Virgil van Dijk: Liverpool Tak Layak Jadi Juara Premier League  

Liverpool harus segera bangkit

Kapten Liverpool, Virgil van Dijk, menyebut klubnya tak layak jadi juara English Premier League 2023/2024. Pernyataan tersebut ia utarakan usai Liverpool mengalami kekalahan dari Everton di laga pekan ke-29 Premier League yang dihelat di Stadion Goodison Park, Kamis (25/4/2024) dini hari. Kala itu, The Reds kandas memilukan di tangan The Seagulls dengan skor telak 0-2. Itu merupakan kekalahan perdana Liverpool dari Everton sejak 2010 lalu.

"Di pertandingan seperti ini, minimal yang harus kita lakukan adalah bertarung (sebaik mungkin). Kita kekurangan hal itu di begitu banyak momen dalam pertandingan ini. Jika kamu bermain seperti yang kita lakukan, jelas bahkan jika kita menciptakan 2 atau 3 peluang, kamu tidak layak untuk memenangkan liga,” ujar Virgil Van Dijk selepas pertandingan, seperti dilansir The Guardian.

1. Virgil van Dijk tidak bisa menerima kekalahan Liverpool atas Everton

Virgil van Dijk: Liverpool Tak Layak Jadi Juara Premier League  Virgil van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Lebih lanjut, Virgil van Dijk mengatakan bahwa dirinya tak bisa menerima kekalahan Liverpool atas Everton. Sebab, Van Dijk beserta seluruh tim telah mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum laga berlangsung. Sayangnya, kenyataan justru berkata lain. 

"Kami telah berdiskusi dengan tim dan semua orang setuju. Namun, pada hari pertandingan, itulah yang menjadi penentu. Ini adalah malam yang mengecewakan bagi kita semua dan kita harus melihat diri kita sendiri. Kita tidak bisa menerima ini. Kita harus memutarbalikkan (keadaan) dan menyelesaikan sebanyak mungkin yang kita bisa,” ungkap Van Dijk.

Baca Juga: 5 Pemain Feyenoord yang Bisa Dibawa Arne Slot jika Melatih Liverpool

2. Virgil van Dijk ingin Liverpool segera bangkit dan tidak saling menyalahkan

Virgil van Dijk: Liverpool Tak Layak Jadi Juara Premier League  Virgil van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Usai kandas di tangan Everton, Virgil van Dijk ingin Liverpool segera bangkit. Ia mengatakan seluruh anggota tim harus menjadikan kekalahan memalukan tersebut sebagai bahan pelajaran. Selain itu, Van Dijk juga berpesan kepada seluruh pemain Liverpool agar selalu kompak dan tak saling menyalahkan satu sama lain. 

"(Kekalahan) ini adalah kombinasi dari segala hal. Kamu tidak bisa menunjuk (pada) satu hal saja. Ini adalah tentang kepercayaan diri, kurang pengalaman, tantangan, dan mungkin ketakutan untuk membuat kesalahan pada musim ini. Aku tidak tahu. Namun, kita harus bersatu. Sebab, kita tidak bisa memiliki tim yang saling menyalahkan satu sama lain," tambah Van Dijk.

3. Kans Liverpool untuk meraih titel juara Premier League 2023/2024 terancam

Virgil van Dijk: Liverpool Tak Layak Jadi Juara Premier League  Virgil van Dijk (tengah) (instagram.com/virgilvandijk)

Usai kandas di tangan Everton, kans Liverpool untuk merebut titel juara Premier League 2023/2024 juga terancam. Sebab, imbas kekalahan tersebut, The Red kini bercokol di peringkat ke-2 di klasemen sementara dengan total 74 poin per 25 April 2024. Mereka tertinggal 3 poin dari Arsenal yang berada di puncak klasemen. 

Jarak poin antara Liverpool dan Manchester City juga tak berbeda jauh, yakni hanya berselisih satu angka. Manchester City kini berada di peringkat ke-3 dengan total 73 poin per 25 April 2024. Hal itu membuat The Citizen bisa dengan mudah mengejar ketertinggalannya dari The Reds. 

Oleh karena itu, sebagai kapten kesebelasan, Virgil van Dijk berambisi untuk memenangi pertandingan selanjutnya. Terdekat, Liverpool akan bersua West Ham United di laga pekan ke-35 Premier League 2023/2024. Pertandingan tersebut akan dihelat di Stadion London, Sabtu (27/4/2024) sore WIB.

"Aku telah melalui banyak hal dalam hidup dan aku akan bangkit untuk mengangkat tim. Itu tanggung jawab yang aku miliki. Semuanya akan baik-baik saja. Pada Kamis ini, kita akan kembali (ke lapangan latihan). Sebab, kita memiliki pertemuan melawan West Ham (United),” kata Van Dijk dilansir Daily Mail.

Virgil van Dijk beserta pemain Liverpool lainnya harus bekerja ekstra keras untuk mengalahkan West Ham United pada Sabtu. Hal ini wajib mereka lakukan jika ingin kans merebut titel juara English Premier League 2023/2024 kembali menyala. Jika kalah lagi, besar kemungkinan Liverpool akan tersalip Manchester City di klasemen sehingga kans mereka untuk menjadi juara Premier League musim ini kain menipis.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dapat Direkrut Liverpool untuk menggantikan Van Dijk

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa Hubungan Internasional yang senang menulis seputar politik dan olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya