Comscore Tracker

7 Pilihan Tempat Digital untuk Back Up File Skripsi, Biar Aman!

Kamu bisa menggunakan salah satu atau beberapa sekaligus

Buat kamu yang sedang mengerjakan skripsi, pasti ada file seperti data dan naskah skripsi yang harus disimpan dengan baik. Nyatanya, menyimpan file-file tersebut di laptop atau komputer saja gak cukup.

Kita gak pernah tahu jika laptop atau komputermu tiba-tiba mengalami kerusakan atau bahkan hilang dicuri. Duh, kamu pasti gak mau kan file-file pentingmu tersebut hilang begitu saja? Nah daripada menyesal nantinya, lebih baik untuk melakukan back up file skripsimu di tempat lain supaya aman.

Berikut ini beberapa pilihan tempat untuk back up file skripsi secara digital.

1. Flashdisk

7 Pilihan Tempat Digital untuk Back Up File Skripsi, Biar Aman!Pexels.com/Pixabay

Alat penyimpan file satu ini tentu sudah gak asing lagi buatmu. Kamu bisa memanfaatkan flashdisk untuk menyimpan berbagai file skripsimu. Dengan ukuran yang kecil, flashdisk sangat praktis karena mudah dibawa dan disimpan. Di sisi lain, flashdisk juga rawan hilang karena ukurannya yang mini. Dengan begitu, kamu harus menjaga flashdisk milikmu supaya gak hilang.

Saat ini sudah ada banyak flashdisk yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, mulai dari ukuran megabyte sampai terabyte. Semakin besar kapasitas penyimpanannya, umumnya semakin mahal harganya. Kamu bisa memilih kapasitas penyimpanan flashdisk sesuai dengan kebutuhan dan budget.

2. Harddisk eksternal

7 Pilihan Tempat Digital untuk Back Up File Skripsi, Biar Aman!Pixabay.com/id/janeb13

Kamu juga bisa menyimpan file skripsimu di harddisk eksternal. Harddisk eksternal memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan flashdisk, sehingga potensi untuk hilang atau 'ketelingsut' menjadi lebih kecil.

Dibandingkan flashdisk, kapasitas penyimpanan data di hard disk eksternal umumnya jauh lebih besar, mulai dari ukuran 1 hingga 24 terabyte, bahkan lebih. Meski begitu, kamu harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk membeli harddisk eksternal. Sama seperti flashdisk, harga harddisk eksternal semakin tinggi seiring dengan besarnya kapasitas penyimpanannya. Selain itu, harga harddisk eksternal juga bergantung pada merek atau brand.

3. CD (Compact disc)

7 Pilihan Tempat Digital untuk Back Up File Skripsi, Biar Aman!Pexels.com/500photos.com

Saat ini, CD memang sudah jarang digunakan dan bahkan lebih jadul ketimbang flashdisk atau harddisk eksternal. Tapi, gak ada salahnya untuk mencoba menyimpan berbagai file skripsimu di CD. 

Dibandingkan alat penyimpan data lainnya, harga CD jauh lebih murah. Kamu juga gak butuh ruang besar untuk mengamankan CD. Selain itu, ketika akan mengumpulkan skripsi versi final, gak jarang pihak kampus juga akan meminta salinan digital dalam bentuk CD.

Baca Juga: 7 Tip yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Membeli Laptop Baru

4. Email

7 Pilihan Tempat Digital untuk Back Up File Skripsi, Biar Aman!Unsplash.com/Webaroo

Kamu juga bisa memanfaatkan email untuk menyimpan file skripsi, lho. Cara ini sangat simpel dan murah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mengirimkan email dengan attachment file skripsi ke alamat emailmu sendiri atau alamat emailmu yang lain. Untuk mempermudah pencarian, kamu bisa menambahkan keterangan tanggal back up di bagian subject. Sebaiknya, jangan hanya menyimpan skripsi sebagai draft di e-mail karena ada kemungkinan terhapus secara gak sengaja.

Setiap kali ada revisi atau progres baru, sebaiknya kamu langsung melakukan back up via email. Dengan cara ini, maka bila file master skripsimu tiba-tiba hilang, kamu bisa langsung mengunduh file cadangannya di email.

5. Media sosial (medsos)

7 Pilihan Tempat Digital untuk Back Up File Skripsi, Biar Aman!Pexels.com/Anton

Kita pasti sudah sangat familier dengan medsos. Kita bahkan menggunakannya setiap hari untuk chatting atau memposting sesuatu. Tapi kalau mau, sebenarnya kita bisa juga memanfaatkan medsos untuk melakukan back up berbagai file penting seperti skripsi.

Kamu bisa mengirimkan file skripsimu sebagai pesan ke akun keluarga atau teman baikmu. Cara lainnya, kamu bisa juga membuat grup yang isinya kamu sendiri, kemudian jangan lupa mengaturnya dalam mode lock. Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan fasilitas upload file yang ada di grup untuk mengunggah file-file skripsimu.

6. Penyimpan awan atau cloud storage

7 Pilihan Tempat Digital untuk Back Up File Skripsi, Biar Aman!knowtechie.com

Penyimpan awan atau cloud storage juga bisa kamu manfaatkan untuk mengamankan file skripsimu. Penyimpan awan merupakan model penyimpanan digital yang dikelola oleh perusahaan hosting

Ada banyak pilihan penyimpan awan, seperti Google Drive, Box, Dropbox, iCloud Drive, pCloud, Tresorit, Mega, sync.com, SpiderOak One, dan masih banyak lagi. Setiap penyimpan awan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, baik dari segi kapasitas penyimpanan, kerapian penyimpanan dokumen, dan lain sebagainya. Banyak sekali alat penyimpan awan yang bisa kamu pakai secara gratis, dengan tawaran opsi premium atau berbayar untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar atau fitur ekstra.

7. Time machine

7 Pilihan Tempat Digital untuk Back Up File Skripsi, Biar Aman!support.apple.com

Buat kamu pengguna Mac, kamu mungkin sudah mengenal perangkat lunak satu ini. Fitur pencadangan internal ini bisa secara otomatis mem-back up semua file, termasuk email, dokumen, dan file sistem. Dengan menggunakan Time Machine, maka bila ada file yang hilang atau telah terhapus, kamu bisa dengan mudah mengembalikannya lagi di waktu yang dapat ditentukan sendiri.

Membuat cadangan dengan Time Machine gak sulit. Kamu hanya butuh perangkat penyimpanan eksternal. Sambungkan perangkat tersebut ke Mac dan pilih sebagai disk cadangan.Time Machine akan secara otomatis melakukan pencadangan file setiap jam selama 24 jam, pencadangan harian selama 1 bulan terakhir, serta pencadangan bulanan. Jika disk cadangan sudah penuh, maka cadangan terlama akan secara otomatis terhapus.

Wah, ternyata ada banyak sekali pilihan tempat untuk melakukan back up file skripsi secara digital. Praktis dan mudah dilakukan, bukan? Dari semua pilihan tadi, kamu bisa memilih salah satunya. Namun, alangkah lebih baik kalau kamu menyimpan file-file skripsimu di beberapa tempat sekaligus, misalnya di flashdisk, harddisk eksternal, dan cloud untuk berjaga-jaga apabila ada salah satu yang hilang. 

Baca Juga: Kualitas Audio Smartphone Kamu Kurang Enak? Coba Ikuti 8 Saran ini

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya