Comscore Tracker

7 Alternatif Aplikasi Email Terbaik Pengganti Gmail, Perlu Kamu Coba!

Pas kalau kamu bosen ama Gmail yang gitu-gitu aja

Email merupakan salah satu bentuk komunikasi online tertua. Ini menjadi layanan yang digunakan oleh banyak orang setiap harinya. Ada banyak layanan email yang tersebar di internet saat ini, dengan Gmail menjadi salah satu yang paling populer.

Namun, di samping layanan/aplikasi email dari Google itu, rupanya masih ada banyak aplikasi email lain yang tidak kalah dalam memberikan pengalaman terbaik. Berikut 7 di antaranya versi IDN Times, yang bisa kamu jadikan alternatif dari Gmail.

1. Blue Mail

7 Alternatif Aplikasi Email Terbaik Pengganti Gmail, Perlu Kamu Coba!phandroid.com

Blue Mail pada dasarnya merupakan aplikasi email yang mendukung berbagai klien seperti Yahoo, Outlook, Office 365 dan lain-lain. Aplikasi ini memiliki berbagai pengaturan notifikasi untuk masing-masing akun email dan juga dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik lain seperti dukungan untuk Android, menu yang dapat dikonfigurasi dan tema gelap.

Di samping itu, ini juga memiliki beberapa fitur ‘pintar’ jika pengguna membutuhkannya. Ini berfungsi dengan sangat baik dan sepenuhnya dapat diunduh secara gratis. 

2. Nine

7 Alternatif Aplikasi Email Terbaik Pengganti Gmail, Perlu Kamu Coba!androidpolice.com

Nine merupakan salah satu aplikasi terbaik di luar sana yang cocok digunakan bagi pengguna yang sering takut dengan masalah keamanan email. Ini tidak memiliki fitur server atau cloud apapun, melainkan hanya menghubungkan pengguna ke akun email mereka.

Meski terlihat sederhana, ini rupanya telah dibekali dengan dukungan Exchange ActiveSync. Selain itu, ini juga memiliki sejumlah konfigurasi atau fitur seperti menyelaraskan folder dan dukungan untuk Android. Ini bagus, namun lebih direkomendasikan untuk kebutuhan bisnis.

3. Newton Mail

7 Alternatif Aplikasi Email Terbaik Pengganti Gmail, Perlu Kamu Coba!phandroid.com

Newton Mail punya perjalanan hidup yang cukup kelam. Aplikasi ini sempat ‘mati’ hingga pada akhirnya dihidupkan kembali oleh Essential (salah satu brand pembuat smartphone). Kendati demikian, aplikasi ini memiliki UI yang bersih dan terasa tidak berantakan jika dibandingkan dengan yang lain.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti autentikasi dua faktor, mengirim email nanti dan berhenti berlangganan dengan satu kali klik. Tak hanya itu saja, Newton Mail juga dapat menghubungkan sejumlah aplikasi lain untuk integrasi yang lebih baik.

Baca Juga: Hati-hati, 7 Aplikasi Ini Bisa Digunakan untuk Sebar Hoax dan Penipuan

4. ProtonMail

7 Alternatif Aplikasi Email Terbaik Pengganti Gmail, Perlu Kamu Coba!zapier.com

Sama seperti Nine, ProtonMail menjadi aplikasi email terbaik bagi orang-orang yang merasa jika keamanan itu penting. Ini dibekali dengan fitur enkripsi email dari ujung ke ujung, yang artinya hanya pengirim dan pembaca saja yang bisa membaca email yang telah dikirim.

Di samping itu, ini juga menawarkan sejumlah hal lain seperti dukungan OpenPGP, email yang bisa hancur sendiri dan beberapa hal umum seperti label dan manajemen email. Ini menggunakan server sebagai tempat menyimpan email, yang telah terenkripsi secara penuh.

5. Spark Email

7 Alternatif Aplikasi Email Terbaik Pengganti Gmail, Perlu Kamu Coba!macstories.net

Di antara yang ada di daftar ini, Spark Email menjadi yang paling baru. Aplikasi ini dirilis di awal 2019 dan mendapatkan banyak ulasan positif. Sama seperti aplikasi email kebanyakan, Spark Email juga memiliki banyak hal mendasar seperti mengirim email nanti, pengingat, email yang di-pin dan membatalkan email yang terkirim.

Aplikasi ini dibekali dengan UI yang bersih dan mampu menyederhanakan semuanya dengan fitur mengelompokkan email secara terpisah atau universal. Aplikasi ini gratis, sangat direkomendasikan dan bisa dicoba mulai dari sekarang.

6. TypeApp Email

7 Alternatif Aplikasi Email Terbaik Pengganti Gmail, Perlu Kamu Coba!phandroid.com

Jika Spark Email merupakan yang terbaru, maka TypeApp Email menjadi salah satu yang paling veteran. Ini memiliki semua hal yang pengguna inginkan seperti dukungan dengan sebagian besar layanan email, manajemen kotak masuk, notifikasi, dukungan wireless printing dan masih banyak lagi.

Ini juga mendukung Wear OS, mode gelap, tema dan beragam fitur kustomisasi lainnya. UI yang diusung membawa desain material yang bersih dan relatif simpel. Secara keseluruhan, ini berfungsi dengan baik dan direkomendasikan.  

7. Microsoft Outlook

7 Alternatif Aplikasi Email Terbaik Pengganti Gmail, Perlu Kamu Coba!mspoweruser.com

Salah satu keuntungan dalam menggunakan aplikasi email pihak ketiga adalah keberadaan sejumlah fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi bawaan atau pihak pertama (seperti Gmail). Contohnya pada Outlook, ini memiliki fitur Focused Inbox yang mengurutkan kotak masuk berdasarkan kepentingan email yang masuk.

Selain itu, terdapat pula integrasi langsung dengan beberapa layanan/aplikasi Microsoft lain seperti Word, Excel dan Powerpoint. Ini bagus, mencakup banyak fitur penting dan dapat dijadikan sebagai alternatif yang pas.

Demikian tadi beberapa alternatif aplikasi email terbaik pengganti Gmail. Bagaimana, tertarik untuk mencoba hal baru dengan aplikasi-aplikasi di atas?

Baca Juga: 12 Alamat Email Jadul yang Bikin Geleng Kepala, Alay-nya Minta Ampun!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You