Comscore Tracker

6 Fakta Seputar Gunung Raung, Punya Jalur Paling Ekstrem di Pulau Jawa

Berminat mendaki Raung?

Terletak di tiga kabupaten, yaitu Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember, gunung Raung menjadi salah satu gunung ikonik dengan jalur paling ekstrem di pulau Jawa. Ketinggiannya yang mencapai 3.344 mdpl membuat gunung Raung sebagai gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur.

Jika kamu bermimpi mendaki gunung Raung, yuk coba cek dulu fakta-fakta seputar gunung tersebut. Kira-kira, masih punya nyali mendakinya gak ya?

1. Puncak tertinggi kawasan pegunungan Ijen

6 Fakta Seputar Gunung Raung, Punya Jalur Paling Ekstrem di Pulau Jawainstagram.com/r_djangkaru

Meski statusnya sebagai gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah gunung Semeru dan gunung Arjuno, namun puncak gunung Raung rupanya menyandang gelar tertinggi di kawasan pegunungan Ijen.

Jika kamu pernah mendaki Ijen, maka gunung Raung bisa kamu saksikan dengan jelas di sisi barat daya.

2. Ada dua jalur pendakian

6 Fakta Seputar Gunung Raung, Punya Jalur Paling Ekstrem di Pulau Jawainstagram.com/bang_harlen

Jalur pendakian resmi gunung Raung terbagi dua, yaitu jalur Sumber Waringin dan jalur yang lebih populer bernama jalur Kalibaru.

Jalur Sumber Waringin dapat kamu tempuh dari basecamp yang berlokasi di desa Sumber Waringin, Wonosari, Bondowoso. Sedangkan jalur Kalibaru dimulai dari dusun Wonorejo, desa Kalibaru Wetan, Kalibaru, Banyuwangi.

3. Memiliki empat puncak

6 Fakta Seputar Gunung Raung, Punya Jalur Paling Ekstrem di Pulau Jawainstagram.com/raungcamp

Sebagai gunung berapi kerucut, gunung Raung memiliki empat puncak yang bisa kamu daki. Puncak pertama yang bakal kamu lewati bernama Puncak Bendera (3.159 mdpl), kemudian Puncak 17 (3.108 mdpl), Puncak Tusuk Gigi (3.300 mdpl), dan terakhir adalah Puncak Sejati, puncak tertinggi gunung Raung di ketinggian 3.344 mdpl.

Bukan keharusanmu untuk mendaki hingga Puncak Sejati. Selalu utamakan fisik dan keselamatan karena sejatinya bukan puncak gunung yang harus kamu taklukan, melainkan puncak tertinggi dalam dirimu.

Baca Juga: 5 Akun YouTube Buat yang Hobi Naik Gunung, Berasa Ikut Mendaki!

4. Memiliki kaldera terbesar kedua se-Indonesia

6 Fakta Seputar Gunung Raung, Punya Jalur Paling Ekstrem di Pulau Jawainstagram.com/raungcamp

Kaldera atau kawah gunung berapi yang berukuran sangat besar menjadi ciri khas dari gunung Raung. Jika kamu berhasil sampai Puncak Sejati, kamu bakal disambut dengan pemandangan kaldera yang sangat cantik selebar 2 kilometer dengan kedalaman mencapai 500 meter.

Kaldera gunung Raung merupakan kaldera terbesar di tanah Jawa dan menjadi paling besar kedua se-Indonesia setelah kaldera gunung Tambora.

5. Jalur pendakian yang ekstrem dan mendebarkan

Untuk mencapai puncak-puncak gunung Raung, dibutuhkan skill pendakian yang mumpuni, termasuk skill panjat tebing dan tali-temali. Sebab medan yang bakal kamu lalui merupakan jalur yang terjal serta diapit oleh jurang yang curam.

Sebelum mencapai Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati, kamu perlu melewati jalur paling ekstrem bernama Jembatan Shiratal Mustaqim. Jalurnya hanya berupa jalur setapak sempit yang kanan kirinya berupa jurang. Wajib banget jaga keseimbangan saat melewati jalur ini, guys!

6. Gak ada sumber mata air selama pendakian

6 Fakta Seputar Gunung Raung, Punya Jalur Paling Ekstrem di Pulau Jawainstagram.com/backpacker_probolinggo

Yang paling diantisipasi sebelum mendaki gunung Raung adalah perbekalan logistik. Pasalnya, selama pendakian kamu gak akan menjumpai sumber mata air. Sehingga mau gak mau, kamu harus membawa kebutuhan air dari basecamp, minimal 6-7 liter per orang untuk mendaki selama 3 hari 2 malam.

Tips supaya kamu gak terlalu berat membawa perbekalan air adalah menggunakan jasa portir. Kamu juga bisa mengubur air tersebut di lokasi-lokasi yang dekat dengan camp area atau jalur yang sudah diberi tanda lebih dulu.

Nah, itulah beberapa fakta seputar gunung Raung yang perlu kamu tahu. Meski terkenal dengan jalurnya yang ekstrem, perjuanganmu mendakinya dijamin terbayar lunas dengan pemandangan cantik di atas sana, deh. Jadi, masih punya nyali mendaki gunung Raung?

Baca Juga: 7 Hewan yang Bisa Ditemui ketika Mendaki Gunung Everest, Apa Saja? 

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya