Comscore Tracker

Hadang Xiaomi Note 7 dan Samsung M30, HMD Global Rilis Nokia 3.2

Andalkan baterai awet hingga 21 hari

Pada ajang Mobile World Congress 2019 di Barcelona kemarin (24/2), HMD Global memperkenalkan smartphone kelas menengah mereka yakni Nokia 3.2 yang mengunggulkan ketahanan baterai hingga 2 hari dalam mode 4G stand by.

Jika dilihat dari harganya, sepertinya HMD Global mempersiapkan Nokia 3.2 untuk menghadang dominasi Xioami, Samsung, Oppo dan Vivo yang lebih dulu bermain di segmen kelas menengah.

Adapun penampakan desain dan spesifikasinya dapat kamu baca selengkapnya di bawah ini. Let's check it out !

1. Desain kekinian dengan notch

Hadang Xiaomi Note 7 dan Samsung M30, HMD Global Rilis Nokia 3.2nokia.com

Sebelumnya, penulis beranggapan jika HMD Global tidak akan pernah menerapkan notch pada smartphone buatannya karna terkesan "mencontek" smartphone lain serta berpeluang menutup bagian atas foto, film atau status WhatsApp.

Namun, kenyataannya Nokia 3.2 memiliki notch waterdrop di bagian atas smartphone seperti smartphone dengan poni pada umumnya. HMD Global menyebut notch tersebut dengan sebutan selfie notch.

Adapun dimensi smartphone ini yakni berukuran 159.4 x 76.2 x 8.6 mm dan berat 181 g. Bodi Nokia 3.2 terbuat dari material kaca 2.5D yang menimbulkan efek glossy serta mudah kotor akibat bekas sidik jari. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menggunakan case untuk menutupi keindahan bodi kekurangan bahan kaca tersebut.

2. Resolusi layar cukup nyaman untuk aktivitas multimedia atau game sedang

Hadang Xiaomi Note 7 dan Samsung M30, HMD Global Rilis Nokia 3.2expertreviews.co.uk

Nokia 3.2 diketahui menggunakan layar berjenis IPS LCD berukuran 6.26 inchi dengan resolution 720 x 1520 pixels, rasio 19:9 dan kedalaman piksel mencapai 269 per inchi. Bezel yang dimilikinya tergolong tipis dengan logo Nokia di bagian dagu.

Dengan resolusi tersebut, kamu masih bisa mendapatkan pengalaman sensasi menikmati konten multimedia atau gaming yang terbilang lumanyan untuk smartphone kelas menengah. 

Baca Juga: Punya 5 Kamera Belakang, Nokia 9 PureView Resmi Diluncurkan

3. Kamera standar untuk penggunaan standar pula

Hadang Xiaomi Note 7 dan Samsung M30, HMD Global Rilis Nokia 3.2nokia.com

Kamera belakang Nokia 3.2 memiliki lensa dengan resolusi  13 MP dengan fitur f/2.2, 1/3", 1.12µm, dan autofocus. Terdapat pula sebuah LED Flash yang berguna mengatasi kondisi minim cahaya akibat suasana yang gelap. Resolusi yang dihadirkan untuk rekaman video mencapai 1080p@30fps.

Sementara itu, di bagian depan terdapat sebuah 5 MP dengan fitur f/2.2, 27mm (wide) dan 1.12µm yang bisa juga kamu gunakan sebagai fitur keamanan yakni face unlock.

Dengan spesifikasi kamera tersebut, jangan harap bisa mendapatkan kualitas foto yang sekeren smartphone flagship. Namun, Kamera Nokia 3.2 masih dapat dikatakan oke untuk penggunaan standar kok seperti memotret untuk feed media sosial.

4. Jeroan benar-benar kelas menengah

Hadang Xiaomi Note 7 dan Samsung M30, HMD Global Rilis Nokia 3.2expertreviews.co.uk

Adapun chipset yang digunakan Nokia 3.2 adalah Qualcomm Snapdragon 429 Quad-core 1.8 GHz dengan pengolah grafis Adreno 504. Sementara itu, terdapat opsi RAM sebesar 2GB atau 3GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB atau 32GB yang masih bisa ditambahn hingga 400 GB menggunakan micro SD.

Dengan spesifikasi cupu khas smartphone murah tersebut, kamu masih bisa mengajak Nokia 3.2 untuk bermain game ringan hingga sedang serta multitasking aplikasi media sosial yang tidak tergolong berat.

Untungnya, terdapat baterei sebesar 4000 mAH yang tidak dapat dilepas serta fitur Fast battery charging 10W yang diklaim mampu bertahan hingga 21 hari dalam mode 4G stand by.  OS yang digunakan merupakan Android One generasi 9.0 Pie yang minim aplikasi bawaan.

5. Terlalu mahal untuk bersaing dengan Xiaomi Note 7 atau Samsung Galaxy M20/M30

Hadang Xiaomi Note 7 dan Samsung M30, HMD Global Rilis Nokia 3.2Gadgets 360

Selain koneksi 4G, fitur lainnya adalah micro USB 2.0, USB OTG, lubang audio jackphone 3.4 mm serta masih tersedianya aplikasi Radio FM. Koneksi Bluetooth yang digunakan masih versi 4.2 dengan teknologi low energy.

Tanpa fitur sensor sidik jari (hanya tersedia di varian 32GB), USB Type C, NFC serta spesifikasi yang benar-benar standar di kelas menengah, tampaknya Nokia 3.2 susah bersaing dengan smartphone lainnya di rentang harga yang sama.

Kemungkinan Nokia 3.2 dipersiapkan HMD Global untuk konsumen yang menginginkan smartphone dengan desain elegan, unik, awet baterei dan terjamin mendapatkan update OS Android.

Nokia 3.2 sendiri dilabeli dengan harga $139 atau sekitar 1.9 jutaan untuk versi memori 2GB/16Gb dan $169 atau sekitar 2.3 jutaan untuk varian memori 3GB/32GB.

Nah bagaimana menurutmu? apakah Nokia 3.2 dapat bersaing dengan smartphone lainnya dengan harga yang kurang lebih sama namun menwarkan spesifikasi lebih tinggi? berikan pendapatmu di kolom komentar.

Baca Juga: Resmi Dirilis, Ini 5 Fakta Menarik Kamera Belakang Nokia 9 PureView

Irvin Photo Community Writer Irvin

Merdeka dalam berkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You