Rapor Para Pemain Debutan Man City Musim 2022/2023, Haaland Gemilang!

Para pemain anyar sukses bawa Man City raih treble winners

Manchester City sukses merampungkan musim 2022/2023 dengan pencapaian bersejarah. The Cityzens berhasil merengkuh treble winners dengan menjuarai English Premier League, Piala FA, dan Liga Champions Eropa. Kekuatan dan kedalaman skuad yang dimiliki oleh Manchester City sangatlah superior.

Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kedatangan sejumlah pemain pada bursa transfer musim panas 2022 lalu. Tangan dingin pelatih Pep Guardiola juga berperan besar terhadap kesuksesan tim. Juru taktik asal Spanyol tersebut mampu memaksimalkan pemain yang ada dengan tambahan pemain baru untuk menjadi skuad bintang berprestasi. Mari menilik kiprah para pemain anyar Manchester City di musim debut 2022/2023.

1. Erling Haaland

Rapor Para Pemain Debutan Man City Musim 2022/2023, Haaland Gemilang!Erling Haaland (twitter.com/premierleague)

Erling Haaland menjadi salah satu pembelian sukses Manchester City. Dibeli dari Borussia Dortmund dengan harga 60 juta euro atau sekitar Rp960 miliar, penampilannya sensasional. Penyerang berusia 22 tahun tersebut menjadi momok mengerikan bagi tim lawan berkat kemampuan dan kualitasnya.

Gelontoran 52 gol dan 9 assist dari 53 penampilan adalah bukti ketajamannya. Bomber asal Norwegia tersebut sukses menjadi andalan lini serang The Citizens pada musim 2022/2023. Berkat ketajamannya, Erling Haaland menyabet gelar top scorer di Premier League dengan torehan 36 gol. Selain itu, pencapaian sama juga dibukukan olehnya di Liga Champions melalui 12 gol yang membawa Manchester City meraih trofi Si Kuping Besar pertama kalinya sepanjang sejarah klub.

2. Manuel Akanji

Rapor Para Pemain Debutan Man City Musim 2022/2023, Haaland Gemilang!Manuel Akanji (twitter.com/ManuAkanji)

Peran Manuel Akanji tak begitu disorot di sepanjang musim 2022/2023. Berposisi sebagai bek sentral, ia juga piawai memainkan di posisi kanan maupun kiri lini pertahanan Manchester City. Kejelian manajemen dalam mendatangkan sang pemain patut diacungi jempol.

Manchester City berhasil memboyongnya dari Borussia Dortmund dengan hanya membayar senilai 17,5 juta euro atau sekitar Rp260 miliar. Harga terjangkau tersebut berhasil membuat Manuel Akanji menjadi sosok vital keberhasilan Manchester City musim 2022/2023. Bek asal Swiss ini memainkan 48 pertandingan di lintas kompetisi dengan catatan satu gol dan satu assist

3. Julian Alvarez

Rapor Para Pemain Debutan Man City Musim 2022/2023, Haaland Gemilang!Julian Alvarez (instagram.com/juliaanalvarez)

Julian Alvarez mampu membuktikan bahwa dirinya tak kalah tajam dari Erling Haaland. Sang pemain sejatinya dibeli pada Januari 2022 lalu, tetapi dipinjamkan kembali ke River Plate hingga akhir musim 2021/2022. Ia baru bergabung dengan Manchester City pada awal musim 2022/2023.

Kesuksesannya bersama Timnas Argentina dalam memperoleh trofi Piala Dunia 2022 tak berhenti begitu saja. Kualitasnya juga mampu ditunjukkan saat berseragam Manchester City. Pemain berusia 23 tahun ini sukses membukukan 17 gol dan menghasilkan 5 assist dari 47 pertandingan di semua ajang. 

Baca Juga: 4 Keputusan Guardiola Antar Manchester City Juara Liga Champions

4. Stefan Ortega

Rapor Para Pemain Debutan Man City Musim 2022/2023, Haaland Gemilang!Stefan Ortega (instagram.com/stefan.ortega1)

Stefan Ortega datang secara gratis ke Manchester City usai menyelesaikan kontraknya di klub asal Jerman, Arminia Bielefeld. Meski statusnya sebagai kiper pelapis dari Ederson Moraes, kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Kiper berusia 30 tahun ini berhasil tampil gemilang saat dipercaya turun oleh pelatih Pep Guardiola.

Peran pentingnya begitu terlihat saat menjadi piilhan utama di kompetisi Piala FA. Stefan Ortega mencatatkan lima kali nirbobol dari enam kali bertanding. Penampilan tersebutlah yang membawa Manchester City menjadi kampiun Piala FA. Perannya sebagai kiper pelapis tak membuatnya tampil buruk dan justru menjadi bagian dari pencapaian bersejarah Manchester City pada musim 2022/2023.

5. Kalvin Phillips

Rapor Para Pemain Debutan Man City Musim 2022/2023, Haaland Gemilang!Kalvin Phillips (instagram.com/kalvinphillips)

Kalvin Phillips mengalami musim debut yang kurang gemilang. Diboyong dari Leeds United sebab potensi yang dimilikinya, harga 49 juta euro atau sekitar Rp784 miliar tak mampu dibuktikannya di atas lapangan. Ia hanya sebagai pelapis saja di sepanjang musim 2022/2023 dengan catatan 21 penampilan yang sebagian merupakan pemain pengganti.

Sejumlah faktor menjadi alasan di balik mengapa Kalvin Phillips gagal bersinar di Manchester City. Salah satunya adalah penampilan Rodri yang menjadi jantung lini tengah tim. Kualitasnya membuat Kalvin Phillips kesulitan untuk menggeser peran pentingnya sebagai gelandang bertahan. Kendati demikian, ia masih berkesempatan untuk membuktikannya di musim mendatang. 

6. Sergio Gomez

Rapor Para Pemain Debutan Man City Musim 2022/2023, Haaland Gemilang!Sergio Gomez (twitter.com/ManCityES)

Sergio Gomez dibeli dari Anderlecht oleh Manchester City untuk mengisi pos bek kiri. Sisi tersebut kosong setelah Oleksandr Zinchenko hijrah ke Arsenal. Kehadirannya cukup berkontribusi meski tak banyak mendapatkan kesempatan bermain.

Bek seharga 13 juta euro atau sekitar Rp208 miliar ini hanya bermain sebanyak 23 kali di berbagai ajang. Meski jarang bermain, Sergio Gomez mampu tampil baik saat dipercaya turun. Musim keduanya diprediksi akan menjadi lebih baik sebab usianya yang masih muda dan punya potensi lebih sebagai bek kiri.

Sederet pemain di atas yang direkrut Manchester City pada musim panas 2022 terbukti jitu. Pembelian tepat membuat The Cityzens berprestasi dengan raihan mewah treble winners pada musim 2022/2023. Menarik untuk menantikan bagaimana kiprah mereka di musim baru 2023/2024 mendatang.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik usai Manchester City Juara Liga Champions 

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya