Comscore Tracker

Rilis 2022, Ini 7 Bocoran Spesifikasi dan Harga iPhone 14

Dikabarkan akan membawa banyak perubahan

Apple baru saja merilis seri iPhone 13 akhir tahun 2021 lalu, namun kini sudah ada banyak bocoran informasi dan rumor mengenai penerusnya yaitu seri iPhone 14. Gercep banget, ya?

Bocoran info sejauh ini menyebut bahwa iPhone 14 akan punya desain lebih elegan, chipset lebih mumpuni, kamera utama baru yang lebih tajam dan kembalinya salah satu fitur yang sempat hilang bertahun-tahun di iPhone. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Desain

Rilis 2022, Ini 7 Bocoran Spesifikasi dan Harga iPhone 14ilustrasi desain iPhone 14 (macrumors.com)

Menurut salah satu leaker paling kredibel yaitu Jon Prosser, seri iPhone 14 akan mengusung desain perpaduan iPhone 12 dengan iPhone 4. Desain body samping yang flat masih akan dipertahankan namun kini dengan sepanjang tombol volume berbentuk lingkaran, seperti yang ada di iPhone 4.

Selain itu, sisi body samping seri iPhone 14 juga dikabarkan akan terbuat dari titanium sehingga membuatnya lebih kokoh dari seri sebelumnya, sementara sisi body belakang masih akan mempertahankan desain lapis kaca yang elegan. Bagaimana pun tampilan seri iPhone 14 nantinya, yang pasti akan punya perbedaan yang signifikan dengan seri iPhone 13.

2. Layar

Rilis 2022, Ini 7 Bocoran Spesifikasi dan Harga iPhone 14ilustrasi iPhone 14 (br.atsit.in)

Kabar teranyar mengatakan jika varian mini pada seri iPhone 14 ditiadakan dan diganti dengan varian Max. Jadi, seri iPhone 14 nantinya akan terdiri dari varian reguler dan Pro yang punya layar 6,1 inci, serta varian Max dan Pro Max dengan layar 6,7 inci.

Di samping itu, berbeda dengan seri iPhone 13 yang hanya memberi refresh rate 120Hz pada varian Pro dan Pro Max, semua varian di seri iPhone 14 disebut-sebut akan mendukung refresh rate 120Hz. Yang menarik, Apple dikabarkan akan mengembalikan Touch ID yang tertanam di bawah layar, disamping menghilangkan notch dan menggantikan dengan punch-hole berbentuk pil.

3. Spesifikasi

Rilis 2022, Ini 7 Bocoran Spesifikasi dan Harga iPhone 14ilustrasi iPhone 14 (screenrant.com)

Hampir bisa dipastikan jika Apple bakal menggunakan A16 Bionic untuk seri iPhone 14 mendatang. A16 Bionic diharapkan punya performa lebih baik dari A15 Bionic pada seri iPhone 13 dan disebut-sebut akan mengusung fabrikasi 4nm.

Selain itu, Apple juga kemungkinkan akan menyertakan modem 5G buatan sendiri, menyusul akuisisi bisnis modem Intel pada pertengahan 2019 silam. Untuk lain-lain, A16 Bionic diperkirakan bakal ditemani oleh RAM 8GB untuk semua varian, di samping penyimpanan mulai dari 128GB hingga 1TB. Namun ada juga rumor yang menyebut jika Apple akan memperkenalkan model dengan penyimpanan 2TB.

Baca Juga: 7 Perbedaan Utama HP Android dan iPhone, Mau Pindah?

4. Kamera

Rilis 2022, Ini 7 Bocoran Spesifikasi dan Harga iPhone 14ilustrasi iPhone 14 (tomsguide.com)

Laporan dari analis Apple – Ming-Chi Kuo menyebut bahwa seri iPhone 14 akan mengemas kamera utama 48MP, naik jauh dari 12MP di seri iPhone 13 tahun lalu. Konfigurasi kamera masih akan sama dengan varian Pro dan Pro Max, masih akan juga dibekali dengan kamera telephoto dan ultra-wide.

Jika rumor terkait varian Max benar, maka bisa jadi varian Pro hanya akan punya dua kamera belakang seperti varian reguler. Apple sendiri tak lama ini diketahui mengembangkan kamera telephoto periscope seperti yang ada di Samsung Galaxy S21 Ultra, namun kecil kemungkinannya jika kamera itu akan diadopsi oleh seri iPhone 14.

5. Software

Rilis 2022, Ini 7 Bocoran Spesifikasi dan Harga iPhone 14ilustrasi iOS 16 (macrumors.com)

Dengan asumsi bahwa Apple masih akan terus mempertahankan kebiasaan mereka dalam bertahun-tahun terakhir, maka seri iPhone 14 hampir bisa dipastikan akan diluncurkan dengan iOS versi terbaru. iOS terbaru saat ini adalah iOS 15, maka iOS 16 yang akan dibawa seri iPhone 14 kemungkinan besar adalah iOS 16.

Sejauh ini tidak ada yang banyak diketahui terkait iOS 16 selain fakta bahwa Apple sepertinya baru akan mengumumkannya pada Juni 2022 mendatang, lewat konferensi tahunan. Diharapkan iOS 16 nantinya akan membawa banyak peningkatan dari iOS 15 baik dari segi visual UI yang lebih segar maupun fitur yang lebih canggih dan lengkap.

6. Port

Rilis 2022, Ini 7 Bocoran Spesifikasi dan Harga iPhone 14ilustrasi port USB-C (aroged.com)

Apple terbilang “bandel” karena hingga kini masih mempertahankan port Lightning pada lini iPhone mereka. Akan tetapi, rumor terbaru mengatakan bahwa Apple akan membuang port Lightning pada seri iPhone 14 dan menggantinya dengan port USB-C yang lebih universal.

Jika memang rumor ini berakhir benar, maka itu masuk akal, mengingat Uni Eropa mendesak brand smartphone untuk mengadopsi USB-C sebagai standar sebelum 2024. Semoga saja rumor ini berujung kenyataan, terlebih Apple sendiri dalam beberapa tahun terakhir sudah terbuka dengan USB-C, salah satunya dengan membawanya ke iPad dan MacBook.

7. Tanggal rilis dan harga

Rilis 2022, Ini 7 Bocoran Spesifikasi dan Harga iPhone 14ilustrasi uang (microsoft.com)

Sejauh ini sangat minim informasi mengenai kapan seri iPhone 14 bakal dirilis, tapi yang pasti, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, seri iPhone 14 bakal diumumkan pada September mendatang. Meski belum dikonfirmasi, hampir bisa dipastikan jika jadwal pengumuman itu akurat. Untuk harga, berbeda dengan jadwal pengumuman, agak sulit untuk ditebak.

Namun, salah satu leaker – LeaksApplePro, mengklaim bahwa Apple akan menaikkan harga varian Pro dan Pro Max masing-masing menjadi US$1,099 (Rp15,7 juta) dan US$1,199 (Rp17,1 juta). Sementara itu, varian reguler masih akan sama yaitu di harga US$799 (Rp11,4 juta).

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa bocoran info yang diketahui sejauh ini tentang seri iPhone 14. Untuk kamu sendiri, apa yang kamu inginkan untuk hadir di seri iPhone 14 nantinya?

Baca Juga: 7 Fitur Unggulan iPhone yang Belum Ada di Android

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya