Comscore Tracker

5 Stadion Terbesar di Asia, GBK Salah Satunya!

Bahkan kapasitasnya ada yang melebihi Camp Nou lho!

Banyak hal dari sepak bola yang menarik untuk diulas. Selain jumlah trofi dan militansi suporter, stadion merupakan kebanggan tersendiri bagi tiap klub dan negara. Negara Asia saat ini cukup diperhitungkan kualitasnya karena beberapa memberikan kejutan di pentas internasional.

Untuk stadion, benua Asia memilki banyak stadion yang kemegahan dan fasilitasnya dapat bersaing dengan stadion di Benua Biru. Penasaran apa saja stadion tersebut? Yuk, simak selengkapnya!

1. Rungrado 1st of May Stadium - Korea Utara

5 Stadion Terbesar di Asia, GBK Salah Satunya!stadiumdb.com

Terletak di Pyongyang, Korea Utara, Rungrado 1st of May Stadium tidak hanya menyandang status sebagai yang terbesar di Asia, tapi juga di dunia. Tak tanggung-tanggung, stadion yang berdiri di atas area seluas 20,7 hektare ini diklaim mampu menampung 114.000 penonton.

Jumlah yang mengalahkan stadion elit Eropa macam Camp Nou dan Wembley milik timnas Inggris. Pertama kali diresmikan pada 1 Mei 1989, stadion ini beberapa kali menjadi tempat perhelatan Arirang Mass Games, festival senam, dan artistik massal terkenal di Korea Utara.

2. Stadion Nasional Bukit Jalil - Malaysia

5 Stadion Terbesar di Asia, GBK Salah Satunya!goal.com

Stadion Nasional Bukit Jalil mungkin menjadi salah satu stadion yang akan terus diingat oleh pecinta sepak bola Indonesia. Bagaimana tidak, pada tahun 2010, timnas Indonesia dihajar tim Harimau Malaya dengan skor telak 3-0 pada leg pertama final AFF Cup 2010. Sebuah hasil yang membuat langkah timnas Garuda menjadi sangat berat untuk meraih juara.

Stadion Nasional Bukit Jalil berada di Kuala Lumpur, Malaysia dengan kapasitas 87.411 penonton. Saat ini, timnas Malaysia menggunakan stadion ini sebagai homeground untuk event internasional setelah sebelumnya menggunakan Stadion Shah Alam.

Baca Juga: Stadion Indah di Albania, Berhias Gedung Pencakar Langit

3. Stadion Azadi - Iran

5 Stadion Terbesar di Asia, GBK Salah Satunya!tehrantimes.com

Stadion Azadi terletak di ibu kota Iran, Teheran. Stadion ini menjadi tempat tim raksasa Asia, Iran untuk bertanding pada level internasional.

Tak hanya itu, klub lokal Esteghlal FC juga menggunakan stadion ini. Stadion Azadi pertama kali dibuka pada 18 Oktober 1973 dengan kapasitas total mencapai 84.412 kursi penonton.

4. Stadion Utama Gelora Bung Karno - Indonesia

5 Stadion Terbesar di Asia, GBK Salah Satunya!indianexpress.com

SUGBK merupakan stadion terbesar dan terbaik di Indonesia. Diresmikan pada 1962, SUGBK terakhir kali mengalami renovasi pada 2018 lalu menjelang perhelatan Asian Games 2018. Stadion yang terletak di Jakarta ini menjadi langganan timnas Indonesia menjamu lawan-lawannya.

Selain itu, klub ibu kota Persija Jakarta juga menggunakan SUGBK untuk mengarungi Liga 1. SUGBK telah memenuhi standar FIFA dengan kapasitas total mencapai 80.000 ribu kursi.

5. Shanghai Stadium - China

5 Stadion Terbesar di Asia, GBK Salah Satunya!stadiumguide.com

Terletak di salah satu kota dengan tingkat kepadatan tertinggi di dunia yaitu Shanghai, stadion ini pertama kali dibuka pada 1997. Kualitas Shanghai Stadium tak perlu diragukan lagi.

Kualitas rumput maupun lampu stadion telah memenuhi standar FIFA. Bahkan, klub kaya raya Shanghai SIPG yang diperkuat mantan bintang timnas Brazil, Oscar dos Santos sempat menggunakan stadion ini untuk mengarungi Chinese Super League. Shanghai Stadium diklaim mampu menampung 80.000 penonton.

 

Itulah lima stadion terbesar di Asia. Tak hanya megah, stadion tersebut juga telah memenuhi standar FIFA sehingga dapat digunakan sebagai venue turnamen internasional. Dari lima stadion tersebut, mana yang merupakan favoritmu?

Baca Juga: Sejarah Stadion Gelora Bung Karno, Istana Megah Indonesia!

Wildan Imaduddin Photo Writer Wildan Imaduddin

Seorang Pembelajar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya