Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Tottenham Hotspur, Ada Rekor Baru!

Dipecahkan di era Jose Mourinho, lho!

Tottenham Hotspur merupakan salah satu klub Inggris yang cukup populer. Mereka memang bukan tim Inggris yang bergelimang prestasi seperti klub elite Inggris lainnya. Namun, The Lilywhites menjadi klub yang cukuk konsisten bersaing di kasta teratas liga Inggris. Saat ini, Spurs ditangani pelatih ternama Jose Mourinho.

Di bawah asuhan pelatih asal Portugal tersebut, Tottenham baru saja mencatatkan rekor baru. Rekor yang dimaksud yaitu pemain termuda yang debut bersama Tottenham sepanjang sejarah. Hal itu tentu saja menjadi catatan yang akan tercatat dalam buku sejarah klub London tersebut. Lalu, siapa saja pemain termuda yang debut bersama Tottenham Hotspur? Berikut ulasannya.

1. Alfie Devine

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Tottenham Hotspur, Ada Rekor Baru!instagram.com/alfie.devine

Alfie Devine mencatatkan rekor baru sebagai debutan termuda Tottenham Hotspur sepanjang sejarah. Pemain berkebangsaan Inggris tersebut mendapat kesempatan tampil bersama skuat utama Spurs pada 20 Januari 2021. Tepatnya dalam laga Piala FA,  di mana Tottenham bertandang ke markas Marine FC.

Dalam pertandingan tersebut, Devine baru berusia 16 tahun, 5 bulan dan 9 hari. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu sebenarnya masih menjadi bagian tim muda. Kesempatan yang didapat tersebut tentu saja sangat berharga. Bisa jadi, sang pemain akan menjadi andalan The Lilywhites di masa mendatang.

2. Dane Scarlet

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Tottenham Hotspur, Ada Rekor Baru!goal.com

Pada musim 2020/2021 ini Tottenham Hotspur sepertinya kerap memberikan kesempatan untuk para pemain muda. Salah satunya yaitu Dane Scarlett yang sempat memecahkan rekor ini. Pemain berkebangsaan Inggris ini lebih dulu tampil bersama tim utama daripada Devine.

Scarlett tampil perdana bersama Spurs pada 26 November 2020. Tepatnya saat The Lilywhites menghadapi Ludogorets di ajang Europa League. Hal itu menjadi pengalaman berharga dalam kariernya karena langsung tampil di kompetisi Eropa. Kesempatan yang diberikan kepadanya tentu saja berkat penampilan apiknya di tim muda Spurs sebagai striker.

3. John Bostock

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Tottenham Hotspur, Ada Rekor Baru!mlssoccer.com/Getty Images

Sebelum dipecahkan kedua pemain tersebut, rekor debutan termuda Tottenham Hotspur sepanjang sejarah dipegang oleh John Bostock. Pemain berkebangsaan Trinidad and Tobago ini menjalani debut bersama The Lilywhites pada 6 November 2008. Saat itu, Bostock membela Tottenham menghadapi Dinamo Zagreb di ajang UEFA Cup atau saat ini Europa League.

Dalam pertandingan tersebut, pemain gelandang ini masih berusia 16 tahun, 9 bulan dan 22 hari. Meskipun demikian, kariernya bersama Spurs tak berjalan mulus karena kerap dipinjamkan hingga hengkang permanen ke Royal Antwerp. Bersama Spurs, pemain yang kini berusia 29 tahun tersebut hanya tampil dalam 4 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pembelian Terbaik Tottenham Hotspur Sepanjang Transfer Musim Dingin

4. Stephen Carr

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Tottenham Hotspur, Ada Rekor Baru!bleacherreport.com/Phil Cole/Getty Images

Jauh sebelum pemain-pemain tersebut, Stephen Carr lebih dulu menjadi pemain termuda yang debut bersama Tottenham Hotspur. Pemain berkebangsaan Irlandia ini menjalani debut pada 26 September 1993. Saat itu Carr membela Tottenham saat berhadapan dengan Ipswich Town di ajang Premier League.

Dalam laga tersebut, pemain berposisi bek kanan ini masih berusia 17 tahun 28 hari. Ia terbilang cukup lama berseragam Spurs hingga akhirnya hengkang ke Newcastle United pada musim 2004/2005. Bersama Tottenham, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2013 itu tampil dalam 250 pertandingan di semua kompetisi dengan catatan 7 gol.

5. Dean Parrett

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Tottenham Hotspur, Ada Rekor Baru!hitc.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Dean Parrett. Pemain berkebangsaan Inggris itu menjalani debut bersama Tottenham Hotspur saat menghadapi Shakhtar Donetsk di ajang UEFA Cup. Pada laga yang digelar 19 Februari 2009 tersebut, Parrett masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 3 hari.

Sebagai salah satu pemain muda bertalenta, kariernya justru terbilang gagal. Parrett tak pernah dikontrak tim utama Spurs dan justru kerap dipinjamkan ke tim lain. Karier seniornya dihabiskan dengan membela klub kasta bawah Liga Inggris. Saat ini, ia berstatus tanpa klub meskipun baru berusia 29 tahun. Parrett sendiri hanya mencatatkan 4 pertandingan bersama tim utama The Lilywhites.

Itulah lima pemain termuda yang debut bersama Tottenham Hotspur sepanjang sejarah. Siapa sangka, jika rekor ini dipecahkan di era Jose Mourinho. Akankah ada rekor baru lagi yang tercipta?

Baca Juga: Kabar Buruk buat Tottenham Hotspur: Harry Kane Cedera!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya