Comscore Tracker

Cek Fakta Kabar Matahari Terbit dari Barat, Ini Kata NASA

Hoaks yang telanjur viral!

Beberapa waktu yang lalu, beredar informasi bahwa National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengonfirmasi kemungkinan matahari terbit dari barat. Dalam unggahan yang dimuat di media sosial, disebutkan bahwa pergerakan itu menjadi pertanda kiamat. 

Mengutip AFP Fact Check, penyebaran informasi ini sudah pernah terjadi sebelumnya, tepatnya tahun 2010, 2020, dan 2021. Yang jelas, klaim tersebut tidak benar. Berikut fakta lengkapnya.

1. Klaim tersebut mengatakan bahwa aktivitas matahari berhubungan dengan akhir dunia

Cek Fakta Kabar Matahari Terbit dari Barat, Ini Kata NASAilustrasi matahari (unsplash.com/Jonathan Borba)

Meskipun klaim tersebut sudah tersebar sejak 2010, faktanya informasi itu menjadi viral pada tahun ini. Seorang pengguna Facebook mengunggah gambar matahari diikuti narasi berbahasa Thai. Teks pada gambar memiliki bunyi sebagai berikut,

"NASA mengonfirmasi kemungkinan matahari terbit dari barat."

Selanjutnya, foto itu diiringi narasi bahwa aktivitas matahari menjadi pertanda akhir dunia.

"NASA mengonfirmasi kemungkinan matahari terbit dari barat. Bumi berputar ke arah berlawanan yang menyebabkan matahari terbit dari sisi barat. Para peneliti percaya bahwa kita sedang bergerak menuju kebalikan dari medan magnet yang membawa kita ke akhir umat manusia dan dunia."

Unggahan tersebut dibagikan lebih dari 15 ribu kali, dikomentari 380 kali, dan disukai 2.4 ribu pengguna. Sayangnya, kita tidak tahu berapa banyak orang yang benar-benar percaya pada informasi itu.

2. Merupakan klaim yang salah

Cek Fakta Kabar Matahari Terbit dari Barat, Ini Kata NASANASA (phys.org)

Saat dikontak oleh AFP, pihak NASA menjelaskan bahwa informasi yang viral itu tidak benar.

"Baik NASA maupun organisasi ilmiah lainnya tidak memprediksi matahari akan terbit dari barat," jelas Bettina Inclán selaku Associate Administrator for Communications of NASA.

Baca Juga: Bikin Takjub, Ini 5 Fenomena Unik dari Aktivitas Matahari

3. Fenomena pembalikan kutub magnet memang nyata

Cek Fakta Kabar Matahari Terbit dari Barat, Ini Kata NASAilustrasi matahari (pexels.com/Pixabay)

Bettina membenarkan bahwa fenomena pembalikan kutub magnet memang nyata. Ia mengatakan bahwa pembalikan kutub magnet pernah terjadi sebelumnya. Ilmuwan dari berbagai penjuru dunia juga mempelajarinya.

Walaupun demikian, pembalikan yang membuat bumi berputar ke arah yang berlawanan dan berujung pada terbitnya matahari dari barat merupakan informasi yang salah. Jadi, dapat dipastikan bahwa unggahan yang viral tersebut merupakan hoaks.

4. NASA dan organisasi ilmiah lainnya kerap menjadi target kabar bohong

Cek Fakta Kabar Matahari Terbit dari Barat, Ini Kata NASAilustrasi astronot (pexels.com/Pixabay)

Melihat hoaks ini, Bettina mengatakan bahwa sedari dulu NASA dan organisasi ilmiah lainnya kerap menjadi target kabar bohong. Menurutnya, hoaks ini mirip dengan ramalan kiamat lainnya yang sering muncul.

Dalam konteks NASA, terdapat banyak informasi bohong yang menargetkan badan antariksa tersebut. Ada hoaks bahwa misi luar angkasa Apollo 11 merupakan suatu kebohongan dan ada juga hoaks bahwa NASA bukanlah organisasi luar angkasa, melainkan organisasi penyebar kabar bohong tentang antariksa. Tidak sedikit orang yang telanjur percaya pada deretan hoaks itu.

5. Pembalikan kutub magnet sudah pernah dibahas oleh NASA

Cek Fakta Kabar Matahari Terbit dari Barat, Ini Kata NASANASA (nasa.gov)

NASA sebenarnya sudah pernah membahas tentang pembalikan kutub magnet. Masih mengutip AFP Fact Check, dijelaskan bahwa materi yang mengatur medan magnet bumi bergerak. Artikel tersebut menekankan tidak adanya catatan geologis dalam jutaan tahun yang menunjukkan bahwa skenario kiamat tahun 2012 yang terkait dengan pembalikan kutub harus ditanggapi dengan serius.

Selain pembalikan kutub magnet, NASA juga pernah memublikasikan artikel tentang arah matahari terbit. Bumi berputar ke arah timur sehingga matahari, bulan, planet, dan bintang terbit di timur dan bergerak ke barat melintasi langit.

Itulah sederet fakta mengenai kabar matahari terbit dari barat. Kesimpulannya, kabar yang sudah beredar sejak tahun 2010 sampai tahun ini tidak benar. Kalau ada teman atau keluarga yang telanjur percaya, beri tahu kebenarannya, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Unik NASA, Badan Antariksa Paling Ambisius di Dunia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya