Comscore Tracker

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar, Dijamin Efektif!

Alternatif sebelum ke tukang servis

Kipas angin memang penyelamat sejuta umat. Di tengah terik matahari dan udara panas, kipas angin membawa kesejukan. Plusnya lagi, barang elektronik ini menghabiskan sedikit daya, sehingga lebih murah dibanding air conditioner.

Momen ngeselin datang ketika udara lagi panas-panasnya, tetapi kipas rusak. Meski tombol on nyala, tetapi baling-baling kipas tidak berputar. Wah, bikin makin panas aja!

Calm down dulu, Guys! Coba cara memperbaiki kipas angin tidak berputar ini. Satu per satu dicek kira-kira apa penyebabnya, maka kamu akan mengetahui kemungkinan adanya sparepart yang perlu diganti.

Penyebab kipas angin tidak berputar

Coba ingat kembali bagaimana kebiasaan penggunaan kipas angin. Lalu, ingat-ingat juga apakah umur kipas anginmu sudah lanjut. Jika iya, ada kemungkinan penyebab kipas angin bermasalah, karena dua hal tersebut; penggunaan kurang tepat dan masa pakai terlampau lama.  

Di lain sisi, jangan lupa cek beberapa part yang mungkin jadi penyebab kipas angin menyala, tetapi tidak berputar. Berikut di antaranya:

  • Kapasitor melemah. Kapasitor pada kipas angin berfungsi sebagai penyimpanan muatan listrik, sehingga mencegah adanya lonjakan listrik saat dinyalakan maupun dimatikan. Kapasitor yang melemah akan mempengaruhi kemampuan baling-baling berputar
  • Biearing aus atau bushing kipas angin. Bearing berfungsi mengurangi gesekan dari suatu putaran. Ketika bearing aus, maka perlu diganti untuk menjaga performa kipas angin
  • As motor aus. Kondisi ini menyebabkan as motor menempel dengan stator dan tidak lagi berada di tengah. Akhirnya, mesin pun menyala, tetapi baling-baling kipas tidak bergerak.

Sebagai non ahli di bidang elektronik, mengenali bagian kipas angin bisa jadi hal yang rumit. Tenang dan pelan-pelan saja, ya. Kalau ragu, bisa tanya si Mbah Google dulu.

Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar, Dijamin Efektif!ilustrasi kipas angin (unsplash.com/Delaney Van)

Pilihan termudah mengatasi kipas angin tidak berputar adalah membawanya ke service center. Namun, opsi ini bukan pilihan terbaik apabila ingin menghemat bujet.

Well, tidak ada salahnya mengotak-atik kipas angin jika kamu punya waktu luang. Dengan begitu, kamu bisa mengatasi permasalahan tanpa harus membawa kipas ke tukang servis dan mengeluarkan biaya.

1. Buka bagian mesin kipas angin

Di balik baling-baling yang berputar, ada serangkaian mesin yang menggerakkan. Biasanya, terletak di bagian kepala belakang kipas. 

Untuk menemukan bagian ini, terlebih dahulu buka kerangka kipas angin. Bagian ini meliputi penutup depan belakang dan baling-baling kipas. Setelahnya, baru kamu bisa membuka bagian mesin kipas.

Sebagai bantuan, gunakan obeng dengan empat mata kecil sebagai alat mengendurkan kunci penutup kipas. Jangan lupa, simpan sekrup yang dilepaskan dari kipas dalam satu wadah tertutup, agar tidak hilang atau tercecer.

2. Cek penutup dinamo

Setelah bagian pelindungnya terlepas, kamu bisa lanjut cek penutup motor dinamo. Buka perlahan sekrup yang menguncinya, lalu keluarkan stator atau plate dan as motor. 

Apabila telah aus, maka perlu diganti yang baru. Hati-hati saat melepaskan komponen kipas dari tempatnya, ya. Hindari menariknya paksa yang dapat membuat gulungan komponen terputus.

3. Cek bearing atau bushing kipas angin

Sebagaimana dijelaskan pada bagian sebelumnya, salah satu kemungkinan penyebab kipas angin tidak berputar adalah aus pada bearing atau bushing. Kalau begini, cara memperbaiki kipas angin tidak berputar adalah dengan mengecek bagian tersebut.

Masukkan as motor ke bearing atau bushing. Selanjutnya, goyang ke kanan ke kiri. Apabila terasa terdapat kelonggaran, berarti menandakan bearing atau bushing sudah aus. Lepaskan komponen  bearing atau bushing, dan ganti spare part dengan yang baru.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tanpa ke Service Center

4. Bersihkan kotoran

Kadang, alasan kipas angin tidak mau berputar cukup sederhana, adanya kotoran. Penumpukan debu, bulu hewan peliharaan, dan rambut dapat menghalangi baling-baling berputar dengan lancar.  

Sembari membuka bagian kepala kipas, jangan lupa membersihkannya sekalian. Gunakan sikat lembut atau vacuum dengan daya sedot ringan untuk menghilangkan kotoran di area mesin kipas angin.

5. Pasang kembali komponen kipas angin

Cara memperbaiki kipas angin berikutnya yakni memasang kembali komponen-komponennya. Pastikan letaknya sudah sesuai, seluruh kabel terhubung, dan memasangnya dengan kencang.

Tutup dan eratkan kembali menggunakan sekrup yang sebelumnya dilepas. Lalu, hubungkan seluruh komponen dengan benar.

6. Cek ulang dengan menyalakan kipas

Jika identifikasi masalah dan penyelesaiannya sudah benar, kipas akan kembali nyala. Cek kembali begitu selesai pemasangan dengan menyalakan kipas angin.

Apabila belum berfungsi, kembali bongkar kipas angin dan identifikasi ulang penyebabnya. Apabila kesulitan, tidak ada salahnya menanyakan langsung ke ahlinya.

Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar di atas belum sepenuhnya cukup. Begitu kipas kembali dapat beroperasi, jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan membersihkannya secara rutin. Selain itu, hindari mematikan dengan mencabutnya dadakan agar tidak cepat rusak. Lalu, pastikan untuk tak menggunakannya secara berlebih, ya!

Baca Juga: 6 Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah, Daripada Beli Baru

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya