Comscore Tracker

4 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Error yang Tidak Terbaca

Jangan buru-buru beli baru

Flashdisk merupakan salah satu jenis penyimpanan portable dengan ukuran kecil dan mudah dibawa ke mana-mana. Flashdisk sering digunakan untuk memindah file dari satu PC ke PC yang lain, atau untuk hal seperti install ulang.

Karena ukurannya yang kecil dengan body yang umumnya terbuat dari plastik dan sering “keluar-masuk” banyak PC, flashdisk jadi rentan mengalami masalah. Salah satu yang paling umum adalah tidak terbaca. Bukan berarti sepenuhnya rusak, flashdisk yang terbaca bisa diperbaiki dengan mudah dan berikut beberapa caranya.

1. Lakukan pengecekan via Properties

4 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Error yang Tidak Terbacalifewire.com

Hampir semua versi Windows terutama Windows 10 hadir dengan alat atau fitur khusus untuk mengecek dan memperbaiki perangkat penyimpanan yang mengalami masalah – salah satunya tidak terbaca. Caranya, buka File Explorer lalu klik kanan flashdisk kamu dan pilih Properties. Jika sudah pada tab Tools, di bagian Error checking klik Check.

Pilih opsi Scan and repair drive dan tunggu beberapa saat sampai Windows menemukan dan memperbaiki masalahnya. Perlu dicatat bahwa cara ini hanya bisa diterapkan untuk flashdisk yang masih bisa muncul di File Explorer bukan sepenuhnya tidak bisa.

2. Uninstal driver untuk flashdisk

4 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Error yang Tidak Terbacaaddictivetips.com

Salah satu sumber permasalahan mengapa flashdisk tidak terbaca atau tidak muncul di File Explorer adalah karena drivernya sendiri mengalami kerusakan. Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meng-uninstall driver dari flashdisk itu sendiri.

Untuk melakukannya, kamu perlu klik kanan Start Menu dan pilih Device Manager. Di bagian Disk drives cari yang merupakan flashdisk kamu, klik kanan lalu pilih Uninstall device. Jika sudah, restart PC atau laptop kamu dan Windows akan secara otomatis menginstal driver flashdisk yang baru.

Baca Juga: Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Antivirus

3. Mengubah pengaturan pada USB Root Hub

4 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Error yang Tidak Terbacawincrunch.com

Selain melakukan uninstall pada driver flashdisk, di Device Manager juga ada cara lain yang di beberapa momen dapat memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. Pertama, buka Device Manager lalu klik kanan USB Root Hub pada bagian USB Serial Bus controllers.

Pilih Properties dan pada tab Power Management, hapus centang pada Allow the computer to turn off this device to save power. Jika ada lebih dari satu USB Root Hub, lakukan hal yang sama untuk yang lainnya. Apabila proses itu sudah selesai, restart PC atau laptop kamu kemudian lihat apakah flashdisk sudah terbaca.

4. Matikan USB Selective Suspend Setting

4 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Error yang Tidak Terbacathewindowsclub.com

Untuk menghemat daya tahan baterai dan keawetan perangkat USB seperti flashdisk, Windows umumnya bakal mematikan daya untuk flashdisk yang tertancap setelah beberapa menit tidak digunakan. Di beberapa kesempatan, hal ini justru membuat flashdisk jadi tidak terbaca.

Kabar baiknya, pengaturan ini bisa dimatikan dengan cara pergi ke Power & sleep di System dengan cara mengetikkannya di Start Menu. Jika sudah, pilih Additional power setting di sisi kanan > Change plan settings > Change advanced power setting. Di bagian USB settings, pilih USB Selective Suspend Setting dan atur On battery maupun Plugged in ke Disabled.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa cara mudah yang bisa diterapkan untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. Jika kamu punya tips atau cara jitu lainnya, jangan sungkan-sungkan untuk membagikannya di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Tips Mengatasi Flashdisk Tak Terbaca dan Cara Merawatnya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya