Comscore Tracker

7 Rekomendasi Olahraga Khusus Kaum Rebahan

Olahraga adalah solusi segala kesehatan tubuh dan mental

Saat ini olahraga sudah banyak digemari oleh semua kalangan. Baik gen z, milenial, maupun orang tua. Sepeda, lari, dan senam aerobik dihalaman komplek rumah menjadi olahraga rutin yang banyak disukai. Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang malas berolahraga dan lebih suka rebahan? Padahal, olahraga itu penting bagi tubuh.

Berikut ini, penulis akan rangkum tujuh rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Sambil rebahan saja, kamu sudah bisa melakukan beberapa jenis olahraga santai ini.

1. Yoga

7 Rekomendasi Olahraga Khusus Kaum Rebahanilustrasi senam Yoga (pixabay.com/jane_lopatkina)

Yoga adalah sebuah olahraga yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh.

Yoga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan keseimbangan tubuh, serta melatih kelenturan tulang belakang. Selain baik untuk tubuh, yoga juga dikenal sebagai olahraga yang dapat mengendalikan stres dan mengurangi rasa gelisah. Bagi kamu yang mudah stress dan gelisah, cocok sekali melakukan gerakan yoga sambil rebahan dirumah. 

2. Thin Side Wais

7 Rekomendasi Olahraga Khusus Kaum Rebahanilustrasi senam Thin Side Wais (pixabay.com/lenahelfinger)

Thin Side Wais merupakan latihan memperkuat otot gluteus medius yang bisa dilakukan sambil berbaring santai. Gerakannya cukup mudah, posisikan tubuh berbaring lalu miring ke samping dan angkat tubuh ke salah satu sisi sambil menopang dengan lengan.

Buka kaki ke arah atas sambil gerakan turun naik perlahan. Ulang sebanyak 3 sesi sesuai kemampuan.Untuk mendapatkan hasil maksimal, olahraga mengecilkan pinggang dan bokong ini perlu diimbangi dengan asupan makanan yang sehat sebagai booster nutrisi dari dalam tubuh.

3. Skinny Legs

7 Rekomendasi Olahraga Khusus Kaum Rebahanilustrasi Skinny Legs (pixabay.com/1114467)

Skinny Legs adalah salah satu trik untuk merampingkan paha. Gerakan ini dapat membakar timbunan lemak di area paha hingga betis dan mengubahnya menjadi otot. Fungsi lain dari olahraga ini adalah dapat meningkatkan keseimbangan, kelenturan, dan juga mengurangi risiko cedera.

Baca Juga: 10 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan Sambil Tiduran, Cek Manfaatnya

4. Hin Buttock Thin Leg

7 Rekomendasi Olahraga Khusus Kaum Rebahanilustrasi Hin Buttock Thin Leg (pixabay.com/3D_Realistix)

Hin Buttock Thin Leg bekerja pada beberapa kelompok otot, rectus abdominis, obliques, dan abdominis transversal.

Gerakan yang harus Anda lakukan adalah berbaring, dan letakkan tanganmu di samping atau di bawah pantat. Tekuk lutut sekitar sudut 90°, tarik kaki ke dada dan ke atas, sedikit menggulung punggung. Kembalikan ke posisi awal, biarkan lutut ditekuk sepanjang waktu.

5. Thin Leg Back

7 Rekomendasi Olahraga Khusus Kaum Rebahanilustrasi Thin Leg Back (pixabay.com/5132824)

Thin Leg Back melibatkan pergerakan otot inti yang jika dilakukan secara teratur, akan membuat pinggang menjadi lebih kecil.

Berbaringlah terlentang dengan tangan di sisi samping tubuh atau di bawah bokong untuk menopang punggung, angkat kedua kaki lurus, kemudian silangkan kaki di atas satu sama lain secara bergantian.

6. Thin Hip

7 Rekomendasi Olahraga Khusus Kaum Rebahanilustrasi Thin Hip (pixabay.com/ jdj_land)

Latihan thin hip adalah latihan yang bagus untuk otot-otot perut yang melintang. Gerakan yang harus dilakukan adalah berbaring dan letakkan tangan di sisi tubuh.

Tekuk lutut, dan angkat kaki. Naikkan satu kaki hingga sekitar sudut 45° dan turunkan kaki lainnya hingga hanya 2 inci dari tanah.

7. Hin Leg Side Before

7 Rekomendasi Olahraga Khusus Kaum Rebahanilustrasi Hin Leg Side Before (pixabay.com/arhy82)

Baca Juga: 5 Kelas Olahraga Seru yang Bisa Kamu Coba Agar Tubuh Jadi Bugar

Hin Leg Side Before adalah salah satu olahraga untuk mengecilkan pinggang dan bokong. Latihan ini dapat membentuk pinggang dan bokong jadi lebih ideal. Akan tetapi, olahraga satu ini sangat disarankan dilakukan bersama personal trainer di pusat kebugaran.

Proses latihannya dimulai dari pemanasan, lalu treadmill dengan kecepatan tujuh mil per jam selama satu menit. Kemudian, pindah ke mode running, dan ulangi ritmenya lagi dari awal, selama 15 menit.

Yuk, yang suka rebahan, mulai ubah kebiasaan burukmu agar badan tetap sehat. Jadikan semua aktivitas menjadi lebih produktif dan menghasilkan sesuatu yang positif.

Adelia Oktavianti Photo Writer Adelia Oktavianti

I want to be a successful woman in this world and the hereafter

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya