Comscore Tracker

5 Fakta Ambergris, Muntahan Paus yang Punya Harga Selangit

Berharga miliaran!

Baru-baru ini, masyarakat dihebohkan dengan adanya sebuah benda menyerupai batu di lautan yang ternyata memiliki harga miliaran. Benda tersebut diklaim merupakan sebuah muntahan paus atau ambergris yang langka.

Lantas apa itu ambergris? Mengapa bisa begitu langka dan mahal?. Dilansir laman National Geographic dan NHM, berikut penjelasannya. Yuk, simak.

1. Tidak dihasilkan semua paus

5 Fakta Ambergris, Muntahan Paus yang Punya Harga Selangitfineartamerica.com

Ambergris merupakan isi perut paus sperma jantan yang dihasilkan karena paus menelan benda-benda keras dan tajam, seperti tulang ikan besar atau paruh cumi raksasa. Kemudian, benda tersebut diubah oleh enzim di dalam usus menjadi ambergris.

Paus yang dapat menghasilkan ambergris hanyalah paus sperma jantan dan itu pun hanya 1 persen paus dari 350 ribu ekor. Itulah mengapa batu berharga ini terbilang sangat langka.

2. Menghasilkan 456 jenis kolesterol

5 Fakta Ambergris, Muntahan Paus yang Punya Harga Selangitiflscience.com

Ambergris memiliki struktur kimia yang sudah baku dan ternyata memiliki 546 jenis kolesterol, salah satunya amberine dengan kadar 25-45 persen. Amberine merupakan alkohol yang tidak berbau dan didapat dari ekstraksi ambergris dan biasanya digunakan sebagai bahan pembuat parfum sehingga membuatnya memiliki aroma yang tahan lama.

Selain dalam industri parfum, ambergris juga dimanfaatkan dalam industri wine, cokelat, kue, bahkan medis.

Baca Juga: 8 Fakta Beluga, Paus Putih Lucu yang Cerdas dan Ramah pada Manusia

3. Disebut juga floating gold

5 Fakta Ambergris, Muntahan Paus yang Punya Harga Selangitcimioutdoored.org

Karena memiliki harga yang sangat mahal dan langka, Ambergris juga mendapat julukan floating gold atau emas yang mengambang seperti yang disebutkan dalam buku Floating Gold: A Natural (and Unnatural) History of Ambergris karya Christopher Kemp. Harga ambergris dapat mencapai Rp30 juta per kg.

4. Bukan "muntahan"

5 Fakta Ambergris, Muntahan Paus yang Punya Harga Selangitindiamart.com

Secara teknis, ambergris bukanlah muntahan atau kotoran yang dikeluarkan paus dari perut melalui mulutnya. Diduga, ambergris merupakan hasil ekskresi paus sperma yang dikeluarkan melalui anus. Hal ini terbukti dari bau yang tidak sedap.

5. Memiliki terlalu banyak misteri

5 Fakta Ambergris, Muntahan Paus yang Punya Harga Selangithermitageoils.com

Namun, sampai saat ini, ambergris masih terus dikaji oleh para ilmuwan karena masih begitu banyak misteri yang menyelimutinya, seperti mengapa hanya paus sperma jantan yang dapat menghasilkannya.

Selain itu, ada juga misteri mengapa kebanyakan hanya dapat ditemukan di laut daerah tertentu, padahal paus merupakan hewan yang tersebar di banyak tempat. Kemudian, belum ada yang membuktikan dengan melihat paus sperma jantan mengeluarkan ambergris secara langsung.

Gimana menurutmu? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Paus 9,5 Meter Ditemukan Mati Terdampar di Mamuju

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya