Comscore Tracker

5 Fenomena Alam Semesta yang Diyakini Dapat Menyebabkan Kiamat, Ngeri!

Para ilmuwan banyak yang memprediksikan fenomena ini, lho

Kiamat atau hari akhir adalah peristiwa di mana kehancuran alam semesta beserta bumi dan isinya. Sebagai umat yang beragama, tentu kita meyakini bahwa hari akhir itu akan tiba meski tidak ada yang mampu memprediksikan secara pasti perihal kapan waktunya.

Namun, para ilmuwan yang bekerja pada bidang astronomi seringkali banyak meneliti mengenai peristiwa alam semesta, dari mulai hal yang umum, sampai dengan peristiwa yang mengerikan.

Dari banyaknya fenomena alam semesta yang terjadi, ada beberapa di antaranya yang diyakini oleh para ilmuwan bahwa suatu saat nanti pasti akan terjadi dan mungkin saja menjadi penyebab kiamat. 

Untuk kamu yang penasaran fenomena alam semesta apa saja yang diyakini ilmuwan akan terjadi dan dapat mengakibatkan kiamat, berikut lima daftarnya! 

1. Tabrakan antara Galaksi Bima Sakti dan Andromeda

5 Fenomena Alam Semesta yang Diyakini Dapat Menyebabkan Kiamat, Ngeri!universetoday.com

Bukan rahasia umum lagi bila memang para ilmuwan sepakat bahwa suatu saat nanti Galaksi Bima Sakti yang kita tempati saat ini akan bertubrukan dengan Galaksi Andromeda yang memiliki bentuk hampir serupa.

Meski kejadian ini diprediksi akan terjadi sekitar 4 - 4.5 miliar tahun lalu, namun tak sedikit orang yang khawatir akan nasib bumi setelah tubrukan berlangsung. Ada yang meyakini bahwa tubrukan antar kedua galaksi akan menyebabkan hancurnya planet dan terpentalnya dari posisi saat ini. Namun, para ilmuwan ada pula yang berpendapat bahwa sangat kecil kemungkinan untuk bertabrakan. 

2. Matahari kehabisan bahan bakar

5 Fenomena Alam Semesta yang Diyakini Dapat Menyebabkan Kiamat, Ngeri!futurism.com

Seperti bintang pada umumnya, matahari juga memiliki umur atau batasan waktu hingga pada akhirnya mengalami kehabisan bahan bakar dari hidrogen. Konon diprediksi bahwa matahari akan kehabisan bahan bakar sekitar 5 miliar tahun ke depan.

Hal mengerikan yang diprediksi terjadi bila matahari kehabisan bahan bakar adalah mengembangnya ukuran matahari hingga 10 kali dari ukuran normal. Tentunya bila hal tersebut terjadi, tak dapat dimungkiri bahwa bumi beserta planet-planet di sekitar matahari pun dapat tertelan dengan mudah. 

Baca Juga: Keren! 5 Fenomena Alam ini Hanya Bisa Kamu Ditemukan di Musim Dingin

3. Lubang hitam supermasif di dekat bumi

5 Fenomena Alam Semesta yang Diyakini Dapat Menyebabkan Kiamat, Ngeri!extremetech.com

Tahukah kamu bahwa konon di luar angkasa sana terdapat sebuah lubang hitam yang diketahui memiliki massa sebesar 40 miliar kali dari matahari kita saat ini? Jarak yang terhampar dari lubang hitam ke bumi adalah sekitar 700 juta tahun cahaya.

Seperti yang kita ketahui bahwa lubang hitam memiliki potensi untuk menarik apa pun yang ada di dekatnya, apalagi dengan massa yang jauh lebih besar dibandingkan bumi. 

4. Penyusutan bulan

5 Fenomena Alam Semesta yang Diyakini Dapat Menyebabkan Kiamat, Ngeri!esa.int

Menurut beberapa studi yang dilakukan, diketahui bahwa ternyata bulan yang merupakan satelit alami dari bumi mengalami penyusutan yang disebabkan oleh moonquake atau gempa bulan. Diketahui bahwa pergerakan lempeng yang ada pada kerak bulan juga berpotensi membuat bulan semakin menyusut dari waktu ke waktu.

Padahal, seperti yang kita tahu bahwa bulan merupakan salah satu satelit alami yang penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Tanpa bulan tentu saja hanya akan mendatangnya bencana yang berbahaya. 

5. Big crunch

5 Fenomena Alam Semesta yang Diyakini Dapat Menyebabkan Kiamat, Ngeri!busy.org

Jika satu lubang hitam saja dengan massa bermiliar kali lebih besar dari matahari sudah dapat menjadi masalah bagi keberlangsungan manusia, bagaimana bila big crunch terjadi? 

Big crunch merupakan fenomena alam di mana seluruh lubang hitam menyatu menjadi satu lubang hitam raksasa yang akan menyedot habis seluruh alam semester beserta isinya. Jika hal itu terjadi tentu sudah tidak akan ada lagi kehidupan di muka bumi. 

Nah, 5 bencana alam semesta di atas dapat menjadi gambaran mengerikannya kiamat apabila fenomena tersebut terjadi nanti. Jangan sampai, ya! 

Baca Juga: 5 Mitos di Dunia yang Sering Dikaitkan dengan Gerhana Matahari Cincin

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya