil berenang perlahan di sebelah lumba-lumba lain.

Lumba-lumba tertentu juga bisa masuk ke bentuk tidur yang lebih dalam di malam hari yang disebut logging. Bayi lumba-lumba beristirahat, makan dan tidur sementara ibu mereka berenang. Seekor induk lumba-lumba tidak bisa berhenti berenang selama beberapa minggu pertama untuk menjaga bayinya agar tidak tenggelam.

Itulah 14 fakta menarik tentang lumba-lumba, hewan mamalia favorit banyak orang. Yuk, kita jaga kelestariannya!

Baca Juga: 5 Hewan Mamalia Unik yang ada di Gurun Gobi, Mongolia

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya