Profil A'ja Wilson, MVP Final WNBA 2023

Defensive Player of the Year juga

A'ja Wilson merupakan salah satu nama yang sedang naik daun dalam dunia bola basket perempuan. Ia bersama Las Vegas Aces baru saja menjadi juara WNBA 2023. A'ja Wilson disebut-sebut sebagai pemain Aces terbaik. Ia dinobatkan sebagai MVP Final WNBA 2023.

A'ja Wilson juga telah meraih banyak prestasi dan penghargaan dalam karier bola basketnya. Tentunya tidak mudah baginya untuk berada hingga di titik ini. Berbagai kerja keras dan perjuangan telah ia lalui untuk menjadi salah satu pemain terbaik di WNBA.

Berikut profil A'ja Wilson, salah satu pemain ternama di WNBA.

1. Berhadapan dengan rasisme sejak kecil

Profil A'ja Wilson, MVP Final WNBA 2023A'ja Wilson (aces.wnba.com)

A'ja Wilson menjalani masa kecil yang sulit. Sebagai perempuan berkulit hitam, ia harus menghadapi berbagai rasisme di lingkungannya. Namun, hal tersebut mendorong A'ja Wilson untuk menjadi versi terbaik dari dirinya.

Pada suatu hari, misalnya, A'ja Wilson diajak untuk datang ke pesta ulang tahun temannya dan menginap. Namun, ia harus tidur di luar rumah, sebab ayah temannya itu tidak menyukai orang berkulit hitam. Selain itu, teman-temannya di sekolah juga mayoritas orang berkulit putih.

Meski jadi korban rasisme, A'ja Wilson tidak putus asa. Ia mendapatkan banyak motivasi untuk terus bergerak maju dari neneknya, Hattie Rakes. A'ja Wilson menggunakan keunikannya sebagai kekuatan untuk melakukan serta menghadapi apa pun yang ada di depannya. Ia berusaha untuk menjadi teladan bagi perempuan berkulit hitam lainnya dalam menggapai impian mereka.

2. Awalnya tidak terlalu menyukai bola basket

Profil A'ja Wilson, MVP Final WNBA 2023A'ja Wilson dan Dawn Staley (aces.wnba.com)

A'ja Wilson lebih suka menonton TV dan melakukan hobi lainnya sebagai seorang remaja. Meskipun ayahnya merupakan pebasket profesional, A'ja Wilson tidak berminat dengan olahraga tersebut. Kemudian, ia bertemu dengan seseorang yang mengubah hidupnya.

A'ja Wilson didaftarkan ayahnya untuk mengikuti pelatihan bola basket yang diadakan Dawn Staley, kepala pelatih South Carolina Gamecocks. Pada saat itu, ia masih berusia 13 tahun. Permainan A'ja Wilson tidak terlalu memuaskan, tetapi Dawn Staley melihat ada potensi dalam dirinya.

Di sisi lain, A'ja Wilson mengidap disleksia, gangguan proses belajar yang membuatnya sulit untuk membaca, khususnya di sekolah. Ia selalu tertinggal oleh teman-temannya dalam hal akademik. Maka dari itu, A'ja Wilson menggunakan bola basket serta tinggi badannya untuk menutupi ketertinggalannya di sekolah. Seiring berjalannya waktu, permainannya makin berkembang dan ia memutuskan untuk bergabung dengan Dawn Staley dan Gamecocks.

Baca Juga: 5 MVP Final WNBA Terakhir, A'Ja Wilson Terbaru!

3. Bermain impresif di jenjang perkuliahan

Profil A'ja Wilson, MVP Final WNBA 2023A'ja Wilson (aces.wnba.com)

Profil A'ja Wilson makin besar bersama Dawn Staley dan Gamecocks. Ia berhasil meraih banyak prestasi di jenjang perkuliahan. Selain dalam hal bola basket, A'ja Wilson juga diberikan bimbingan oleh Dawn Staley dalam hal-hal lain di luar lapangan, khususnya disleksia.

A'ja Wilson bermain selama 4 musim untuk Gamecocks. Ia mencatat rataan 17,3 poin, 8,7 rebound, 1,4 assist, dan 2,6 blok saat bersama mereka. A'ja Wilson memimpin Gamecocks dalam jumlah poin (2.389), blok (363), serta tembakan bebas (597).

Pada musim seniornya, A'ja Wilson dinobatkan sebagai Consensus National Player of the Year dan All-America First Team. Selain itu, ia juga membawa pulang trofi Naishmith dan trofi Wade sebagai pemain terbaik di jenjang perkuliahan. A'ja Wilson telah menggunakan kemampuannya sebaik mungkin dan membuahkan hasil yang membanggakan.

4. Telah memiliki karier legendaris di WNBA

Profil A'ja Wilson, MVP Final WNBA 2023A'ja Wilson (twitter.com/LVAces)

Setelah menjalani karier perkuliahan yang dominan, A'ja Wilson dipilih Las Vegas Aces di urutan pertama WNBA Draft 2018. Ia tampil sesuai ekspektasi di WNBA. Dengan tinggi badan 193 cm, A'ja Wilson merupakan salah satu talenta emas di WNBA.

A'ja Wilson berhasil meraih trofi Rookie of the Year 2018. Sekitar 2 tahun kemudian, ia dinobatkan sebagai MVP WNBA. Dominasinya makin kuat dengan membawa pulang trofi MVP kedua, Defensive Player of the Year, serta gelar juara pertamanya pada 2022. Musim ini, ia kembali meraih trofi Defensive Player of the Year serta menjadi juara beruntun bersama Las Vegas Aces.

Profil A'ja Wilson merupakan salah satu yang terbaik dan inspiratif di WNBA. Kelemahan yang ia miliki justru membuka jalan baginya untuk bersinar. A'ja Wilson telah membuktikan bahwa tujuan serta impian dapat digapai dengan adanya komitmen serta kerja keras.

Baca Juga: 4 Fakta A'ja Wilson, Peraih Defensive Player of the Year WNBA 2023

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya