Comscore Tracker

Aplikasi MyHeritage dan Alternatifnya, Hidupkan Foto Lama

MyHeritage punya fitur canggih baru bernama Deep Nostalgia

Teknologi berkembang lebih pesat dari biasanya dan sebagai dampaknya, hal-hal yang dulunya dianggap tidak mungkin atau “ajaib”, kini dapat benar-benar terjadi. Salah satu yang akhir-akhir ini viral adalah teknologi merubah foto diam menjadi hidup.

Aplikasi ini seakan merealisasikan dunia di seri film Harry Potter di mana foto atau gambar di koran ataupun buku dapat bergerak dan seakan hidup. Teknologi canggih itu saat ini diviralkan oleh aplikasi bernama MyHeritage.

1. Apa itu MyHeritage?

Aplikasi MyHeritage dan Alternatifnya, Hidupkan Foto Lamatechradar.com

MyHeritage sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh developer dengan nama yang sama. Aplikasi tersebut sebenarnya merupakan aplikasi genealogi atau garis keturunan di mana penggunanya dapat membuat silsilah keluarga lalu mengunggah dan mencari anggota keluarga mereka via foto.

MyHeritage pertama kali diluncurkan 18 tahun yang lalu—tepatnya pada tahun 2003—oleh Gilad Japhet. Untuk membuatnya segalanya makin menarik, MyHeritage akhirnya meluncurkan fitur baru di awal tahun ini bernama Deep Nostalgia.

2. Fitur baru nan keren yang telah digunakan jutaan kali

Aplikasi MyHeritage dan Alternatifnya, Hidupkan Foto Lamatheverge.com

DeepNostalgia merupakan fitur yang menggunakan teknik AI (Artificial Intelligence) bernama Deep Learning untuk menganimasikan wajah pada foto diam. Dengan begitu, foto yang awalnya statis kini dapat bergerak seakan-akan hidup.

Gilad Japhet selaku CEO sekaligus founder MyHeritage mengatakan bahwa Deep Nostalgia dibuat untuk membantu penggunanya mengetahui bagaimana nenek moyang mereka jika masih hidup. Hasilnya pun tergolong luar biasa dengan tidak hanya menggerakkan kepala saja, namun juga tersenyum, berkedip hingga mengangguk.

Baca Juga: 7 Aplikasi Drone Terbaik di Android, Kontrol Lebih Mudah

3. Cara menggunakannya

Aplikasi MyHeritage dan Alternatifnya, Hidupkan Foto Lamaapkpure.com

Tanpa perlu ribet, mereka yang tertarik bisa menjajal DeepNostalgia dengan sangat mudah. Pertama-tama unduh aplikasi MyHeritage di Play Store ataupun App Store. Jika sudah, buka aplikasinya lalu Log In atau Sign Up apabila belum memiliki akun.

Di halaman awal pilih Photos, kemudian pilih foto yang ingin diunggah. Lalu, klik ikon animasi di bagian atas, tunggu beberapa saat dan foto yang awalnya diam kini akan bergerak. Selain langsung, Deep Nostalgia juga bisa digunakan pada foto lawas yang telah diwarnai melalui fitur lain yaitu MyHeritage In Color.

4. Alternatif 1: Remini

Aplikasi MyHeritage dan Alternatifnya, Hidupkan Foto Lamamobygeek.com

MyHeritage dengan Deep Nostalgia-nya tidak sendirian ketika berbicara mengenai aplikasi dengan fitur mengubah foto lawas menjadi kekinian. Ada Remini yang juga tidak kalah populer. Namun yang berbeda, Remini tidak memiliki fitur “menghidupkan” orang zaman dahulu seperti MyHeritage.

Nilai jual utama Remini terletak pada kemampuannya untuk mengubah foto lama, rusak, penuh blur dan beresolusi rendah menjadi HD dengan detail yang tajam. Tidak hanya foto saja, Remini bahkan juga bisa melakukan “sihir” serupa ke media dengan format video.

5. Alternatif 2: Google PhotoScan

Aplikasi MyHeritage dan Alternatifnya, Hidupkan Foto Lamaandroidpolice.com

Tak mau kalah, Google juga menciptakan aplikasi untuk membuat foto yang terlupakan kembali diingat dalam kualitas terbaik. PhotoScan bekerja layaknya scanner namun menggunakan kamera HP sebagai alat untuk mengambil gambar dan membuat salinan digital.

Aplikasi ini juga menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan proses pengambilan gambar. Dengan begitu, masalah umum dari foto lawas seperti glare dapat teratasi. Di samping itu, PhotoScan juga menyediakan alat untuk menjernihkan foto baik secara otomatis maupun manual (dengan kontrol warna dan cahaya).

Itulah tadi ulasan mengenai MyHeritage dengan fitur Deep Nostalgia-nya beserta beberapa alternatif aplikasi lain yang juga bisa dicoba. Mulai dari MyHeritage, Remini hingga Google PhotoScan semuanya bisa diunduh secara gratis di Android maupun iOS.

Baca Juga: 7 Aplikasi Ini Bisa Ubah Video Jelek Jadi Lebih HD

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya