Comscore Tracker

7 Perangkat Rumah Pintar Terbaik, Bikin Rumah Jadi Canggih

Serba otomatis!

Perangkat rumah pintar menjadi sangat populer saat ini, entah itu smart display atau smart security camera. Harga yang dipatok untuk perangkat cerdas seperti itu menjadi lebih terjangkau saat ini, dan cara penggunaannya juga lebih mudah.

Selain itu, banyak di antaranya juga dapat dikendalikan via HP dengan perintah suara, seperti mematikan/menyalakan lampu, menyetel lagu, membacakan berita dan memberi tahu informasi mengenai cuaca. Untuk kamu yang mungkin tertarik mengubah rumah kamu menjadi lebih canggih dan “cerdas”, berikut beberapa perangkat rumah pintar terbaik untuk dibeli.

1. Samsung SmartThings Hub

7 Perangkat Rumah Pintar Terbaik, Bikin Rumah Jadi Canggihtomsguide.com

Banyak perangkat rumah pintar membutuhkan hub untuk bisa bekerja dengan sempurna. SmartThings Hub dari Samsung menjadi salah satu hub, yang baru-baru ini menghadirkan generasi ketiga. Hub unggulan itu dapat mengendalikan berbagai perangkat rumah pintar secara langsung seperti bohlam pintar, kamera dan kunci.

Selain itu, Samsung juga menjual beberapa produk add-on SmartThings untuk membantu pengguna meningkatkan pengalaman rumah pintar, termasuk sensor gerakan untuk lampu dan kamera, steker pintar untuk lampu dan banyak lagi.

2. Amazon Echo 4th Gen

7 Perangkat Rumah Pintar Terbaik, Bikin Rumah Jadi Canggiht3.com

Untuk harga yang dibanderol, generasi keempat dari Amazon Echo jadi yang terbaik. Speaker berbasis Alexa ini memiliki woofer berukuran 3 inci dan sepasang tweeter 0,8 inci untuk kualitas audio yang solid. Ini juga dibekali dengan sejumlah mikrofon yang didesain untuk tetap bisa menangkap perintah suara dari jarak 9 meter dan di ruangan yang berisik.

Alexa yang jadi asisten pintar utama juga mendukung banyak perangkat rumah pintar dan Echo dapat mengoneksikan semuanya untuk mengubah rumah pengguna menjadi rumah pintar. Di luar itu, Echo tetap bisa digunakan untuk hal-hal dasar seperti menyetel lagu, memberi informasi berita atau cuaca dan bermain trivia.

3. Google Nest Hub

7 Perangkat Rumah Pintar Terbaik, Bikin Rumah Jadi Canggihcnet.com

Google Nest Hub – atau yang sebelumnya bernama Google Home Hub – merupakan smart display terbaik yang bisa dibeli saat ini. Smart display kece ini memiliki layar 7 inci dengan resolusi 1,024 x 600 yang nampak sempurna ketika diletakkan di kamar tidur atau dapur. Yang menarik dari Nest Hub adalah informasi yang diberi sangatlah lengkap.

Tidak hanya suara, ketika pengguna meminta hal seperti informasi cuaca, Nest Hub juga akan menampilkan detail ekstra seperti video. Hal yang sama juga berlaku ketika meminta informasi berita. Selain itu, Nest Hub juga dapat digunakan sebagai bingkai foto, alarm dan alat untuk menampilkan step-by-step memasak di YouTube.

Baca Juga: Haruskah Mematikan TV dan Perangkat Elektronik saat Hujan Petir?

4. LIFX Smart LED Light Bulb

7 Perangkat Rumah Pintar Terbaik, Bikin Rumah Jadi Canggihtechradar.com

Bohlam berevolusi menjadi tidak hanya lampu penerangan biasa, namun lampu canggih yang bisa dikontrol dari jauh. LIFX Smart LED Light Bulb merupakan satu dari beberapa bohlam pintar terbaik yang mudah digunakan karena tidak membutuhkan perangkat tambahan seperti hub untuk bisa beroperasi.

Selain warna putih terang, bohlam keren ini juga bisa diganti warna menjadi salah satu dari 16 juta warna yang tersedia. Plus, membuat jadwal untuk aktif/nonaktif secara otomatis juga bisa dilakukan pada bohlam futuristik yang dikenal dengan reproduksi warna dan build-quality yang baik ini.

5. TP-Link Smart Plug Mini

7 Perangkat Rumah Pintar Terbaik, Bikin Rumah Jadi Canggihtechregular.net

Salah satu hal menarik dari steker pintar seperti TP-Link Smart Plug Mini adalah fakta bahwa ini bisa digunakan untuk semua jenis perangkat elektronik. Plus, ini tidak memerlukan hub tambahan seperti Samsung SmartThings Hub untuk bisa bekerja. Ketika aktif, steker cerdas ini bisa dinyalakan atau dimatikan melalui aplikasi atau smart speaker seperti Google Home dan Amazon Echo.

Salah satu fitur yang diusung aplikasi bawaan dari steker pintar ini adalah penjadwalan otomatis untuk perangkat yang tercolok. Desain compact yang dibawa steker menarik ini membuatnya terlihat sederhana dan tidak memakan tempat ketika dicolokkan ke steker dengan dua lubang.

6. August Smart Lock Pro

7 Perangkat Rumah Pintar Terbaik, Bikin Rumah Jadi Canggihtechradar.com

Salah satu keuntungan perangkat rumah pintar adalah keamanan yang terjamin. Salah satu produk keamanan terbaik dari kategori ini adalah August Smart Lock Pro. Kunci pintu pintar ini tidak hanya membuat aktivitas masuk dan keluar ruangan menjadi lebih mudah, tapi juga lebih aman. August bahkan menambahkan dukungan Wi-Fi ke generasi terbarunya.

Lewat perangkat canggih ini, pengguna bisa mengunci dan membuka kunci pintu dari mana pun melalui aplikasi, dan mengatur siapa saja yang bisa mengatur pintu secara remote. Jika pengguna memiliki speaker pintar seperti Amazon Echo, pengguna juga bisa menggunakan Alexa untuk mengendalikan pintu via suara.

7. Arlo Pro 3

7 Perangkat Rumah Pintar Terbaik, Bikin Rumah Jadi Canggihdigitaltrends.com

Untuk keamanan ekstra, selain kunci rumah pintar, dibutuhkan juga kamera CCTV wireless yang bisa diletakkan di mana saja. Menjawab kebutuhan ini, Arlo meluncurkan Arlo Pro 3 – kamera wireless yang dirancang untuk bisa digunakan di luar maupun di dalam rumah. Ini dilengkapi dengan fitur night vision dan audio dua arah untuk menakuti orang asing yang mencurigakan.

Jika itu masih kurang, Arlo Pro 3 juga memiliki lampu sorot bawaan yang dapat menyala di malam hari. Untuk pemantauan, pengguna dapat melihat video langsung dengan kualitas 2K HDR. Keunggulan lain dari Arlo Pro 3 adalah baterai yang bisa bertahan hingga tiga sampai enam bulan dalam satu kali pengisian daya.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi perangkat rumah pintar terbaik untuk buat rumahmu menjadi lebih canggih. Untuk bisa memaksimalkan penggunaan perangkat canggih di atas, ada baiknya untuk telah memasang Wi-Fi di rumah.

Baca Juga: 7 Perangkat untuk Buat Musik dari Rumah, seperti Billie Eilish

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya