Comscore Tracker

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamu

Memiliki warna dan kekerasan yang beragam

Gemstone atau batu permata adalah mineral kristal yang dapat dipotong dan dipoles untuk dijadikan perhiasan dan ornamen lainnya. Orang Yunani kuno membuat perbedaan antara batu mulia (precious) dan semimulia (semiprecious), yang masih digunakan hingga saat ini.

Batu mulia memiliki karakteristik keras, langka, dan berharga. Batu-batu tersebut tentunya banyak dicari oleh para penggemar batuan karena nilainya yang berharga. Melansir laman ThoughtCo, berikut 12 gemstone berharga dan langka. 

1. Agate

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamuilustrasi Agate (commons.wikimedia.org/Doxymo)

Agate termasuk dalam silika kriptokristalin dengan rumus kimia SiO2. Batu ini ditandai dengan mikrokristal rhombohedral dan memiliki kekerasan berkisar 6,5-7 dalam satuan Mohs.  

2. Alexandrite atau Chrysoberyl

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamuilustrasi Chrysoberyl (commons.wikimedia.org/Matteo Chinellato)

Chrysoberyl adalah batu permata yang terbuat dari berilium aluminat. Rumus kimianya adalah BeAl2O4. Batu ini termasuk dalam sistem kristal ortorombik dan memiliki kekerasan 8,5 Mohs.

3. Amber

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamuilustrasi Amber (commons.wikimedia.org/Hannes Grobe)

Amber memiliki warna kekuningan yang mirip seperti madu. Mineral ini juga mungkin memiliki warna coklat root-beer dan hampir hitam. Amber bisa ditemukan di batuan sedimen yang relatif muda dalam gumpalan yang terisolasi. 

4. Amethyst

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamuilustrasi Amethyst (commons.wikimedia.org/JJ Harrison)

Amethyst adalah jenis kuarsa atau quartz berwarna ungu yang merupakan silika atau silikon dioksida dengan rumus kimia SiO2. Warna ungu ini berasal dari iradiasi dari kotoran besi dalam matriks.

5. Apatite

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamuilustrasi Apatite (commons.wikimedia.org/Parent Géry)

Apatite adalah mineral fosfat dengan rumus kimia Ca5(PO4)3(F,Cl,OH). Ini merupakan mineral yang sama yang membentuk gigi manusia. Bentuk gemstone dari mineral ini menampilkan sistem kristal heksagonal. Warna gemstone dari apatite mungkin transparan, hijau, atau warna lain yang kurang umum. 

6. Berlian (diamond)

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamuilustrasi diamond (commons.wikimedia.org/R. Tanaka)

Diamond atau berlian adalah karbon murni dalam bentuk kristal kubik. Karena itu berlian adalah karbon, rumus kimianya hanyalah C (simbol unsur karbon). Berlian memiliki tingkat kekerasan yang sangat keras, yaitu 10 Mohs.

Baca Juga: 12 Mineral Berwarna Hitam, Terlihat Elegan dan Menarik

7. Emerald

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamuilustrasi emerald (commons.wikimedia.org/Géry PARENT)

Emerald atau yang juga dikenal dengan zamrud merupakan bentuk gemstone berwarna hijau dari mineral beryl. Gemstone ini memiliki rumus kimia (Be3Al2(SiO3)6). dan menampilkan struktur kristal heksagonal. 

8. Garnet

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamuilustrasi garnet (commons.wikimedia.org/Moha112100)

Garnet merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan setiap anggota kelas besar mineral silikat. Komposisi kimianya bervariasi, tetapi secara umum dapat digambarkan sebagai X3Y2(SiO4)3. Garnet secara tradisional tidak dianggap sebagai permata yang berharga, namun garnet tsavorite bisa memiliki harga yang lebih mahal dari zamrud.

9. Opal

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamuilustrasi opal (commons.wikimedia.org/ Aram Dulyan)

Opal merupakan bentuk silika amorf yang terhidrasi dengan rumus kimia (SiO2·nH2O). Struktur internalnya menyebabkan batu permata ini membiaskan cahaya dan berpotensi menghasilkan warna pelangi. 

10. Mutiara

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamuilustrasi mutiara (commons.wikimedia.org/Hannes Grobe/AWI)

Sama seperti amber, mutiara terbentuk dari bahan organik dan bukan mineral. Mutiara dihasilkan oleh jaringan moluska yang secara kimia merupakan kalsium karbonat (CaCO3). Beberapa jenis mutiara menunjukkan fluoresensi saat terkena sinar ultraviolet. 

11. Safir

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamuilustrasi safir (commons.wikimedia.org/Stanislav Doronenko)

Safir adalah spesimen gemstone dari korundum mineral aluminium oksida yang tidak berwarna merah. Walaupun safir sering berwarna biru, mereka bisa tidak memiliki warna atau memiliki warna lainnya. Warna pada safir dihasilkan oleh sejumlah kecil besi, tembaga, titanium, kromium, atau magnesium. 

12. Zirkon

12 Gemstone Berharga yang Langka, Bisa Jadi Koleksi Kamuilustrasi zircon (commons.wikimedia.org/ Robert M. Lavinsky)

Zirkon adalah gemstone dari zirkonium silikat dengan rumus kimia ZrSiO4. Gemstone ini memiliki sistem kristal tetragonal dengan kekerasan 7,5 Mohs. Zirkon bisa berwarna atau tidak berwarna, tergantung pada keberadaan kotoran batu tersebut. 

 

Itulah 12 gemstone berharga yang langka. Batuan tersebut bisa kamu gunakan sebagai aksesori, koleksi, atau bahkan kristal untuk tujuan spiritual. Kamu bisa menemukan gemstone tersebut tersebut di toko batuan atau toko suvenir.

Baca Juga: 9 Mineral Berwarna Hijau di Alam, Terlihat Unik dan Indah

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya