5 Fakta Menarik Ellie Cole, Atlet Renang Paralimpiade asal Australia

Yuk, mengenal sosok inspiratif yang satu ini lebih dalam

Paralimpiade atau paralimpik merupakan sebuah ajang yang menampilkan berbagai ajang olahraga bagi para atlet difabel. Beberapa cabang yang kerap menjadi favorit bagi masyarakat ialah rugby kursi roda, atletik, hingga renang. 

Berbicara tentang cabang olahraga renang, salah satu atlet paralimpiade ternama di olahraga ini ialah Ellie Cole. Dia merupakan salah satu perenang berprestasi asal Australia di berbagai kompetisi. 

Pastinya terdapat beberapa fakta menarik tentang sosok Ellie Cole. Kira-kira apa saja hal menarik tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

1. Kaki Ellie Cole harus diamputasi akibat penyakit kanker yang dideritanya

5 Fakta Menarik Ellie Cole, Atlet Renang Paralimpiade asal Australiapotret Ellie Cole (dailytelegraph.com.au)

Elle Cole lahir pada 12 Desember 1991 di Victoria, Australia. Dia lahir dari pasangan Don Cole dan Jenny Cole. Pada usia 2 tahun, dia didiagnosa terkena penyakit sarkoma yang dikenal merupakan salah satu jenis kanker yang ganas. 

Sempat menjalani beberapa kemoterapi, orang tuanya memutuskan untuk mengamputasi kaki Elli Cole pada Februari 1994. Butuh waktu 8 minggu untuk merehabilitasi Ellie Cole pasca kakinya diamputasi. Bukan perkara mudah pastinya bagi seorang anak kecil pada saat itu untuk kehilangan kakinya akibat penyakit yang dideritanya. 

2. Kedua orang tuanya ternyata merupakan perenang profesional

5 Fakta Menarik Ellie Cole, Atlet Renang Paralimpiade asal Australiapotret Ellie Cole (smh.com.au)

Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang awal mula Ellie Cole menekuni olahraga renang. Kedua orang tuanya, Don dan Jenny Cole ternyata merupakan perenang profesional. Setelah menjalani rehabilitasi pasca operasi amputasi kakinya, dia didaftarkan kedua orang tuanya untuk mengikuti kursus berenang. 

Pada awalnya, instruktur renang khusus untuk menangani Ellie mengira bahwa dirinya akan membutuhkan waktu 1 tahun agar bisa menyesuaikan. Menariknya, Ellie Cole hanya membutuhkan waktu 2 minggu agar bisa berenang lurus ke depan dengan kondisi yang ia miliki. 

Baca Juga: Sederet Prestasi Indonesia Sepanjang Sejarah Paralimpiade

3. Ellie Cole merupakan perempuan Australia yang meraih medali terbanyak di ajang Paralimpiade

5 Fakta Menarik Ellie Cole, Atlet Renang Paralimpiade asal Australiapotret Ellie Cole (businesschicks.com)

Ellie Cole sudah memenangkan banyak ajang selama menjalani karier sebagai seorang perenang profesional. Dia mulai mengikuti kompetisi berenang sejak tahun 2003. Pada tahun 2006, dia memenangkan medali perak di ajang IPC Swimming World Championships di Durban, Afrika Selatan. Sejak saat itulah dia selalu diandalkan sebagai perenang paralimpik utama yang mewakili Australia, termasuk di Paralimade.

Di ajang Paralimpiade, setidaknya sudah ada 6 medali emas, 5 medali perak, dan 7 medali perunggu yang sukses ia raih. Dengan hal tersebut, Ellie Cole menjadi perempuan Australia dengan medali terbanyak di ajang Paralimpiade.

4. Ellie Cole ternyata juga merupakan atlet bola basket kursi roda

5 Fakta Menarik Ellie Cole, Atlet Renang Paralimpiade asal Australiapotret Ellie Cole (kanan) saat masih bermain di tim bola basket kursi roda (en.wikipedia.org)

Selama ini Ellie Cole dikenal sebagai perenang profesional. Tak banyak yang tahu bahwa dia juga merupakan seorang atlet bola basket kursi roda. Dia mulai menekuni olahraga ini pada tahun 2013 dan 2014. Ia bahkan sempat mengikuti ajang Women's National Wheelchair Basketball League. 

Dia mengaku senang dapat bergabung di tim bola basket kursi roda karena olahraga ini harus melibatkan tim secara keseluruhan. Walau begitu, Ellie masih berkarier di cabang olahraga renang hingga saat ini. 

5. Ellie Cole merupakan sosok yang menginspirasi

5 Fakta Menarik Ellie Cole, Atlet Renang Paralimpiade asal Australiapotret Ellie Cole (thejjreport.com)

Di saat usianya masih kecil, banyak orang yang menilai bahwa dirinya tak mampu melakukan aktivitas tertentu karena kondisinya. Namun, hal tersebut tak membuat Ellie Cole menyerah begitu saja. Dia berhasil menjawab keraguan banyak orang dengan prestasi yang diraihnya. 

Ellie juga merupakan sosok yang pekerja keras. Dia rela bekerja keras dua kali lebih berat agar mampu menyeimbangi teman-teman kecilnya yang tak memiliki keterbatasan fisik seperti dirinya. Tak heran jika banyak prestasi yang berhasil diraihnya, termasuk berbagai medali di ajang Palimpiade. 

Nah, itu dia 5 fakta tentang Ellie Cole yang menarik untuk disimak. Saat ini, dia masih aktif menjadi perenang profesional. Selain berprestasi, dia juga merupakan sosok yang inspiratif bagi banyak orang. 

Baca Juga: Srikandi Indonesia Berjaya di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya