Comscore Tracker

Sebenarnya Perlu Gak Menginstal Antivirus di Android? Ini Jawabannya!

Karena tanggung jawab data ada di tanganmu sendiri

Sejak diperkenalkan ke publik pada satu dekade yang lalu, Android sukses meroket dan memenangkan persaingan bisnis. Dari seluruh ponsel yang dijual di seluruh dunia, sistem operasi besutan Google ini memimpin pasar dengen persentase penjualan mencapai angka 80.

Melihat besarnya angka penggunaan OS ini, para oknum cyber criminal pun nggak lantas diam-diam saja. Mereka menganggap fenomena ini sebagai peluang untuk mendapat keuntungan meski menggunakan cara yang salah. Simak ulasan selengkapnya di sini!

1. Sebenarnya adakah virus di Android?

Sebenarnya Perlu Gak Menginstal Antivirus di Android? Ini Jawabannya!f3nws.com

Dibandingkan kompetitor terkuatnya, iOS, Android memang cenderung lebih lemah dari sisi keamanannya. Selain itu, bila terindikasi adanya virus pada perangkat Android, pengguna harus melakukan pembersihannya secara manual.

Dan ya, virus pada Android memang benar adanya. Seluruh virus ini bisa menyerang ponsel kesayanganmu melalui pihak ketiga, yakni aplikasi yang kamu pasang di luar aplikasi standar bawaan ponselmu sendiri.

2. Apa sih memangnya bahaya virus?

Sebenarnya Perlu Gak Menginstal Antivirus di Android? Ini Jawabannya!giznp.com

Ada banyak alasan mengapa seseorang membuat program virus. Bahkan, gak sedikit alasan di balik ini adalah gengsi dan sebatas show off, lho.

Namun, beberapa lainnya juga memang bermaksud untuk mencari keuntungan tertentu. Seperti contoh, mereka ingin mendapatkan data-data pribadimu untuk keperluan tertentu atau bahkan untuk tujuan blackmailing alias pemerasan.

Baca Juga: Ini 10 Apps Android Terbaik di 2018 yang Bisa Kamu Dapatkan Sekarang!

3. Apa saja contoh virus yang ada di Android?

Sebenarnya Perlu Gak Menginstal Antivirus di Android? Ini Jawabannya!mirmay.com

Pada dasarnya, virus merupakan bagian malware alias malicious software. Istilah virus jadi lebih banyak digunakan untuk menyebut seluruh jenis malware, walau sebenarnya pengertian ini pun kurang tepat.

Anyway, ada cukup banyak sebenarnya jenis virus alias malware yang siap menyerang Android. Berikut ini adalah beberapa jenis virus yang mungkin juga pernah kamu alami sendiri.

  • adware
  • banker malware
  • ransomware
  • spyware trojan

4. Jadi, butuh antivirus, nggak?

Sebenarnya Perlu Gak Menginstal Antivirus di Android? Ini Jawabannya!drippler.com

Sebenarnya, kamu gak perlu mengunduh antivirus di ponsel Android kesayangan. Selagi kamu gak mengunduh aplikasi di luar Google Playstore dan masuk ke situs yang 'aneh'. Baik disengaja maupun gak, ponselmu akan baik-baik saja. Sebagai pengamanan lebih lanjut, buka menu Settings > Security > Uknown Sources > disabled.

Namun, kalau kamu termasuk tipe yang suka coba-coba berbagai aplikasi dan berani ambil risiko, ada baiknya kamu menginstal antivirus sebagai prevensi dan proteksi. Ada banyak aplikasi antivirus yang bisa kamu pilih untuk mendeteksi dan menghapus virus, seperti Avast, Lookout, dan 360 Mobile Security.

Sebagai pengguna Android di era digital ini, penting bagimu untuk menjaga data-data yang kamu simpan di perangkat. Jangan sampai karena kelengahan 'sederhana' ini, kamu jadi mengalami hal yang nggak mengenakkan di masa mendatang, ya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Android Keren Supaya Bar Notifikasimu Lebih Hidup dan Fun!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You