Comscore Tracker

9 Sekte yang Paling Gila Sepanjang Masa, Ritualnya Gak Masuk Akal

Serem banget!

Kultus datang dalam berbagai jenis dan ukuran. Kultus dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penghormatan secara berlebih-lebihan kepada orang, paham, atau benda. Namun, terkadang orang-orang salah mempersepsikan dan memposisikan kultus dalam kehidupan. Berikut ini beberapa kultus paling gila sepanjang masa yang pernah ada. Yuk, simak di bawah ini!

1. Gerbang Surga

9 Sekte yang Paling Gila Sepanjang Masa, Ritualnya Gak Masuk Akalwikipedia.org

Gerbang Surga adalah sekte yang anggotanya melakukan bunuh diri massal pada tahun 1997 ketika Komet Hale-Bopp lewat dekat matahari. Mereka percaya bahwa jiwa mereka akan mencapai pesawat ruang angkasa alien yang mengikuti komet.

Pesawat alien itu kemudian membawa jiwa mereka ke tingkat eksistensi di atas manusia. Kelompok ini didirikan pada tahun 1974 oleh Marshall Applewhite dan Bonnie Nettles yang bertemu satu sama lain di rumah sakit jiwa.

2. John Frum

9 Sekte yang Paling Gila Sepanjang Masa, Ritualnya Gak Masuk Akalwikimedia.org/U.S. Navy photo by Chief Mass Communication Specialist Robert Palomares dan mikejay.net

Kultus John Frum adalah salah satu contoh yang paling banyak dilaporkan dari kultus kargo. Kultus kargo biasanya adalah kelompok yang terbentuk selama atau setelah Perang Dunia II di antara penduduk pulau yang diuntungkan dari kehadiran tentara yang berbagi barang dengan mereka. Mereka percaya bahwa dengan melakukan ritual yang meniru perilaku prajurit yang mereka lihat di pulau itu, mereka akan menerima lebih banyak kargo.

3. The Family International

9 Sekte yang Paling Gila Sepanjang Masa, Ritualnya Gak Masuk Akalwikipedia.org dan warriorswithoutborders.wordpress.com

The Family International adalah sebuah sekte yang didirikan pada tahun 1968 oleh seorang mantan pendeta yang mengatakan bahwa dia adalah nabi Tuhan. Dia membentuk kelompok dengan beberapa pandangan yang sangat aneh tentang seksualitas. Misalnya, menganjurkan melakukan inses dengan anak-anak dan anggota disuruh membayangkan diri mereka berhubungan seks dengan Yesus.

4. Narcosatanists

9 Sekte yang Paling Gila Sepanjang Masa, Ritualnya Gak Masuk Akalwikipedia.org dan coastguard.dodlive.mil

Narcosatanists adalah nama yang diberikan media kepada sekte penyelundup narkoba di Meksiko. Mereka melakukan pengorbanan dengan keyakinan bahwa itu akan melindungi mereka dari polisi dan bahkan membuat mereka tahan peluru.

Baca Juga: Pemimpinnya Telah Dieksekusi, Apa Itu Sekte Aum Shinrikyo?

5. Keluarga Manson

9 Sekte yang Paling Gila Sepanjang Masa, Ritualnya Gak Masuk Akalwikipedia.org dan brainjet.com

Keluarga Manson adalah kelompok pengikut hippie Charles Manson yang melakukan pembunuhan mengerikan dengan tujuan menghasut perang ras. Manson percaya White Album The Beatles dipenuhi dengan pesan-pesan berkode yang meramalkan perang ras yang akan datang dan mengatakan kepada para pengikutnya bahwa album itu sebenarnya diarahkan pada kelompok mereka.

6. Hernandez Brothers

9 Sekte yang Paling Gila Sepanjang Masa, Ritualnya Gak Masuk Akalthewomanwhokill.blogspot.ca dan antoniusaquinas.com

Kultus Hernandez Brothers terbentuk pada tahun 1963 ketika sepasang penjahat kecil mengklaim bahwa mereka adalah para nabi dewa Inca dan menipu beberapa penduduk desa di kota kecil Yerba Buena, Meksiko. Kemudian mereka menyewa pelacur untuk berpura-pura sebagai dewi Inca, tetapi rencana itu menjadi bumerang ketika mereka mengubah kultus menjadi delusi dan menuntut pengorbanan manusia.

7. Gerakan untuk Pemulihan Sepuluh Perintah Allah

9 Sekte yang Paling Gila Sepanjang Masa, Ritualnya Gak Masuk Akalunbelievable-facts.com

Gerakan untuk Pemulihan Sepuluh Perintah Allah adalah sebuah kultus kiamat yang terbentuk di Uganda pada akhir tahun 1980-an. Para pemimpin kultus berkhotbah bahwa dunia akan berakhir pada tanggal 31 Desember 1999. Setelah tidak ada yang terjadi pada tanggal yang diperkirakan, kelompok itu mulai terurai sehingga para pemimpin kultus membunuh pengikut mereka.

8. The Family

9 Sekte yang Paling Gila Sepanjang Masa, Ritualnya Gak Masuk Akallabeldistribution.com dan cbsnews.com

The Family adalah aliran sesat yang dimulai oleh seorang guru yoga Australia yang mengklaim bahwa dia adalah reinkarnasi Yesus. Dia memiliki pengikut yang membantunya mengumpulkan empat belas anak dengan tujuan membentuk mereka menjadi ras yang sempurna. Namun, anak-anak tersebut diisolasi dan dilecehkan.

9. Aum Shinrikyo

9 Sekte yang Paling Gila Sepanjang Masa, Ritualnya Gak Masuk Akalbizarrepedia.com dan quora.com

Aum Shinrikyo adalah kultus kiamat Jepang yang didirikan pada tahun 1984. Pemimpinnya berkhotbah bahwa kelompok itu akan berkuasa setelah kiamat. Kelompok ini terlibat dalam kejahatan terorganisir dan terorisme. Oleh karena itu, dilakukan serangan gas sarin pada publik. Ketika polisi menggerebek kompleks mereka, polisi menemukan bahan peledak, senjata kimia, dan helikopter militer Rusia.

Itulah beberapa kultus tergila sepanjang masa yang pernah ada. Beberapa bahkan mengklaim dirinya Nabi dan melakukan hal-hal di luar akal sehat.

Baca Juga: Bikin Merinding, Ini 10 Ritual dan Sekte Mistis Terseram di Dunia

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya