Comscore Tracker

5 Pemain Barcelona Aktif dengan Caps Terbanyak Bersama Timnas

Sebagian besar dicatatkan oleh pemain Spanyol

Barcelona sejak dulu selalu memiliki skuad berisi para pemain top dunia. Salah satu bukti kualitas para penggawa Barca adalah mereka menjadi andalan di timnas negaranya. Khususnya Timnas Spanyol, karena Barcelona memang adalah salah satu klub pemasok pemain terbanyak di Timnas Spanyol.

Selain itu, banyak pemain asing yang membela Barca pun menjadi andalan di negaranya masing-masing. Pada musim 2022/2023, inilah lima pemain Barcelona yang memiliki catatan penampilan (caps) terbanyak bersama timnas. 

1. Sergio Busquets (139 caps)

5 Pemain Barcelona Aktif dengan Caps Terbanyak Bersama TimnasSergio Busquets (instagram.com/5sergiob)

Sergio Busquets adalah penggawa Barcelona yang kini punya caps internasional terbanyak. Busquets debut bersama Barca pada 2008, lalu mulai dipanggil Timnas Spanyol pada tahun berikutnya. Sejauh ini, Busquets masih sering diandalkan Spanyol, dengan catatan 139 caps.

Jumlah tersebut membuat Busquets tercatat sebagai pemain dengan caps terbanyak ketiga bareng La Furia Roja. Bahkan, gelandang berusia 34 tahun ini sudah jadi kapten Timnas Spanyol sejak 2021. Prestasi terbaik Busquets di timnas sejauh ini tentu adalah juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

2. Robert Lewandowski (134 caps)

5 Pemain Barcelona Aktif dengan Caps Terbanyak Bersama TimnasRobert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Robert Lewandowski, sang striker anyar Blaugrana juga termasuk pemain andalan di timnas negaranya. Bahkan, Lewandowski adalah pemain dengan caps sekaligus gol terbanyak bersama Timnas Polandia. Sejauh ini, Lewy telah tampil 134 kali bagi Polandia dan mencetak 76 gol.

Hanya segelintir nama yang punya koleksi gol internasional lebih banyak dari Lewandowski. Karena itu, tak heran jika Polandia sangat membutuhkan sosok Lewandowski. Bahkan, bisa dibilang Polandia amat bergantung dengan Lewandowski, karena mereka tak memiliki pemain lain yang setara dengannya.

Baca Juga: 6 Pemain Barcelona yang Cetak Hattrick di UCL Sebelum Lewandowski

3. Gerard Pique (102 caps)

5 Pemain Barcelona Aktif dengan Caps Terbanyak Bersama TimnasGerard Pique (instagram.com/3gerardpique)

Barcelona juga masih punya Gerard Pique, bek yang pernah sangat diandalkan di klub maupun timnas. Pique memang saat ini tak lagi jadi bek utama Barca, tetapi ia tetap punya kualitas dan pengalaman yang berharga bagi timnya. Bersama Timnas Spanyol, Pique bahkan sudah pensiun sejak 2018.

Selama aktif membela timnas, Pique mencatat total 102 penampilan dan menyumbang 5 gol. Seperti Busquets, ia adalah anggota skuad Timnas Spanyol saat juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Berusia 35 tahun, kontrak Pique bersama Barca akan berakhir pada 2024, lalu kemungkinan ia akan pensiun.

4. Jordi Alba (86 caps)

5 Pemain Barcelona Aktif dengan Caps Terbanyak Bersama TimnasJordi Alba (instagram.com/jordialbaoficial)

Ada pula Jordi Alba, pemain bek kiri yang juga berasal dari Spanyol. Alba mulai membela timnas sejak 2011, sehingga ia masih sempat mengangkat trofi Piala Eropa 2012. Hingga kini, Alba sudah bermain 86 kali bersama timnas dan menyumbang sepuluh gol.

Pada musim 2022/2023 ini, Alba memang sudah mulai lebih sering menjadi pelapis di lini belakang Barcelona. Namun, bersama timnas, kemungkinan besar ia masih akan terus diandalkan. Terbaru, Alba mencetak satu gol saat Spanyol menghadapi Swiss di ajang UEFA Nations League 2022/2023.

5. Memphis Depay (81 caps)

5 Pemain Barcelona Aktif dengan Caps Terbanyak Bersama TimnasMemphis Depay (instagram.com/memphisdepay)

Terakhir, ada Memphis Depay, penyerang atau winger asal Belanda. Ia adalah salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Belanda saat ini. Ia hampir selalu performa saat tampil bersama timnas, hingga sudah mengoleksi 42 gol dan 30 assists dalam 81 caps internasional.

Memphis pun berpeluang merebut status pemain tertajam sepanjang masa Belanda, yang saat ini dipegang Robin van Persie dengan lima puluh gol. Performa Belanda saat dibela Memphis terbilang apik. Kali terakhir ia mengalami kekalahan saat membela timnas adalah pada September 2021 alias setahun lalu.

 

Bersama para pemain berkualitas dan sarat pengalaman di atas, Barcelona mengawali musim 2022/2023 dengan cukup impresif. Bisakah Blaugrana mempertahankan performa hingga akhir musim nanti demi meraih trofi?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Barcelona dengan Penampilan UCL Terbanyak

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya