5 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Real Madrid

Bersama siapa Ronaldo paling sukses?

Cristiano Ronaldo adalah pemain dengan gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola. Di level klub, CR7 telah membela 4 klub berbeda. Mengawali karier di Sporting CP, ia kemudian hengkang ke liga top Eropa bersama Manchester United, Real Madrid dan Juventus.

El Real menjadi klub terlama yang ia bela. Tak heran jika cukup banyak pelatih yang menangani CR7 saat membela Los Blancos. Pelatih-pelatih tersebut menjadi sosok penting dibalik kesuksesan Ronaldo. Berikut daftar pelatih yang pernah menangani Cristiano Ronaldo di Real Madrid.

1. Manuel Pellegrini

5 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Real Madridthesun.co.uk/Getty Images

Pelatih pertama yang menangani Cristiano Ronaldo di Real Madrid adalah Manuel Pellegrini. Keputusan Cristiano Ronaldo hengkang dari Manchester United pada musim 2009/2010 cukup mengejutkan. Pellegrini menjadi pelatih yang saat itu menangani Real Madrid tentu saja cukup bersyukur.

Performa Ronaldo di bawah asuhan Pellegrini sebenarnya sangat baik. Namun, karier sang pelatih tidak berjalan mulus yang membuatnya harus terdepak di akhir musim. Pellegrini sendiri memainkan CR7 dalam 35 pertandingan dengan torehan 33 gol dan 12 assist.

2. Jose Mourinho

5 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Real Madridtwitter.com/TeamCRonaldo

Setelah Manuel Pellegrini tak diperpanjang kontrak, Real Madrid menunjuk Jose Mourinho sebagai pengganti. Koneksi Mourinho dan Ronaldo yang sama-sama dari Portugal berhasil membuahkan beberapa trofi.

CR7 pun tampil moncer di bawah asuhan Mourinho. Ia menorehkan 168 gol dan 49 assist dari 164 pertandingan selama ditangani Mou. Pelatih yang kini berusia 57 tahun itu bertahan tiga musim di Santiago Bernabeu.

Baca Juga: Santiago Solari Resmi Jadi Pelatih Real Madrid Hingga 2021

3. Carlo Ancelotti

5 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Real Madrideurosport.com/Reuters

Berikutnya Cristiano Ronaldo dilatih oleh juru taktik berpengalaman, Carlo Ancelotti. Pelatih asal Italia itu bertahan selama dua musim sebagai juru taktik Real Madrid. Ronaldo juga tentunya menjadi pilar utama di lini depan Los Blancos selama ditangani Ancelotti.

Dimainkan Ancelotti dalam 101 pertandingan, Ronaldo sukses mencatatkan 112 gol serta memberikan 47 assist. Kebersamaan Ancelotti dan Ronaldo juga membuahkan beberapa trofi untuk Madrid.

4. Rafael Benitez

5 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Real Madridirishmirror.ie/Helios de la Rubia/Real Madrid

Ditunjuk sebagai pengganti Carlo Ancelotti, Rafael Benitez tidak bertahan lama sebagai juru taktik Real Madrid. Pelatih asal Spanyol itu hanya bertahan setengah musim, tepatnya pada Juli 2015 hingga Januari 2016.

Meskipun mengandalkan Cristiano Ronaldo di lini depan, penampilan Madrid di bawah asuhan Benitez kurang memuaskan. Ronaldo sendiri dimainkan Benitez dalam 24 pertandingan dan menorehkan 25 gol serta 8 assist.

5. Zinedine Zidane

5 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Real Madridgoal.com/Laurence Griffiths/Getty Images

Pelatih terakhir yang menangani Cristiano Ronaldo di Real Madrid adalah Zinedine Zidane. Zidane menjadi pelatih yang cukup sukses bersama Real Madrid khususnya saat masih ada Ronaldo. Di mana kerja sama Zidane dan CR7 membuahkan tiga trofi Liga Champions secara beruntun.

Setelah itu keduanya kompak meninggalkan Madrid, tepatnya pada akhir musim 2017/2018. Namun kemudian, Zidane kembali menangani El Real dan bertahan hingga kini. Di bawah asuhan pelatih asal Prancis itu, Ronaldo sukses menggelontorkan 112 gol dan 30 assist dari 110 pertandingan.

Kepiawaian pelatih akan mampu melihat potensi dari setiap pemain-pemainnya. Begitu pula jajaran pelatih yang pernah menangani Ronaldo. Siapa pelatih yang paling bisa memanfaatkan kemampuan Ronaldo?

Baca Juga: Raul Gonzales Putuskan Ikuti Jejak Zidane Jadi Pelatih Real Madrid

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya