Comscore Tracker

7 Kebiasaan Penyebab Wajah Tidak Simetris, Hindari Ya!

Jaga penampilanmu agar semakin percaya diri dan produktif

Saat melihat pantulan dirimu di cermin, pernahkah kamu merasa antara alis kiri dan kananmu tidak berada dalam garis lurus? Atau saat memeriksa hasil jepretan fotomu, mungkin kamu menyadari bahwa pipi kananmu lebih besar dari pipi kirimu?

Selain itu, bentuk rahangmu miring pada satu sisi? Di dalam dunia ortopedi dan kecantikan, bentuk wajah yang tidak seimbang ini disebut dengan wajah asimetris.

Pada umumnya, tidak ada orang  yang memiliki wajah simetris sempurna. Namun, ternyata ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa menjadi penyebab wajah tidak simetris, loh! Ini di antaranya.

1. Lebih sering mengunyah pada salah satu sisi mulut saja

7 Kebiasaan Penyebab Wajah Tidak Simetris, Hindari Ya!unsplash.com/rainierridao

Aktivitas berlebih pada satu sisi mulut menyebabkan salah satu sisi pipi menjadi lebih besar. Sementara, pipi yang lain terlihat semakin kecil.

Hal ini karena sisi mulut yang sering digunakan untuk mengunyah mengalami perubahan komposisi lemak, otot, dan berpengaruh pada bentuk tulang pipi serta rahang. Cobalah mengunyah makanan pada kedua sisi mulut secara bergantian agar aktivitas otot pada kedua sisi wajah pun bisa tumbuh seimbang.

2. Bertopang dagu

7 Kebiasaan Penyebab Wajah Tidak Simetris, Hindari Ya!instagram.com/lalalalisa_m

Kebiasaan bertopang dagu ini pasti pernah kita lakukan, entah saat mendengarkan materi kuliah atau pun saat sedang duduk sendirian mencari inspirasi. Ternyata, kebiasaan bertopang dagu membuat sendi rahang tertekan. Jika ini terjadi terus-menerus akan membuat rahang bergeser posisi dan miring.

3. Tidur dalam posisi menyamping

7 Kebiasaan Penyebab Wajah Tidak Simetris, Hindari Ya!unsplash.com/kalegin

Tidur menyamping sebenarnya memiliki beberapa manfaat baik, salah satunya untuk mengurangi dengkuran. Namun, kebiasaan tidur miring secara berkelanjutan pada salah satu sisi saja menyebabkan sisi lainnya tertekan. Ada baiknya untuk mengganti posisi tidur secara bergantian, misalnya hari ini tidur menyamping di posisi kanan, dan besok di posisi kiri.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Salah yang Bisa Bikin Postur Tubuh Rusak, Yuk Benahi!

4. Menyilangkan kaki ketika duduk

7 Kebiasaan Penyebab Wajah Tidak Simetris, Hindari Ya!unsplash.com/nate_dumlao

Saat kita menyilangkan kaki, posisi tulang panggul menjadi tidak seimbang karena menahan beban pada salah satu sisi tubuh. Posisi ini membuat tubuh secara otomatis berusaha mengatasi ketidakseimbangan tersebut.

Hal tersebut berakibat tulang panggul menjadi bengkok. Begitu pun dengan tulang belakang dan leher yang mencoba menyeimbangkan. Struktur tulang yang tidak lurus berdampak pada bentuk wajah yang jadi tidak simetris.

5. Membawa barang hanya pada satu sisi tubuh

7 Kebiasaan Penyebab Wajah Tidak Simetris, Hindari Ya!unsplash.com/joshapple

Semasa sekolah, banyak dari kamu yang mungkin senang menggunakan tas selempang jenis cross body backpack ataupun messenger bag. Tas-tas tersebut hanya menaruh beban pada salah satu sisi bahu.

Jika menggunakan model tas ini dalam periode lama dan intens, akan berpengaruh pada struktur tulang bahu dan punggung. Karena struktur tulang pada tubuh saling terkoneksi, tulang bahu yang tidak seimbang juga membuat struktur tulang pada wajah menjadi tidak seimbang.

6. Berdiri membungkuk dan menunduk

7 Kebiasaan Penyebab Wajah Tidak Simetris, Hindari Ya!unsplash.com/gardnergorge

Entah karena lelah saat berjalan di pusat perbelanjaan atau pun saat duduk bekerja di depan komputer, sering kali kita membuat postur punggung membungkuk. Belum lagi ketika berselancar di dunia maya menggunakan HP, kita sering menunduk terpaku pada layar dalam waktu yang lama. Dua kebiasaan ini mampu menyebabkan postur tulang leher dan punggung menjadi buruk dan menyebabkan wajah menjadi tidak simetris.

7. Memiringkan kepala saat mengangkat telepon

7 Kebiasaan Penyebab Wajah Tidak Simetris, Hindari Ya!unsplash.com/hazardos

Terkadang secara tidak sadar kita akan memiringkan posisi kepala kita ketika mengangkat sebuah telepon. Kebiasaan ini  akan berpengaruh pada tulang leher. Apabila kita terlalu sering mengangkat telepon dengan memiringkan kepala pada salah satu sisi saja, tentu akan mengakibatkan struktur wajah menjadi asimetris.

Itu tadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat menjadi penyebab wajah tidak simetris. Mari selalu memperbaiki kebiasaan buruk kita, sekecil apa pun itu.

Baca Juga: Pacarmu Punya 6 Kebiasaan Ini? Tandanya Dia Sudah Cinta Banget Bro!

Shinta Dwi Adinda Photo Verified Writer Shinta Dwi Adinda

Just keep moving!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya