Comscore Tracker

Cara Cek 3uTools iPhone, Cari Tahu Orisinalitas Ponselmu

Masih orisinil semua gak?

iPhone masih menduduki posisi teratas ponsel premium di Indonesia. Terbukti dengan laris produk besutan Apple satu ini, bahkan versi bekasnya. 

Bukan tanpa alasan, berbagai review mengatakan, performa barang second Apple masih cukup mumpuni. Di sisi lain, pemenuhan kebutuhan dan kepuasan menjadi pemicunya.

Kalau kamu tertarik membeli ponsel iPhone bekas, biasanya akan melewati serangkaian cek menggunakan alat bernama 3uTools. Kalau gak dilakukan oleh toko, kamu bisa melakukan cek 3uTools iPhone sendiri.

Apa itu 3uTools?

Setiap penjual pasti mengklaim bahwa barangnya adalah produk asli. Meski demikian, gak ada salahnya mengeceknya untuk mengetahui kondisi sebenarnya, termasuk ketika membeli iPhone second.

Nah, salah satu alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi keaslian produk yakni 3uTools. Aplikasi desktop yang bisa dipasang di Windows maupun MacOS ini, dapat mendeteksi kondisi produk Apple, baik ponsel,  iPad, maupun iPod touch.

Nantinya, begitu terhubung dengan 3uTools, ponsel akan dipindai. Aplikasi tersebut dapat mengatahui jika ponsel ternyata bukan buatan pabrik asli. Atau, terdapat bagian ponsel yang telah diubah dan gak orisinil, misalnya baterai, layar, atau spare part lainnya.

Cara cek 3uTools iPhone

Aplikasi 3uTools ini bisa jadi senjata utama buat mengecek orisinalitas ponsel. Meski ada yang mengatakan hasil pindai aplikasi ini bisa dimanipulasi, tetapi sebagian besar memberi review yang cukup baik. 

Jika kamu tertarik, cara cek 3uTools iPhone cukup sederhana. Berikut step by step-nya.

1. Unduh dan pasang aplikasi 3uTools

Cara Cek 3uTools iPhone, Cari Tahu Orisinalitas Ponselmuilustrasi unduh 3uTools (IDN Times/Laili Zain)

Sebelum menggunakannya, kamu perlu melakukan pemasangan perangkat lunak di laptop atau komputer. Aplikasi 3uTools ini bisa kamu dapatkan secara gratis melalui situs resminya di www.3u.com.

Setelah proses unduhan selesai, pasang aplikasi dan ikuti instruksi pada tiap tahapannya. Begitu mendapati ikon aplikasi di desktop, berarti aplikasi siap digunakan.

2. Hubungkan ponsel dengan komputer

Cara Cek 3uTools iPhone, Cari Tahu Orisinalitas Ponselmuilustrasi menggunakan 3uTools (IDN Times/Laili Zain)

Siapkan kabel data yang mendukung koneksi antara ponsel dan komputer. Mau kabel lightning atau type-c, pastikan bisa digunakan untuk transfer data.

Jika sudah terhubung, buka aplikasi 3uTools dan hubungkan ponsel dengan perangkat lunak. Tunggu sejenak hingga proses pengenalan selesai.

3. Cek informasi ponselmu

Cara Cek 3uTools iPhone, Cari Tahu Orisinalitas Ponselmuilustrasi menggunakan 3uTools (3u.com)

Setelah proses scanning selesai, 3uTools akan menampilkan informasi lengkap seputar ponsel. Informasi yang diuraikan mulai dari tipe, seri, nomor kode spare part, kapasitas baterai, dan masih banyak lagi.

Lihat bagaimana 3uTools mengidentifikasi perangkatmu. Jika ditampilkan dengan warna merah, berarti bagian tersebut pernah diganti. Sebaliknya, berwarna hijau apabila masih orisinil. Beberapa juga menunjukkan warna oranye yang berarti ponsel replacement unit asli dari iPhone.

Baca Juga: 5 Tips Membeli iPhone Bekas di Tahun 2022, Awas Jangan Nyesel! 

4. Buka View Verification Report (VVR)

Cara Cek 3uTools iPhone, Cari Tahu Orisinalitas Ponselmuilustrasi VVR 3uTools (3u.com)

Kalau dirasa informasi yang ditampilkan dari cara cek 3uTools iPhone di atas kurang spesifik, kamu bisa menampilkan VVR. VVR atau View Verification Report merupakan laporan yang menampilkan keadaan ponsel lebih lengkap.

Jangan lupa berikan akses otorisasi dari ponsel agar 3uTools bisa mengambil data dari perangkatmu. Nantinya, hasil report ditampilkan dalam bentuk persentase keaslian komponen ponsel.

3uTools score

Cara Cek 3uTools iPhone, Cari Tahu Orisinalitas Ponselmuilustrasi menggunakan 3uTools (3u.com)

Setelah melakukan penilaian, 3uTools juga akan menampilkan penilaian secara keseluruhan. Nilai ini disajikan dalam bentuk testing score di bagian kiri bawah. Makin besar angkanya, semakin baik kondisi ponsel.

Misalnya, jika 3uTools memberikan angka 100, maka seluruh komponen ponsel belum pernah di-service ataupun diganti. Skor ini akan makin menurun jika semakin banyak komponen yang diganti.

Meski gak wajib, cara cek 3utools iPhone dapat menghindarkanmu dari kemungkinan penipuan. Kamu bisa menawar HP second dengan harga lebih rendah ketika mendapati beberapa komponen telah diubah sebelumnya.

Baca Juga: 4 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone agar Privasi Terjaga 

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya