Comscore Tracker

5 Perbedaan Treadmill Manual dan Elektrik, Spesifikasinya Beda!

Treadmill manual lebih ramah lingkungan

Salah satu alat fitness yang biasa digunakan sebagai pilihan alternatif olahraga outdoor adalah treadmill. Tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis, treadmill efektif menantu menurunkan berat badan dan latihan kardio, seperti alan dan jogging.

Ada dua jenis treadmill yang bisa ditemukan di pasaran, yaitu treadmill manual dan elektrik. Meski keduanya ideal untuk kebutuhan olahraga rumahan dengan konsep kerja seperti latihan kardio pada umumnya, treadmill manual dan listrik memiliki spesifikasinya masing-masing. Mulai dari visualisasi alat hingga harga, inilah lima perbedaan treadmill manual dan elektrik yang jarang diketahui.

Baca Juga: 7 Gerakan Dasar dalam Senam Aerobik, Gak Sulit Kok!

1. Visualisasi alat

5 Perbedaan Treadmill Manual dan Elektrik, Spesifikasinya Beda!Perbedaan treadmill manual dan elektrik berdasarkan visualisasi alat (canva.com)

Perbedaan treadmill manual dan elektrik dapat dilihat dari segi visualisasi alat. Treadmill manual hadir dengan model yang lebih sederhana dengan alas yang besar dan sedikit melengkung.

Secara visual, treadmill elektrik terkesan lebih mewah. Alat fitness ini dilengkapi tombol dengan fitur yang beraneka ragam dan display yang tampak canggih dan modern. Berkat keunggulannya ini, tak mengherankan bila treadmill elektrik cukup diminati, terlebih di pusat kebugaran alias gym.

2. Mekanisme gerak

5 Perbedaan Treadmill Manual dan Elektrik, Spesifikasinya Beda!Perbedaan treadmill manual dan elektrik berdasarkan mekanisme gerak (canva.com)

Alat penggerak menjadi perbedaan treadmill manual dan elektrik selanjutnya. Treadmill manual tidak digerakkan oleh mesin atau motor, melainkan oleh kaki penggunanya sehingga lebih ramah lingkungan. Kecepatan gerak alat fitness ini pun menyesuaikan kecepatan kaki.

Ketika kaki bergerak di atas treadmill, maka alas treadmill juga akan ikut bergerak. Dengan begitu, kecepatan gerak alat fitness ini menyesuaikan kecepatan kaki.

Sebaliknya, treadmill elektrik digerakkan oleh mesin atau motor. Kecepatan kaki pun mengikuti kecepatan alas treadmill yang dapat diatur pada display. Selain kecepatan alas, kamu bisa menyesuaikan tanjakan dan pengukuran denyut jantung dengan menekan berbagai tombol yang ada dalam treadmill listrik. Uniknya, kamu bisa menonton atau mendengarkan musik sembari berlari di atas treadmill.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Indoor Climbing Gym di Jakarta, Cobain, yuk!

3. Kepraktisan

5 Perbedaan Treadmill Manual dan Elektrik, Spesifikasinya Beda!Perbedaan treadmill manual dan elektrik berdasarkan kepraktisan (canva.com)

Kepraktisan treadmil mempengaruhi kenyamanan pengguna dan hasil akhir dalam berolahraga menggunakan alat fitness ini. Meski begitu, aspek ini menjadi salah satu perbedaan treadmill manual dan elektrik.

Karena mengandalkan gerakan kaki, treadmill manual membutuhkan lebih banyak energi untuk menggerakkannya. Pengaturan kecepatan alat fitness ini pun juga dipengaruhi kecepatan gerak kaki penggunanya. Semakin cepat kaki bergerak, maka akan semakin cepat alas kaki berjalan.

Pada treadmill elektrik, pengguna hanya perlu menekan tombol pada display untuk menyesuaikan kecepatan, tanjakan, atau denyut jantung. Alhasil, latihan menjadi lebih maksimal dan proses pembakaran kalori berjalan lebih efektif.

4. Perawatan

5 Perbedaan Treadmill Manual dan Elektrik, Spesifikasinya Beda!Perbedaan treadmill manual dan elektrik berdasarkan perawatan (canva.com)

Agar treadmill dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, penting untuk melakukan perawatan alat. Meski begitu, treadmill manual dan elektrik memerlukan perawatan berbeda.

Perbedaan treadmill manual dan elektrik ini cenderung lebih menguntungkan treadmill manual karena lebih ekonomis. Treadmill manual tidak digerakkan oleh motor atau mesin sehingga tidak membutuhkan perhatian khusus. Untuk menjaga alat fitness ini tetap terawat, cukup besihkan secara rutin, terutama usai digunakan.

Berbeda dari treadmill manual, treadmill elektrik membutuhkan perawatan khusus sebab sumber penggeraknya berasal dari mesin atau motor. Perawatan mesin yang bisa dilakukan, yaitu membersihkan debu dan kotoran, memberi pelumas, dan melakukan pengecekan mesin secara rutin. Mengabaikan perawatan mesin hanya akan membuat treadmill cepat rusak. Alhasil, pengguna harus mengeluarkan dana lebih untuk perbaikan atau membeli treadmill baru.

Baca Juga: 3 Peraturan Lompat Tinggi yang Wajib Ditaati

5. Harga

5 Perbedaan Treadmill Manual dan Elektrik, Spesifikasinya Beda!Perbedaan treadmill manual dan elektrik berdasarkan harga (canva.com)

Perbedaan treadmill manual dan elektrik yang paling mendasar terletak pada segi harga. Karena tidak digerakkan oleh mesin, treadmill manual cenderung lebih terjangkau. Sementara itu, treadmill elektrik dipasarkan dengan harga yang relatif tinggi. Harga ini sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki treadmill elektrik, termasuk desainnya yang modern.  

Itulah lima perbedaan treadmill manual dan elektrik yang jarang diketahui. Treadmill merupakan alat fitness yang mudah dan praktis digunakan. Apapun jenis treadmill pilihanmu, sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: 10 Cara Membentuk Otot Dada yang Wajib Kamu Coba!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya