Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Antimateri, Benda Ini Jadi yang Termahal di Bumi!

Pernah mendengar tentang antimateri?

Antimateri merupakan antipartikel atau kebalikan dari partikel yang menyusun materi biasa, salah satu contohnya yaitu positron yang merupakan antimateri dari elektron. Tidak seperti elektron yang bermuatan negatif, positron memiliki muatan positif.

Ketika materi dan antimateri bertemu, mereka akan musnah dan akan melepaskan energi yang besar. Berikut enam fakta menarik tentang antimateri.

1. Penemuan antimateri

6 Fakta Menarik Antimateri, Benda Ini Jadi yang Termahal di Bumi!aboutislam.net

Antimateri pertama kali dikemukakan oleh seorang fisikawan Inggris, Paul Dirac pada tahun 1928. Melalui turunan persamaannya, dia menjelaskan adanya elektron yang bermuatan negatif berinteraksi dengan elektron yang bermuatan positif. Menurut dia masih ada partikel yang belum dikenal oleh manusia di alam semesta ini.

2. Keberadaan antimateri di alam semesta kita

6 Fakta Menarik Antimateri, Benda Ini Jadi yang Termahal di Bumi!capeandislands.org

Keberadaan antimateri di alam semesta masih menjadi tanda tanya. Sampai saat ini, masih sedikit informasi mengenai antimateri di alam semesta.

Menurut teori Big Bang, jumlah materi dan antimateri adalah sama ketika awal alam semesta tercipta. Ada juga teori yang mengatakan bahwa materi tercipta terlebih dahulu, kemudian ketika antimateri tercipta mereka saling menghancurkan sehingga hanya tersisa materi yang membentuk planet, bintang, galaksi, dan seluruh yang ada di alam semesta.

3. Alat pembuat antimateri

6 Fakta Menarik Antimateri, Benda Ini Jadi yang Termahal di Bumi!smithsonianmag.com

European Organization for Nuclear Research (CERN) memiliki alat bernama Atom Smasheryang bisa menciptakan antimateri. Alat ini berupa saluran panjang yang dikelilingi magnet super kuat yang bisa membuat atom bergerak mendekati kecepatan cahaya lalu menabrak target dan menghasilkan antimateri. Antimateri yang dihasilkan pun hanya sepertriliun gram setiap tahunnya.

Pada 2010, setelah melewati 335 eksperimen, para ilmuan di CERN menyatakan bahwa mereka berhasil membuat 38 antihidrogen, namun hanya bertahan selama 170 milidetik.

Baca Juga: 3 Eksperimen NASA yang Menjadikan Transportasi Udara Massal Lebih Baik

4. Butuh sekitar USD62 triliun (atau Rp874 kuadraliun) untuk membuat satu gram antimateri

6 Fakta Menarik Antimateri, Benda Ini Jadi yang Termahal di Bumi!marketwatch.com

Antimateri adalah materi paling mahal di bumi. Badan antariksa Amerika Serikat memperkirakan untuk membuat satu gram antimateri membutuhkan biaya sekitar USD62 triliun. Hal itu mengingat antimateri sangat sulit diciptakan dan dipertahankan dengan teknologi yang ada sekarang.

5. Kekuatan Antimateri

6 Fakta Menarik Antimateri, Benda Ini Jadi yang Termahal di Bumi!orientalreview.org

Jika materi dan antimateri bertemu, akan menghasilkan energi yang sangat besar. Jika terdapat satu gram antimateri yang direaksikan dengan satu gram antimateri, kekuatannya setara dengan dua buah bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima. Para ilmuan juga percaya bahwa energi yang dihasilkan adalah energi terbesar di alam semesta.

6. Sumber energi yang sangat besar

6 Fakta Menarik Antimateri, Benda Ini Jadi yang Termahal di Bumi!zmescience.com

Antimateri bisa saja menjadi sumber energi yang sangat besar dan bermanfaat bagi manusia, mengingat besarnya energi yang dihasilkan dari reaksi antara antimateri dan materi. Namun, untuk menghasilkan satu gram antimateri dengan teknologi yang ada sekarang ini, manusia membutuhkan waktu sekitar 100 juta tahun.

Itulah enam fakta menarik mengenai antimateri, semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan kamu, ya.

Baca Juga: Bersama Si Kecil, Coba deh 5 Eksperimen Sederhana Berbasis STEM Ini

Mutahassin Bilhaq Photo Community Writer Mutahassin Bilhaq

Calon Sarjana. Terima kasih sudah mampir..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You