Comscore Tracker

9 Tips Liburan Tetap Nyaman meski Kamu Sedang Datang Bulan

Gak ada alasan buat bete deh

Kedatangan "tamu" spesial tiap bulan jadi sesuatu yang gak bisa dihindari para wanita. Susahnya, kalau siklus menstruasi justru bertepatan dengan agenda liburan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Jangan ucapkan selamat tinggal dulu pada kegiatan liburan yang berkesan. Kamu masih bisa menerapkan sembilan tips di bawah ini supaya liburan tetap nyaman.

1. Catat tanggal datang bulan di kalender

9 Tips Liburan Tetap Nyaman meski Kamu Sedang Datang BulanUnsplash.com/Estée Janssens

Kalau bisa traveling di luar jadwal datang bulan kenapa tidak? Ada baiknya perhatikan kalender bulananmu dan hitung berapa lama waktu menuju siklus berikutnya. Bisa juga mengunduh aplikasi kalender atau kalkulator menstruasi untuk mempermudah perhitungan.

Setelahnya, tinggal menentukan jadwal traveling di luar waktu haid, yang tentu saja jauh lebih nyaman untuk dilakukan.

2. Sesuaikan dengan destinasi wisata

9 Tips Liburan Tetap Nyaman meski Kamu Sedang Datang BulanUnsplash.com/Helena Sollie

Tapi kalau incidentally kamu harus tetap pergi dalam keadaan haid, gak masalah juga. Alternatif lainnya adalah menyesuaikan destinasi wisata dengan keadaanmu. Misalnya mengganti wisata air dengan city tour atau agenda belanja ke regional market.

Kalau pun masih tetap ingin pergi ke pantai atau berenang, kamu bisa belajar menggunakan tampon untuk mencegah darah keluar selama beraktivitas dalam air. Traveling ke pantai masih bisa tetap seru, kok. Main air di pinggiran pantai, menanti sunset, dan makan enak di area pantai.

3. Perhatikan menu dan pola makanmu

9 Tips Liburan Tetap Nyaman meski Kamu Sedang Datang BulanUnsplash.com/Raphael Nogueira

Selama datang bulan, tubuh kita akan kehilangan banyak darah. Jika asupan zat besi tak diganti, bisa-bisa kita malah lemas hingga anemia. Untuk itu, penting mengatur pola makan dan banyak mengonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti sayuran hijau, daging, dan buah-buahan.

Beberapa makanan ternyata bisa membantu mengatasi kram perut saat menstruasi. Seperti asam lemak omega-3 yang bersifat antiinflamasi dan biasa terkandung dalam ikan laut. Sebaliknya, kurangi konsumsi makanan berlemak karena bisa mempengaruhi hormon estrogen.

4. Perbanyak minum air putih

9 Tips Liburan Tetap Nyaman meski Kamu Sedang Datang Bulansecondwindwater.com

Konsumsi air putih lebih banyak jika kamu sedang traveling dalam keadaan menstruasi. Agar tak lemas, tubuh butuh lebih banyak asupan cairan untuk mengantisipasi banyaknya darah yang hilang. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi air putih hangat sebagai pereda nyeri alami selama datang bulan.

Baca Juga: 6 Tips Liburan ke Swiss ala Ayudia-Ditto, Nyaman dan Bikin Makin Betah

5. Untuk mengurangi nyeri datang bulan, sering-sering lakukan stretching

9 Tips Liburan Tetap Nyaman meski Kamu Sedang Datang BulanUnsplash.com/Kevin Bhagat

Nyeri datang bulan jangan sampai menghalangi keseruan aktivitas kita selama berlibur! Ada beberapa hal yang bisa meringankan nyerinya, termasuk adalah peregangan atau olahraga kecil untuk memperlancar sirkulasi darah. Kalau sensasi linu masih tak tertahankan, sebaiknya siapkan obat pereda nyeri untuk berjaga-jaga.

6. Gunakan bawahan berwarna gelap

9 Tips Liburan Tetap Nyaman meski Kamu Sedang Datang Bulanfeastfashionfaves.com

Waktu siklus sedang deras-derasnya, kita pasti suka khawatir mendadak "bocor". Alhasil traveling jadi kurang berkesan karena perasaan was-was yang membayangi. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memakai bawahan berwarna gelap, hitam misalnya. Seandainya tiba-tiba bocor, noda darah akan lebih samar dan kamu gak kesusahan untuk menutupinya.

7. Pilih celana dalam yang pas dengan bahan menyerap keringat

9 Tips Liburan Tetap Nyaman meski Kamu Sedang Datang BulanUnsplash.com/Frank Flores

Saat datang bulan, kulit jadi lebih sensitif. Jika celana dalam sulit menyerap keringat, dikhawatirkan daerah kewanitaan cenderung lembab dan bikin kulit sekitarnya malah iritasi. Selain itu, pilih celana dalam yang ukurannya pas. Pembalut bisa bergeser kalau ukuran celana yang kamu kenakan terlalu longgar. Sedangkan, ukuran terlalu kecil akan menghambat keluarnya darah maupun kenyamananmu saat bergerak.

8. Bawa tisu ekstra

9 Tips Liburan Tetap Nyaman meski Kamu Sedang Datang Bulankcprofessional.com

Wajib hukumnya untuk bawa tisu ekstra di dalam tas. Saat traveling, kita bakal sering memakai toilet di tempat umum. Entah saat di tempat wisata, pusat perbelanjaan, hingga penginapan budget. Tak semua toilet di tempat tersebut menyediakan tisu, padahal penting sekali untuk mengeringkan daerah kewanitaan setelah memakai kamar kecil. Terutama saat sedang datang bulan, pasti bakal gak nyaman banget deh.

9. Siapkan lebih dari satu jenis pembalut

9 Tips Liburan Tetap Nyaman meski Kamu Sedang Datang Bulanfinancialexpress.com

Tiga hari pertama adalah waktu yang cukup krusial saat tamu bulanan datang, karena volume darah yang keluar sedang banyak. Kalau kamu harus pergi traveling di waktu-waktu ini, jangan lupa siapkan beberapa jenis pembalut mulai dari yang standar, pembalut panjang, hingga tampon jika diperlukan.

Nah, sudah siap traveling ke mana nih?

Baca Juga: 7 Tips Liburan Murah ke Jepang, Bisa Hemat sampai Separuh Bujet Lho!

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You