Lika-liku Karier Ademola Lookman, Pahwalan Atalanta di UEL 2023/2024

Pernah gagal di Everton dan RB Leipzig

Ademola Lookman sukses menjadi pahlawan Atalanta pada babak final UEFA Europa League pada 22 Mei 2024. Ia menorehkan trigol atau hattrick dalam kemenangan Atalanta 3-0 atas Bayer Leverkusen. Lookman menjadi pemain pertama yang berasil mencetak hattrick dalam laga final UEL.

Pencapaian ini begitu spesial bagi pemain asal Nigeria itu. Lookman telah melewati perjalanan karier yang begitu sulit sampai akhirnya bisa menjadi pahlawan Atalanta dengan torehan hattrick. Ia bahkan sempat disebut-sebut sebagai pemain buangan setelah gagal di Everton dan RB Leipzig.

Berikut lika-liku karier Ademola Lookman sang pahlawan Atalanta di final Europa League 2023/2024.

1. Minim kesempatan tampil bersama Everton

Lika-liku Karier Ademola Lookman, Pahwalan Atalanta di UEL 2023/2024Ademola Lookman (premierleague.com)

Everton mendatangkan Ademola Lookman dari Charlton Athletic pada bursa transfer musim dingin 2017. Ia kala itu masih berusia 19 tahun dan tampil cukup impresif bersama Charlton dengan torehan 12 gol dan 3 assist dalam 49 pertandingan. Everton berharap Lookman dapat menunjukkan kualitasnya di English Premier League.

Ia awalnya mampu tampil impresif dengan mencetak satu gol dalam laga debutnya ketika Everton menang 4-0 atas Manchester City pada pekan 21 EPL 2016/2017. Namun, Lookman belum bermain sebagai starter secara reguler. Sayangnya, ia jarang mendapat kesempatan tampil ketika Everton mengganti Ronald Koeman dengan Sam Allardyce pada paruh pertama 2017/2018. Everton memutuskan meminjamkannya kepada RB Leipzig pada Januari 2018.

Ia sebenarnya tampil cukup apik bersama RB Leipzig dengan torehan 5 gol dan 4 assist dalam 11 laga di Bundesliga Jerman. Akan tetapi, Lookman tetap tidak mendapat menit bermain secara reguler ketika kembali ke Everton pada musim panas 2018. Everton pun menjualnya kepada RB Leipzig pada Juli 2019.

2. Gagal memenuhi ekspektasi di RB Leipzig

Lika-liku Karier Ademola Lookman, Pahwalan Atalanta di UEL 2023/2024Ademola Lookman (bundesliga.com)

Ademola Lookman bergabung dengan RB Leipzig dengan harapan dapat mendapat menit bermain lebih pada musim panas 2019. Manajemen dan fans Leipzig berharap ia mampu menampilkan permainan impresif seperti saat masih berstatus pemain pinjaman pada paruh kedua 2017/2018. Namun, Lookman kesulitan bersaing di skuad utama Leipzig.

RB Leipzig saat itu memiliki pemain cepat, seperti Timo Werner, Christopher Nkunku, dan Angelino. Lookman lebih sering duduk di bangku cadangan. Pihak Leipzig kemudian memutuskan meminjamkannya kepada Fulham dan Leicester City.

Baca Juga: 5 Pemain Non-Eropa di Skuad Atalanta 2023/2024, Lookman Tajam!

3. Tampil cukup impresif sebagai pemain pinjaman di Fulham dan Leicester City

Lika-liku Karier Ademola Lookman, Pahwalan Atalanta di UEL 2023/2024Ademola Lookman (lcfc.com)

Ademola Lookman menjalani masa peminjaman di Fulham pada 2020/2021. Dilansir situs resmi Premier League, ia mengaku senang kembali ke Inggris bersama Fulham. Lookman tidak sabar bekerja sama dengan manajernya, Scott Parker.

Lookman sebenarnya tampil cukup apik bersama Fulham pada 2020/2021. Ia menorehkan total 4 gol dan 4 assist dalam 34 pertandingan EPL. Sayangnya, torehan Lookman tidak cukup menyelamatkan Fulham dari degradasi pada akhir 2020/2021. Fulham finis di peringkat 18 dengan koleksi 28 poin.

Penampilan apiknya itu ternyata tidak cukup membuat manajer RB Leipzig, Marco Rose, terkesan. Alhasil, ia kembali dipinjamkan kepada klub EPL lainnya, Leicester City. Lookman kembali menunjukkan kapasitasnya sebagai penyerang sayap berkualitas dengan torehan 8 gol dan 5 assist dalam 42 pertandingan di semua kompetisi. Namun, torehan tersebut tidak cukup membuat Leicester City untuk mempermanenkannya. Lookman juga sudah tidak mendapat tempat di skuad utama Leipzig. Ia memutuskan hengkang secara permanen ke Atalanta pada musim panas 2022.

4. Berhasil menampilkan permainan terbaiknya sampai menjadi pahlawan di final Europa League

Lika-liku Karier Ademola Lookman, Pahwalan Atalanta di UEL 2023/2024Ademola Lookman (uefa.com)

Keputusan Ademola Lookman bergabung dengan Atalanta terbukti tepat bagi perkembangan kariernya. Manajer Atalanta, Gian Piero Gasperini, memberikannya kesempatan tampil secara reguler di skuad utama. Ia mampu membayar kepercayaan sang manajer dengan torehan 15 gol dan 8 assist dalam 33 laga di semua kompetisi pada 2022/2023.

Lookman melanjutkan kegemilangannya pada 2023/2024. Ia mampu menorehkan 9 gol dan 6 assist dalam 29 laga di Serie A Italia. Lookman lantas menjadi pahlawan Atalanta di laga final Europa League menghadapi Bayer Leverkusen. Ia mampu mempersembahkan gelar juara pertama Atalanta di kompetisi antarklub Eropa dengan torehan hattrick. Hebatnya lagi, semua golnya tercipta dengan cara yang fantastis lewat aksi individu.

Perjalanan karier Ademola Lookman memang masih panjang. Usianya baru 26 tahun. Namun, lika-liku kariernya di Everton dan RB Leipzig mampu membuatnya menjadi pemain yang lebih baik bersama Atalanta. Berkat penampilan imrpesifnya di laga final Europa League, nilai pasarnya melambung tinggi. Dilansir Transfermarkt, Lookman memiliki nilai transfer sebesar 30 juta euro atau Rp521 miliar. Harga pasarnya diprediksi meningkat jika ia diminati klub-klub besar Eropa.

Baca Juga: Hat-trick Perdana Lookman Bawa Atalanta pada Banyak Hal

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya