Sebelum Mane, 5 Striker Senegal yang Pernah Membela Klub Bundesliga

Ada yang juga pernah bermain di Premier League

Kepindahan Sadio Mane ke Bayern Munich adalah salah satu transfer paling menarik perhatian pada musim panas 2022. Setelah sukses bersama Liverpool, Mane diprediksi juga bisa bersinar dengan Bayern Munich. Striker Senegal itu bahkan langsung mencetak gol pada debut tak resmi bersama Bayern Munich.

Mane sendiri ternyata bukan striker asal Senegal pertama yang pernah membela klub Bundesliga Jerman. Ada beberapa nama yang sudah mendahuluinya di masa lalu. Siapa saja mereka dan bagaimana performa mereka selama bermain di Jerman? Berikut ini ulasannya.

1. Demba Ba

Sebelum Mane, 5 Striker Senegal yang Pernah Membela Klub BundesligaDemba Ba (tsg-hoffenheim.de)

Demba Ba adalah striker Senegal yang terkenal pernah membela Newcastle United dan Chelsea. Namun, sebelum itu Demba Ba juga pernah bermain di Bundesliga Jerman. Ia membela TSG 1899 Hoffenheim pada 2007–2011. Ba mulai membela Hoffenheim saat masih bermain di divisi kedua, baru kemudian promosi.

Bersama Hoffenheim, catatan gol Ba cukup apik. Ia bermain 104 kali di semua ajang dan menciptakan 40 gol. Performa itulah yang akhirnya membuat ia menarik perhatian klub-klub Inggris. Saat ini, Ba sudah gantung sepatu setelah terakhir membela FC Lugano di Liga Swiss.

2. Papiss Cisse

Sebelum Mane, 5 Striker Senegal yang Pernah Membela Klub BundesligaPapiss Cisse (skysports.com)

Papiss Cisse juga pernah bermain di Premier League bersama Newcastle United. Sama seperti Demba Ba, Cisse pun lebih dulu bersinar kala bermain di Bundesliga Jerman. Ia membela SC Freiburg pada 2010–2012 dan mencatat statistik yang cukup memukau, yaitu 39 gol dalam 67 penampilan.

Cisse bahkan sempat bersaing jadi top skor Bundesliga pada 2010/2011 berkat torehan 22 gol. Setelah tampil tajam di Jerman, barulah Cisse diboyong Newcastle dan mencetak cukup banyak gol bagi mereka. Saat ini, Cisse yang berusia 37 tahun masih aktif bermain, tetapi sedang berstatus tanpa klub.

Baca Juga: 6 Stadion Klub Sepak Bola Paling Ramah Lingkungan di Dunia

3. Mame Biram Diouf

Sebelum Mane, 5 Striker Senegal yang Pernah Membela Klub BundesligaMame Biram Diouf (skysports.com)

Sementara, Mame Biram Diouf pernah bermain di Premier League bersama Manchester United. Namun, Diouf tak dapat banyak kesempatan bermain sehingga hanya tampil 9 kali dalam 3 musim. Gagal bersama United, Diouf pun mencoba peruntungan di Bundesliga dengan membela Hannover 96.

Bersama Hannover, barulah Diouf bisa menunjukkan kualitasnya. Ia membela Hannover selama 2,5 musim dan mencetak 35 gol dalam 71 penampilan di semua ajang. Ia juga sempat jadi top skor Hannover pada musim 2012/2013. Saat ini, Diouf baru saja dilepas Hatayspor dan masih belum mendapat klub baru.

4. Baye Djiby Fall

Sebelum Mane, 5 Striker Senegal yang Pernah Membela Klub BundesligaBaye Djiby Fall (vg.no)

Baye Djiby Fall atau biasa disebut Djiby adalah striker asal Senegal yang kariernya tidak begitu menonjol. Djiby lebih banyak bermain di liga-liga Eropa yang tidak ternama. Namun, Djiby juga sempat bermain di Bundesliga Jerman, tepatnya pada 2012/2013 bersama Greuther Furth.

Sayangnya, setelah tampil dalam dua laga pembuka Bundesliga 2012/2013, Djiby terkena beberapa cedera yang membuatnya absen lama. Djiby pun tidak mencatat penampilan tambahan bersama Furth hingga akhir musim. Furth sendiri terdegradasi pada akhir musim tersebut, lalu Djiby hengkang ke klub lain.

5. Babacar Gueye

Sebelum Mane, 5 Striker Senegal yang Pernah Membela Klub BundesligaBabacar Gueye (instagram.com/babacarg9)

Satu lagi striker asal Senegal yang pernah bermain di Bundesliga Jerman adalah Babacar Gueye. Gueye main di Bundesliga pada musim 2019/2020 bersama SC Paderborn. Paderborn saat itu baru promosi ke Bundesliga, dan Gueye adalah bagian dari skuad yang membawa mereka naik kasta.

Namun, Gueye hanya bertahan setengah musim bersama Paderborn pada 2019/2020. Ia pun hanya bermain tiga kali di Bundesliga tanpa mencetak gol. Saat ini, Gueye masih aktif bermain tetapi sedang berstatus tanpa klub setelah terakhir membela Kocaelispor di Liga Turki.


Lima striker asal Senegal di atas mengalami nasib yang beragam kala bermain di Bundesliga Jerman. Ada yang sukses tampil tajam, ada pula yang malah jarang bermain. Sadio Mane yang baru bergabung dengan Bayern pasti diunggulkan untuk bisa menjadi seperti golongan yang pertama.

Baca Juga: 5 Rekor Penjualan Pemain Bundesliga Termahal, Deretan Bintang!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya