Comscore Tracker

Cara Kompres WinRAR dengan PC, Ukuran File Jadi Lebih Kecil

Bisa digunakan untuk semua format file

Saat diminta mengunggah file, biasanya berkas harus berukuran kecil. Untuk itu, kamu perlu mengompres file tersebut. Nah, salah satu cara mengompres file bisa dengan menggunakan WinRAR. Aplikasi ini diklaim, bisa mengecilkan file 1GB menjadi 200MB.

Cara kompres WinRAR dengan PC juga cukup sederhana. Namun, sebelumnya kamu perlu mengunduh dan memasang aplikasinya terlebih dahulu.

Cara mengunduh aplikasi WinRAR di PC

Untuk bisa menggunakannya, kamu perlu mengunduh aplikasi WinRAR terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia dan bisa diunduh melalui situs resmi WinRAR. Caranya:

  1. Kunjungi situs resmi WinRAR di win-rar.com. 
  2. Pilih aplikasi versi yang sesuai dengan kebutuhan. Sebisa mungkin pilih versi terbaru
  3. Dari pengaturan bahasa, kamu bisa memilih bahasa Inggris atau Indonesia  
  4. Untuk Arch type, pilih 32 bit atau 64 bit sesuai dengan tipe gawaimu, lalu pilih aplikasi Windows
  5. Klik tombol download di bagian bawahnya. File akan otomatis terunduh. 

Tunggu proses unduh selesai. Lalu, lakukan instalasi pada perangkat dengan membuka aplikasi dan mengikuti step by step pada jendela pemasangan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Kompres Foto Terbaik di HP, Kualitas Terjaga

Cara kompres WinRAR di PC

Cara Kompres WinRAR dengan PC, Ukuran File Jadi Lebih Kecililustrasi menamai file komputer (unsplash.com/@ilvapavlov)

Nah, setelah aplikasi terpasang, kamu bisa mulai mengompres file berukuran besar jadi lebih kecil. Siapkan berkas yang ingin diubah ukurannya, ya. 

Jika sudah, tinggal lakukan langkah ini:

  1. Pilih file yang ingin dikompres ukurannya. Kalau lebih dari satu, blok seluruh berkas 
  2. Klik kanan pada file yang telah dipilih
  3. Pilih ‘Add to archive…’ pada pilihan menu
  4. Kamu akan diarahkan ke jendela ‘Archive name and parameters’. Di jendela ini, kamu perlu menetapkan pengaturan agar hasil kompresi sesuai dengan kebutuhan
  5. Pada boks ‘Archive format’, klik lingkaran ‘RAR’
  6. Di bagian sampingnya, ada kumpulan menu ‘Archiving options’. Centang ‘Create solid archive’
  7. Di bagian kiri bawah yakni ‘Dictionary Size’, pilih ukuran paling besar
  8. Klik ‘OK’ dan WinRAR akan otomatis menyesuaikan ukuran berkas. Tunggu hingga proses selesai, ya

Hasil kompres akan terlihat di folder yang sama dengan file yang dikompres. Cek ukuran berkas, maka secara otomatis akan berkurang sesuai dengan pengaturan yang ditetapkan.

Kalau ukuran file asli cukup besar, proses kompres mungkin lebih lama. Kamu bisa mengubah ‘Dictionary Size’ menjadi ukuran yang lebih kecil.

Opsi tersebut akan mengubah file, tetapi bukan pada ukuran paling kecil. Bisa jadi kualitas yang dihasilkan mungkin berbeda. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan, ya. 

Selain mengatur ‘Dictionary Size’, menyesuaikan kualitas kompres juga memengaruhi ukuran file. Di atas Dictionary Size, kamu akan menemukan menu ‘Compression Method’. Jika diklik, menu tersebut berisi drop down kualitas kompresi.

Selanjutnya, gunakan mode best jika kamu ingin mempertahankan kecerahan, kejelasan, atau kualitas. Jika poin-poin tersebut bukan prioritas utama, maka pilih mode default untuk menghasilkan file berukuran sangat kecil.

Sebagai catatan, pada mode best, WinRAR akan mengecilkan ukuran file dengan memperhatikan detail. Makanya, saat menerapkan opsi ini, proses kompres mungkin membutuhkan waktu lebih lama.

Tahap ini bukan hanya sebagai cara kompres WinRAR dengan PC, tetapi kamu juga bisa menetapkan password. Caranya, cukup klik opsi ‘Set Password’ di bagian kanan bawah sebelum klik ‘OK’ untuk menjalankan penyesuaian ukuran file.

Cara kompres WinRAR dengan PC ini berlaku untuk semua jenis berkas, ya. Mulai dari video, PDF, hingga tipe file lain, semua bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Cepat Beralih ke Tampilan Desktop di Windows 11

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya