Comscore Tracker

5 Aplikasi yang Berguna untuk Menjaga Fokus Supaya Tidak Mudah Buyar

Fokus tetap terjaga, produktivitas pun jadi meningkat

Ketika kita melakukan suatu hal seperti belajar dan bekerja, kita perlu memiliki fokus yang tinggi agar hasilnya bisa maksimal dan cepat selesai. Kadang, fokus kita bisa terdistraksi hanya karena melihat ada notifikasi yang muncul di layar smartphone kita. Padahal, kita sudah berusaha mencari tempat yang tenang dan jauh dari keramaian.

Eits, ternyata kita dapat menjaga fokus kita dengan cara yang cukup menyenangkan, lho. Di era yang serba digital seperti sekarang, sudah banyak aplikasi yang dapat dengan mudah kita manfaatkan untuk menjaga fokus kita. Berikut lima aplikasi yang bisa kamu coba supaya fokus kamu tidak mudah buyar. Yuk, simak!

1. Focus To-Do

5 Aplikasi yang Berguna untuk Menjaga Fokus Supaya Tidak Mudah BuyarFocus To-Do (dok. Pomodoro Timer and To Do List-SuperElement Soft/Focus To-Do: Pomodoro Timer and To Do List)

Focus To-Do dapat kita gunakan sebagai pomodoro timer yang akan membantu kita untuk tetap fokus dalam durasi waktu tertentu. Menariknya, banyaknya waktu yang kita habiskan untuk fokus akan menghasilkan sinar matahari yang berguna untuk menumbuhkan tanaman di aplikasi ini. Dengan begitu, tanpa sadar kita akan tertantang dan termotivasi untuk tetap fokus.

Selain itu, ada juga fitur-fitur menarik lainnya. Ada fitur yang dapat kita gunakan untuk memblokir sementara aplikasi yang dapat mengganggu fokus kita. Selain itu, kita juga bisa membuat to-do list di aplikasi ini. Kita dapat dengan mudah membuat jadwal kegiatan kita, daftar tugas apa saja yang harus diselesaikan, dan membuat pengingat agar kita tidak lupa untuk mengerjakannya. 

2. FLIP

5 Aplikasi yang Berguna untuk Menjaga Fokus Supaya Tidak Mudah BuyarFLIP (dok. RinaSoft/FLIP-Waktu fokus untuk belajar)

FLIP dapat membantu kita lebih fokus ketika belajar, membaca, dan melakukan aktivitas lainnya yang membutuhkan konsentrasi. Pada aplikasi ini kita bisa menggunakan timer yang juga berfungsi sebagai pengukur tingkat fokus kita. Ketika kita membuka aplikasi lain untuk menyelesaikan pekerjaan kita, timer akan berubah menjadi tampilan layar mini.

Pada aplikasi ini kita bisa memasukkan jadwal kegiatan kita, mulai dari jadwal sekolah hingga jadwal pekerjaan yang harus kita kerjakan. Setiap harinya, kita dapat melihat laporan harian perkembangan fokus kita yang telah dirangkum oleh aplikasi ini.

 

3. Study Bunny

5 Aplikasi yang Berguna untuk Menjaga Fokus Supaya Tidak Mudah BuyarStudy Bunny (dok. SuperByte/Study Bunny: Focus Timer)

Study Bunny cocok digunakan untuk meningkatkan fokus kita ketika sedang belajar. Aplikasi ini mengajak kita untuk fokus belajar dengan cara yang menyenangkan. Uniknya, di aplikasi ini kita akan mendapatkan koin sebagai bayaran ketika kita telah berhasil fokus belajar dalam durasi waktu tertentu.

Ketika kita kehilangan fokus, kita dapat menjeda timer selama beberapa menit. Namun, saat menjeda tidak boleh lebih dari tujuh menit agar bayaran koin kita tidak hilang. Koin-koin ini dapat kita gunakan untuk membelikan bunny kita barang-barang di aplikasi ini. Secara tidak langsung, hal tersebut ternyata memotivasi kita untuk tetap fokus belajar, lho.

4. Forest

5 Aplikasi yang Berguna untuk Menjaga Fokus Supaya Tidak Mudah BuyarForest (dok. Seekrtech/Forest: Menjaga tetap fokus)

Forest cocok untuk kamu yang kecanduan ponsel dan mudah terditraksi oleh notifikasi dari aplikasi yang tiba-tiba muncul di layar ponsel kamu ketika sedang ingin fokus melakukan sesuatu. Aplikasi ini akan menyenyapkan sementara panggilan telepon dan pesan yang masuk di ponsel kita dalam durasi waktu tertentu.

Secara menarik, fokus kita dalam melakukan suatu hal akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup satu pohon yang kita tanam di aplikasi ini. Ketika kita berhasil fokus sampai pekerjaan kita selesai, pohon ini akan tetap hidup dan tumbuh. Namun jika kita tidak bisa menahan godaan untuk menggunakan ponsel membuka aplikasi lainnya, pohon tersebut akan mati.

5. Focus Plant

5 Aplikasi yang Berguna untuk Menjaga Fokus Supaya Tidak Mudah BuyarFocus Plant (dok. Shikudo-Walking and Focus Games/Focus Plant-Pomodoro study timer to grow forest)

Focus Plant membantu kita meningkatkan fokus dalam melakukan suatu hal sehingga kita menjadi lebih produktif. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu kita untuk mengurangi tingkat kecanduan ponsel. Ketika kita berhasil melepaskan ponsel dari tangan kita dan mulai fokus mengerjakan suatu hal, waktu yang telah di hitung oleh timer akan menghasilkan tetesan air hujan di aplikasi ini.

Tetesan air tersebut dapat kita gunakan untuk menumbuhkan berbagai macam tanaman unik yang ada di aplikasi ini. Dengan begitu semakin banyak waktu yang kita gunakan untuk fokus melakukan suatu hal, semakin banyak pula jenis tanaman yang akan kita tanam.

Itulah lima aplikasi yang berguna untuk meningkatkan fokus kita dalam melakukan suatu hal agar tidak mudah buyar. Dengan banyaknya media sosial yang dapat dengan mudah kita akses, sering kali fokus kita mudah terditraksi. Namun, ternyata kita tetap bisa menjaga fokus kita dengan cara yang menyenangkan dengan aplikasi-aplikasi di atas yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Aplikasi Android untuk Menambah Followers Instagram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya