Comscore Tracker

Nasib Pembalap Tuan Rumah di Moto2 Thailand Campur Aduk

Chantra terjatuh, Kubo cetak poin

Gelaran Moto2 Thailand yang digelar hari Minggu (2/10/2022) sejatinya jadi kesempatan emas untuk pembalap tuan rumah. Somkiat Chantra yang tampil kuat sepanjang akhir pekan punya kans untuk menyegel kemenangan di tanah kelahirannya.

Namun, hujan deras yang turun membasahi lintasan malah jadi pukulan telak bagi Chantra. Pembalap tim Idemitsu Honda Team Asia tersebut gagal menuntaskan balapan. Sementara itu, pembalap asal Negeri Gajah Putih lainnya tampil cukup apik. Keminth Kubo (Yamaha VR46 Master Camp Team) finis di posisi sepuluh besar di Sirkuit Internasional Chang. Ia sedikit mengobati kesedihan para penonton tuan rumah.

1. Somkiat Chantra raih pole position pertama

Nasib Pembalap Tuan Rumah di Moto2 Thailand Campur AdukSomkiat Chantra (motogp.com)

Sehari sebelum berlangsungnya balapan, Somkiat Chantra mengukir sejarah baru. Rider berusia 23 tahun itu menjadi pembalap Thailand pertama yang berhasil merebut pole position di semua kategori Grand Prix.

Hebatnya lagi, Chantra melakukannya di depan penggemarnya sendiri. Pembalap Thailand start terdepan pada balapan kandang di hadapan fans asal Thailand. Itu tentu sebuah pencapaian berarti.

2. Chantra terjatuh saat memimpin balapan

Nasib Pembalap Tuan Rumah di Moto2 Thailand Campur AdukSomkiat Chantra (motogp.com)

Sayangnya, Chantra harus menelan pil pahit. Berharap mampu kembali mencetak sejarah dengan mempersembahkan kemenangan, Chantra malah gagal menuntaskan balapan.

Semua berawal dari munculnya rintik hujan jelang sesi balap dimulai. Dengan berubahnya balapan kering menjadi basah, pembalap yang sudah bersiap di grid ramai-ramai mengganti ban. Durasi balap dipangkas menjadi hanya 16 lap.

Saat lampu hijau menyala, Chantra tampil trengginas dan langsung memimpin hingga beberapa putaran. Namun, kondisi lintasan basah secara tak merata lantaran hujan yang sebagian deras dan sebagian rintik di area sirkuit.

Pembalap pun harus berhati-hati ketika melibas setiap sektor lintasan. Memasuki tikungan 4 pada lap ketiga, hal menyedihkan terjadi. Chantra kehilangan grip belakang sehingga mengalami kecelakaan high side. Ia tersungkur dan tak mampu lagi mengikuti perlombaan.

Baca Juga: Reaksi para Pembalap MotoGP Usai Seri MotoGP Italia di Sirkuit Mugello

3. Kesempatan emas yang hilang dari tangan Chantra

Nasib Pembalap Tuan Rumah di Moto2 Thailand Campur AdukSomkiat Chantra (motogp.com)

“Setelah dua atau tiga lap aku melihat hujan semakin meningkat. Bagaimanapun, aku mencoba untuk menjaga titik pengereman seperti sebelumnya. Akan tetapi, terjadilah high side,” kata Chantra seperti dikutip Corsedimoto.

Moto2 Thailand sendiri hanya berlangsung selama 8 lap. Hujan yang turun semakin deras memaksa Race Direction untuk mengibarkan bendera merah tanda balapan harus dihentikan.

Balapan sempat akan dilanjutkan karena durasi sebelumnya belum menempuh 2/3 dari total lap. Namun, hujan terus turun dengan derasnya. Moto2 pun tak bisa berlanjut dan pembalap yang menempati posisi tiga besar dinobatkan sebagai peraih podium.

Tony Arbolino (Elf Marc VDS Racing Team) jadi kampiun. Disusul oleh Filip Salac (Gresini Racing) dan Aron Canet (Flexbox HP40) yang tempati podium ke-2 dan ke-3.

4. Keminth Kubo cetak poin di balapan kandang

Nasib Pembalap Tuan Rumah di Moto2 Thailand Campur AdukKeminth Kubo (motogp.com)

Penggemar Moto2 Thailand pastinya kecewa dengan terjatuhnya Chantra. Meski begitu, kesedihan mereka tentu sedikit terobati dengan hasil yang diraih pembalap tuan rumah lainnya.

Keminth Kubo yang merupakan pembalap debutan di Moto2 mampu finis di posisi ke-9 di kandang sendiri. Pemuda keturunan Thailand-Jepang ini menambah koleksi 7 poin penting.

5. Hasil terbaik Kubo sepanjang musim 2022

Nasib Pembalap Tuan Rumah di Moto2 Thailand Campur AdukKeminth Kubo (motogp.com)

P9 di Thailand jadi finis terbaik Kubo sepanjang musim 2022 yang berat baginya. Ia sempat didera berbagai cedera dan kesulitan beradaptasi di kompetisi seketat Moto2. Ditambah lagi, ia kehilangan ayahnya saat berlangsung seri Mugello.

Hasil ini bisa jadi suntikan kepercayaan diri bagi Kubo untuk tampil apik di sisa musim. Masih ada tiga seri Grand Prix yang bisa ia taklukkan.

“Kami sangat bangga padanya,” kata Direktur Olahraga tim Yamaha VR46 Master Camp, Geleto Nieto, seperti dilansir Corsedimoto.

Moto2 musim 2022 menyisakan seri Autralia, Malaysia dan Valencia. Somkiat Chantra dan Keminth Kubo punya kesempatan untuk raih hasil lebih maksimal.

Baca Juga: Miguel Oliveira Beberkan Alasan Bisa Menang di MotoGP Thailand

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya