Comscore Tracker

Adu Xbox One X Vs PlayStation 4 Pro, Mana yang Terbaik?

Coba cek perbedaan spesifikasinya deh!

Tidak ingin kalah dari ponsel pintar, konsol game juga telah banyak membuat terobosan menarik. Dua diantaranya adalah Xbox One X dan PlayStation (PS) 4 Pro. Kedua seteru abadi ini memiliki kekuatan yang tidak beda jauh.

Salah satu persamaan adalah keduanya mendukung TV beresolusi 4K. Di balik kecanggihannya, Xbox One X dan PS 4 Pro pasti memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Buat gamers yang penasaran bisa cari tahu selengkapnya di bawah ini!

1. Xbox One X Vs PS 4 Pro: Spesifikasi

Adu Xbox One X Vs PlayStation 4 Pro, Mana yang Terbaik?androidcentral.com

Untuk spesifikasi ternyata keduanya hanya memiliki persamaan pada kapasitas penyimpanan hard disk yaitu sebesar 1 TB. Selebihnya, di atas kertas Xbox One X unggul di segala lini. Sebenarnya persamaan juga terdapat di CPU dan GPU. Namun Xbox memiliki kekuatan CPU AMD 8-core berkekuatan 2.3Ghz sedangkan PS hanya 2.1 GHz. Pada kinerja grafis Microsoft menawarkan enam Teraflop di Xbox atau lebih besar 1.8 dari PS 4.

Xbox One X juga menawarkan RAM sebesar 12GB. Microsoft mengatakan bahwa 3GB itu dikhususkan untuk kinerja sistem operasi. Di mana dengan sisa 9GB lainnya dialokasikan untuk permainan. Sangat jauh jika dibandingkan PS 4 Pro dengan jatah 8GB.

2. Xbox One X Vs PS 4 Pro: Design

Adu Xbox One X Vs PlayStation 4 Pro, Mana yang Terbaik?mybroadband.co.za

Meski sama-sama berbalut warna hitam yang elegan, soal ukuran keduanya sangat berbeda. Xbox sedikit lebih tipis 12mm dibanding PS 4 yang memiliki ketebalan 275mm. Namun Xbox 38mm lebih lebar dengan ukuran 343mm sedangkan PS 4 hanya 305mm. Xbox berukuran 1,2 kg lebih berat dari PS4 Pro yang memiliki berat 3,8 kg.

Dari segi port, kedua konsol menawarkan tiga port USB 3.0, SPDIF, dan koneksi Ethernet. Secara khusus Pro PS4 memiliki port untuk Kamera PlayStation. Sedangkan Xbox One X memiliki fitur tambahan HDMI-in dan IR-out. Game Spot mencatat Xbox One X mengonsumsi lebih dari 170 watt dengan suhu mencapai 61 derajat Celcius. Sebaliknya, PS4 Pro mengonsumsi sekitar 150 watt dengan suhu mencapai 40 derajat Celcius.

Baca juga: Tak Tergantikan, Inilah 20 Konsol Game Dengan Penjualan Terbaik

3. Xbox One X vs PS 4 Pro: Jumlah Permainan

Adu Xbox One X Vs PlayStation 4 Pro, Mana yang Terbaik?pushsquare.com

Banyaknya jumlah permainan membuat sebuah konsol memiliki banyak opsi untuk dimainkan. Dalam beberapa sumber banyak yang menyebutkan bahwa PS 4 lebih memiliki banyak permainan begitupun sebaliknya.

Merangkum dari Metacritic, dengan skor 70 maka kamu dapat memainkan 796 game pada PS 4, termasuk diantaranya Persona 5, Uncharted 4, dan Horizon Zero Dawn. Namun Xbox memiliki lebih sedikit permainan dengan total 563, termasuk Gears of War 4, Cuphead dan Killer Instinct. Meski begitu, permainan pada Xbox 360 dan Xbox One dapat dimainkan kembali di Xbox One X.

4. Xbox One X vs PS 4 Pro: Harga

Adu Xbox One X Vs PlayStation 4 Pro, Mana yang Terbaik?polygon.com

Melalui masing-masing laman resminya, Xbox One X dibanderol seharga 499 dolar Amerika Serikat atau Rp 6,7 juta. PS 4 Pro jauh lebih murah dengan harga 399 dolar Amerika Serikat atau Rp 5,4 juta.

Semua kembali ke selera masing-masing karena pengguna setia PS mungkin belum tentu langsung klop dengan Xbox. Begitu pun dengan pengguna Xbox yang masih harus beradaptasi dengan PS jika harus beralih. Namun dengan pertimbangan tersebut, mana yang paling cocok buatmu?

Baca juga: Rilis 12 Trailer, PlayStation 4 Resmi Hadirkan Game Seru Tahun Depan

Topic:

Just For You