Comscore Tracker

6 kondisi Berdasarkan Ilmu Sains Bahwa Ada Hantu di Sekitarmu Saat Itu

Ya, menurut penjelasan ilmiah, ada situasi kamu gak sendiri

Sejumlah besar orang percaya dengan keberadaan hantu. Terlepas dari ajaran kepercayaan masing-masing, sebuah survey di Inggris tahun 2014 menemukan bahwa 52% partisipan percaya pada hal supernatural. Sementara itu survey oleh Chapman University tahun 2015 mencatat bahwa 40% orang Amerika percaya pada tempat-tempat berhantu.

Terkait hal tersebut, ternyata ada penjelasan ilmiah logis di baliknya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 6 penjelasan ilmiah bahwa kemungkinan ada hantu di sekitarmu saat itu!

1. Adanya medan elektromagnetik kuat

6 kondisi Berdasarkan Ilmu Sains Bahwa Ada Hantu di Sekitarmu Saat Ituimdb.com/Buena Vista Pictures

Selama beberapa dekade, seorang ilmuwan Kanada bernama Michael Persinger telah belajar soal efek medan elektromagnetik terhadap persepsi orang terkait hantu. Ternyata efek gelombang medan magnet memang membuat orang merasa seakan ada keberadaan hantu. Penelitian lebih lanjut yang dilakukan oleh Dr. Haryadi Suparto, pendiri Museum Kesehatan Dr. Adhyatma Surabaya, makhluk astral memang tertarik pada medan elektromagnetik yang kuat.

2. Infrasound, suara dengan tingkat intensitas sangat rendah sampai manusia umumnya gak bisa mendengarnya

6 kondisi Berdasarkan Ilmu Sains Bahwa Ada Hantu di Sekitarmu Saat Ituimdb.com/Courtesy Summit Entertainment

Vibrasi frekuensi rendah bisa menyebabkan ketidaknyamanan psikologis pada seseorang. Para ahli mempelajari efek suara turbin angin dan suara jalanan besar yang dekat dengan perumahan, kemudian menemukan bahwa kebisingan frekuensi rendah bisa menyebabkan disorientasi, rasa panik, perubahan detak jantung dan tekanan darah.

Sensasi tersebut, secara medis, sama dengan ketika seseorang merasakan adanya hantu. Jadi ketika kamu berada di tempat sangat sepi, tapi seakan ada kebisingan yang mengganggu padahal gak ada suara, nah itu bisa jadi tandanya.

3. Tumbuhnya jamur di tempat yang dimaksud, jadi hati-hati jangan sampai tempatmu berjamur

6 kondisi Berdasarkan Ilmu Sains Bahwa Ada Hantu di Sekitarmu Saat Ituimdb.com

Shane Rogers, seorang profesor teknik dari Clarkson University, telah menghabiskan berbulan-bulan meneliti berbagai lokasi yang dikabarkan berhantu. Ia khusus meneliti pada perkembangan jamur di tempat tersebut. Penelitian awal menemukan bahwa jamur tertentu bisa menyebabkan gejala seperti rasa takut tak berdasar dan demensia. Sensasi ini mendukung sensasi yang muncul ketika ada makhluk astral. Karenanya menurut para ahli, makhluk astral senang berada di tempat berjamur.

Baca juga: Ini Alasan Ilmiah Kenapa Orang Bisa Ketindihan Saat Tidur!

4. Halusinasi akibat keracunan karbon monoksida

6 kondisi Berdasarkan Ilmu Sains Bahwa Ada Hantu di Sekitarmu Saat Ituimdb.com/Rhombus Media

Pada tahun 1921, seorang dokter bernama W.H. Wilmer mempublikasi cerita aneh tentang rumah berhantu dalam jurnal medis yang berjudul American Journal of Ophthalmology. Keluarga yang menjadi objek penelitian di rumah tersebut tercatat mengalami fenomena aneh mulai dari mereka menempatinya. Mereka mengaku sering ditindihi oleh hantu, merasa lemah dan sensasi mengganggu tubuh lainnya.

Ternyata rumah tersebut dipenuhi dengan kandungan karbon monoksida yang bocor. Efek dari karbon monoksida bisa menyebabkan seseorang mengalami halusinasi aural dan visual. Di saat itu, kemampuan penglihatan dan rasa manusia bisa menembus batas normalnya.

5. Ada pihak lain yang memberikan kesaksian sama atau menyatakan pengalaman yang sama

6 kondisi Berdasarkan Ilmu Sains Bahwa Ada Hantu di Sekitarmu Saat Ituimdb.com

Penelitian tahun 2014 oleh para psikolog dari University of London meminta para partisipan untuk menonton pesulap, yang seharusnya membengkokkan kunci besi dengan pikirannya. Yang tidak diketahui partisipan lainnya, beberapa partisipan di situ adalah peneliti yang akan membuat cerita bohong.

Beberapa partisipan ini dipasangkan satu sama lain. Partisipan yang palsu mengatakan pada pasangannya bahwa ia melihat kunci terbengkok dengan jelas. Hasilnya, mereka yang dipasangkan dengan partisipan palsu melaporkan bahwa mereka juga melihat kuncinya membengkok. Jadi jika seseorang menyatakan bahwa ia mengalami, melihat atau merasakan sesuatu, ada kecenderungan orang yang berada di kondisi yang sama akan mengatakannya juga.

6. Kita memang percaya bahwa itu ada di sekitar kita

6 kondisi Berdasarkan Ilmu Sains Bahwa Ada Hantu di Sekitarmu Saat Ituimdb.com

Seorang peneliti bernama Christopher French menyatakan bahwa ada alasan khusus kenapa banyak orang percaya pada makhluk astral. Menurutnya kita semua ingin percaya dimensi lain, tapi secara umum banyak orang gak suka membahas soal kematian. Frech menyambung bahwa kita lebih mudah percaya langsung pada sesuatu ketika kita langsung diperlihatkan bukti (misalnya: foto, rekaman suara atau video).

6 kondisi Berdasarkan Ilmu Sains Bahwa Ada Hantu di Sekitarmu Saat Ituimdb.com/Lionsgate Inc

Nah, itulah beberapa penjelasan ilmiah tentang kemungkinan keberadaan hantu atau makhluk astral di sekitarmu. Terkait percaya atau tidak, ambil positifnya saja. Setidaknya kita memang perlu menjaga tempat tinggal kita tetap bersih dan sehat, supaya keseharian kita tetap aman dan nyaman.

Baca juga: Kesurupan: Ini Penjelasan Ilmiah dan Bagaimana Tanda-tanda Sebenarnya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You