Comscore Tracker

5 Wisata Hutan Pinus di Kabupaten Gowa, Bikin Ogah Pulang 

Cocok jadi tempat penghilang penat #LokalIDN

Kamu lagi penat dengan rutinitas harianmu? Pergi berlibur bisa menjadi salah satu cara untuk membuatmu kembali segar. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata yang agak jauh dari pusat kota dan menyejukkan mata, salah satunya hutan pinus.

Hutan pinus selain memiliki fungsi melindungi lingkungan, juga berpotensi sebagai tempat wisata. Apalagi buat kamu yang suka hunting foto dengan panorama alam atau sekedar berkemah. Berikut ini hutan pinus di Kabupaten Gowa yang bisa kamu kunjungi. 

1. Hutan Pinus Tangkalaka

5 Wisata Hutan Pinus di Kabupaten Gowa, Bikin Ogah Pulang instagram.com/hutanpinustangkalaka

Tangkalaka, salah satu hutan pinus yang bisa kamu kunjungi bareng keluarga atau teman. Lokasinya di Bissoloro, Bungaya yang berjarak sekitar 36 km dari pusat Kabupaten Gowa. Kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hutan pinus satu ini juga menyediakan camping ground dan sering kali digunakan sebagai lokasi acara para pencinta alam. Buat kamu yang sekadar ingin bersantai dan menikmati suasana sejuk di sana, ada hammock dan beberapa gubuk kecil.

Selain instagramable, fasilitas di sini juga dilengkapi mushola dan toilet. 

2. Hutan Pinus Bissoloro

5 Wisata Hutan Pinus di Kabupaten Gowa, Bikin Ogah Pulang instagram.com/frezzafikri

Masih satu kawasan dengan sebelumnya, Hutan Pinus Bissoloro juga populer dan sengaja dibuat untuk para pecinta alam. Fasilitas yang ditawarkan pun enggak jauh berbeda. Kamu bisa berswafoto dengan latar belakang hutan pinus, bahkan melihat Makassar dari puncak Bissoloro. 

Keindahan alam di sini makin lengkap ketika matahari terbenam. Sedangkan ketika pagi hari atau musim penghujan bakal lebih sering berkabut. Cocok banget 'kan buat tempat hunting foto?

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Kabupaten Gowa, Indah Memikat Hati

3. Hutan Pinus dan Camping Ground Lembanna

5 Wisata Hutan Pinus di Kabupaten Gowa, Bikin Ogah Pulang instagram.com/muhalfhy

Hutan pinus dan bumi perkemahan lain yang bisa kamu kunjungi, yakni Lembanna. Kali ini berada di Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong yang masih satu kawasan dengan air terjun Lembanna. Kalau kamu bisa melakukan perjalanan ke kedua destinasi wisata tersebut.

Fasilitas yang ditawarkan memang mirip dengan kedua hutan pinus sebelumnya. Sedikit berbeda, kali ini berlokasi di kaki Gunung Bawakaraeng dan tidak jauh dari pemukiman warga. Hutan pinus satu ini juga populer di kalangan anak muda, sering kali digunakan untuk menghabiskan akhir pekan. 

4. Hutan Pinus Bangkowa

5 Wisata Hutan Pinus di Kabupaten Gowa, Bikin Ogah Pulang Google Local Giude/Dok. Usriady Syam

Berbeda dari sebelumnya, kali ini ada wisata hutan pinus yang bisa kamu kunjungi di Baturappe, Biringbulu. Hutan Pinus Bangkowa juga belum sepopuler lainnya dan belum dilengkapi fasilitas seperti hutan pinus lainnya. Tapi, cocok banget buat kamu yang ingin menikmati sesasi berkemah sambil memanfaatkan alam sekitar. 

Kamu tetap bisa menikmati suasana hutan pinus yang sejuk meski belum dikelola dengan baik. Makin lengkap dengan gemericik air yang jernih dari aliran sungai kecil di lokasi tersebut. 

5. Hutan Pinus Malino

5 Wisata Hutan Pinus di Kabupaten Gowa, Bikin Ogah Pulang instagram.com/kayu__mati

Satu lagi nih hutan pinus yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Gowa dan menjadi favorit masyarakat setempat, yakni Hutan Pinus Malino. Lokasinya berada di Kecamatan Tinggimoncong dan termasuk kawasan Pegunungan Malino. Kalau mau ke sana, kamu perlu berhati-hati karena banyak tikungan dan tanjakan. 

Buat kamu yang ingin bermalam di sana, ada beberapa penginapan yang bisa kamu sewa seharga 100 - 300 ribu rupiah. Kamu pun bisa bermain wahana permainan yang kalah seru, seperti lapangan tembak. Ada pula perkebunan stroberi yang memanjakan mata.

Berminat untuk mengunjungi Hutan Pinus Malino? Kamu perlu bersiap dengan ramainya pengunjung ketika akhir pekan atau hari libur. Hutan pinus satu ini tergolong paling ramai dan jarang sepi pengunjung, lho. 

Itulah tadi kelima wisata hutan pinus yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Gowa. Mana nih yang paling ingin kamu kunjungi? Hati-hati bikin nyaman dan ogah pulang!

Baca Juga: 6 Spot Hutan Pinus di Jawa Barat, Wisata Seru buat Para Weekenders

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya