Comscore Tracker

5 Pemain Lulusan Hale End Academy yang saat Ini jadi Andalan Arsenal

Masa depan The Gunners cerah?

Akademi menjadi bagian penting dalam perkembangan sebuah klub sepak bola saat ini. Mereka tak bisa selamanya merekrut pemain dari klub lain untuk memperkuat tim. Selain gratis, para pemain akademi juga tentunya akan lebig mencintai klubnya.

Hal tersebut juga berlaku untuk Arsenal, salah satu klub elite Premier League. Tak banyak yang tahu, jika Arsenal memiliki akademi yang biasa disebut Hale End Academy. Akademi yang satu ini telah melahirkan banyak pemain berkelas.

Siapa sangka, jika pada musim ini, The Gunners juga mengandalkan pemain lulusan Hale End Academy, lho. Beberapa dari mereka bahkan masih berusia muda dan bisa menjadi aset masa depan klub. Penasaran, siapa saja pemain lulusan Hale End Academy yang kini menjadi andalan Arsenal? Berikut ulasannya.

1. Hector Bellerin

5 Pemain Lulusan Hale End Academy yang saat Ini jadi Andalan Arsenalarsenal.com

Salah satu pemain lulusan Hale End Academy yang saat ini menjadi andalan Arsenal adalah Hector Bellerin. Pemain berkebangsaan Spanyol ini memang lebih dikenal sebagai lulusan La Masia, akademi Barcelona.

Namun ternyata, ia juga pernah menimba ilmu di akademi Arsenal. Sebelum bergabung dengan tim utama, Bellerin sempat bergabung dengan tim muda The Gunners. Ia pertama kali ke klub London tersebut pada tahun 2011.

Setelah membela Arsenal u-18 dan u-21, ia akhirnya dikontrak tim utama sejak musim 2014/2015. Bek kanan itu telah menjadi andalan The Gunners dengan catatan 231 pertandingan. Pemain berusia 25 tahun itu mencetak 9 gol dan 29 assist.

2. Eddie Nketiah

5 Pemain Lulusan Hale End Academy yang saat Ini jadi Andalan Arsenalpremierleague.com/Getty Images

Eddie Nketiah menjadi salah satu lulusan Hale End Academy yang bisa menjadi bintang masa depan Arsenal. Selain pernah menimba ilmu di akademi Arsenal, ia juga lebih dulu menimba ilmu di akademi Chelsea.

Setelah membela Arsenal u-18 dan u-23, pemain yang kini berusia 21 tahun itu mendapat kontrak di tim utama pada Januari 2019. Namun, ia harus menambah pengalaman lebih dulu dengan dipinjamkan ke Leeds United pada Agustus 2019 hingga Januari 2020.

Setelah masa peminjaman tersebut, Nketiah lebih banyak mendapat jam terbang. Hingga kini, ia telah mencatatkan 60 pertandingan dengan torehan 12 gol dan 1 assist. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini dikontrak The Gunners hingga Juni 2022.

3. Reiss Nelson

5 Pemain Lulusan Hale End Academy yang saat Ini jadi Andalan Arsenaltheguardian.com

Berbeda dengan dua pemain sebelumnya yang sempat menimba ilmu di akademi klub lain. Riss Nelson menjadi pemain yang murni didikan Hale End Academy sejak kecil. Sama seperti Nketiah, pemain Inggris yang satu ini juga masih berusia 21 tahun.

Nelson mendapat kontrak di tim utama The Gunners sejak musim 2019/2020. Hal itu setelah ia sempat dipinjamkan ke Hoffenheim pada musim sebelumnya. Pada musim ini, sepertinya ia harus bekerja keras lagi untuk mendapatkan menit bermain lebih banyak.

Selama tergabung di tim utama Arsenal, penyerang sayap ini telah tampil dalam 47 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 4 assist. Ia dikontrak Meriam London hingga Juni 2023.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Manchester City

4. Emile Smith Rowe

5 Pemain Lulusan Hale End Academy yang saat Ini jadi Andalan Arsenalgoal.com/Julian Finney/Getty Images

Berikutnya ada Emile Smith Rowe yang juga murni didikan Hale End Academy. Pemain yang kini berusia 20 tahun tersebut mendapat kontrak dari tim utama Arsenal sejak musim 2020/2021 ini.

Meskipun musim perdana, pemain asal Inggris ini tak mau kalah dengan pemain senior lainnya. Gelandang serang muda ini sempat mendapat sorotan berkat performa impresifnya di lini tengah The Gunners.

Pengalaman bersama tim muda dan juga saat dipinjamkan ke RB Leipzig dan Huddersfield tentunya sangat berharga. Sejauh ini, Smith Rowe telah membela Arsenal dalam 29 pertandingan di semua kompetisi. Pemain yang dikontrak hingga Juni 2023 ini telah mencetak 5 gol dan 6 assist.

5. Bukayo Saka

5 Pemain Lulusan Hale End Academy yang saat Ini jadi Andalan Arsenalpremierleague.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Bukayo Saka yang tentunya sudah sangat familier. Meskipun menjadi pemain paling muda dalam daftar ini, kontribusinya tak bisa dianggap remeh. Pemain yang kini baru berusia 19 tahun tersebut telah mendapat kontrak di tim utama Arsenal sejak musim 2019/2020 lalu.

Berkat potensi yang dimilikinya, lulusan Hale End Academy yang satu ini langsung mengenakan nomor punggung 7. Selain itu, meskipun masih sangat belia, pemain yang berposisi di sisi kiri ini juga sudah mendapat debut di Timnas Inggris.

Bukayo Saka memang spesial, ia telah membela The Gunners dalam 72 pertandingan dengan torehan 10 gol dan 16 assist. Tak ingin kehilangan pemain masa depannya, Arsenal mengikatnya dengan kontrak hingga Juni 2024.

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi LOSC Lille, Ribery hingga Eden Hazard!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya