Comscore Tracker

Gak Hanya Millennials, Ini 7 Kategori Generasi yang Perlu Kamu Tahu

Kamu masuk generasi mana?

Kamu termasuk Millennials atau Gen-Z? Mungkin kamu bingung, sebenarnya kamu masuk dalam kategori generasi mana sih? Dilansir dari The Center for Generational Kinetics, satu generasi adalah sekelompok orang yang lahir di waktu yang sama dan dibesarkan di tempat yang sama. Biasanya generasi ini menunjukkan karakteristik dan nilai yang unik.

Kategori generasi ini bukan bertujuan untuk mengotak-ngotakkan atau membuat stereotip negatif, namun memahami kecenderungan suatu generasi untuk memahami kepercayaan, nilai, dan harapan mereka. Berikut di antaranya!

1. Lost Generation, generasi yang merasakan Perang Dunia I pada 1914-1918

Gak Hanya Millennials, Ini 7 Kategori Generasi yang Perlu Kamu Tahublog.tavbooks.com

Lost Generation atau ‘Generasi yang Hilang’ adalah generasi yang tumbuh dan dewasa selama Perang Dunia I . Maksud dari “Generasi yang Hilang” adalah kehilangan arah, kebingungan, dan ketidakberpihakan di antara para survivor perang.

2. Government Issue (G.I.) Generation, generasi yang merasakan Perang Dunia II pada 1939-1945

Gak Hanya Millennials, Ini 7 Kategori Generasi yang Perlu Kamu Tahuindoffinteriorsolutions.com

Generasi ini muncul setelah Lost Generation, atau tepatnya disebut sebagai Generasi Perang Dunia II. Sebenarnya, gak ada tahun pasti kapan generasi ini dimulai dan berakhir. Hanya saja, mereka dikategorikan lahir pada awal 1900-an hingga pertengahan 1920-an.

Generasi ini mengalami perkembangan inovasi teknologi yang cepat, seperti hadirnya radio dan telepon. Meski begitu generasi mengalami gejolak ekonomi dan sosial, terutama saat Perang Dunia II.

3. Silent Generation, generasi yang lahir pada pertengahan 1920-an hingga pertengahan 1940-an

Gak Hanya Millennials, Ini 7 Kategori Generasi yang Perlu Kamu Tahutbcjaxblog.com

Melanjutkan G.I. Generation, muncul Silent Generation. Silent Generation atau ‘Generasi Senyap’. Istilah ini diperkenalkan oleh Time Magazine pada 5 November 1951 merujuk pada generasi yang merasa terancam untuk berbicara, terlebih pascadepresi Perang Dunia II.

Baca Juga: 7 Fakta Hari Bela Negara, Momen Bersejarah Soekarno Ditahan Belanda

4. Baby Boomers, generasi yang lahir pada pertengahan 1946 hingga 1964

Gak Hanya Millennials, Ini 7 Kategori Generasi yang Perlu Kamu Tahuindependent.co.uk

Baby Boomers kerap dikaitkan dengan generasi yang mendapat hak istimewa, terutama karena mendapat subsidi pemerintah berupa perumahan dan pendidikan pascaperang. Itu sebabnya, kemakmuran pun meningkat.

5. Generation X atau Gen-X, generasi yang lahir antara 1965-1976

Gak Hanya Millennials, Ini 7 Kategori Generasi yang Perlu Kamu Tahuvanityfair.com

Gen-X dianggap sebagai generasi kunci yang mandiri karena pengawasan orangtua terhadap anaknya semakin berkurang. Gen-X digambarkan sebagai generasi aktif, bahagia, dan mampu menyeimbangkan hidup. Gen-X pun dianggap sebagai generasi wirausaha.

6. Generation Y atau Millennials, generasi yang lahir antara 1977-1995

Gak Hanya Millennials, Ini 7 Kategori Generasi yang Perlu Kamu Tahumediabistro.com

Millennials adalah generasi yang mengalami lonjakan besar dari tingkat kelahiran. Meski karakter Millennials berbeda-beda tergantung wilayah, kondisi sosial, dan ekonomi. Namun secara umum generasi ini sangat akrab dengan penggunaan media, teknologi digital, dan komunikasi yang sangat baik.

7. Generation Z atau Gen-Z, generasi yang lahir setelah 1996

Gak Hanya Millennials, Ini 7 Kategori Generasi yang Perlu Kamu Tahumediavillage.com

Gen-Z identik dengan penggunaan internet sejak usia dini dan merasa nyaman dengan penggunaan teknologi dan media sosial. Generasi ini pun dikaitkan dengan sifat kompetitif, spontan, suka bertualang, dan ingin tahu.

Itu tadi generasi dan rentang tahun mereka dilahirkan. Setelah membaca definisi di atas, kamu masuk generasi mana? Gimana dengan orangtuamu? Sampaikan hasilmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: Mengerikan Banget, Ini 11 Monster Laut Raksasa pada Zaman Prasejarah

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You