Comscore Tracker

Jenis-Jenis Parcel untuk Hantaran Lebaran Idul Fitri 

Berbagai jenis parcel sering dibagikan saat hari raya

Jakarta, IDN Times - Selama bulan Ramadan ini, umat muslim tidak hanya berpuasa dan mempersiapkan diri untuk hari Lebaran. Jelang hari raya, orang Indonesia memiliki tradisi mengirimkan hantaran baik kepada keluarga, teman, kerabat ataupun rekan kerja dan kolega.

Apalagi di saat pandemik ini, pertemuan tatap muka orang dibatasi. Silaturahmi pun seringkali diwakili dengan kiriman hantaran, baik berupa parcel (parsel) atau hamper. Parcel biasanya diisi dengan berbagai macam barang, bisa pernak-pernik, makanan kering, minuman, buah, dan lain sebagainya.

Di era yang serba mudah dan lebih modern sekarang ini, parcel dikemas dengan mengikuti perkembangan zaman. Isinya pun tidak melulu benda-benda yang dahulu lumrah sebagai hantaran. Banyak item lebih menarik dengan hiasan kemasan yang lebih kreatif dan modern.

Lalu, apa saja jenis parcel yang biasanya umum dibagikan saat hari Lebaran? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 5 Hampers Paling Hits yang Cocok untuk Paket Lebaran

1. Parcel makanan dan minuman

Jenis-Jenis Parcel untuk Hantaran Lebaran Idul Fitri Usaha parcel lebaran di Lampung (IDN Times/Silviana)

Isi parcel yang paling umum makanan dan minuman. Jenis makanan dan minuman yang diberikan pun beragam. Tetapi, biasanya makanan dan minuman tersebut mampu bertahan sampai batas waktu tertentu dan tidak cepat habis seperti makanan dan minuman cepat saji. 

Contoh dari makanan dan minuman ini adalah kue kering dan minuman literan seperti kopi, susu, dan minuman rasa lainnya yang dikemas dalam botol literan, atau makanan ringan. Memberikan parcel makanan dan minuman ini berguna untuk menjadi cemilan pada hari Lebaran dan bisa bertahan untuk hari-hari berikutnya.

2. Parcel buah

Jenis-Jenis Parcel untuk Hantaran Lebaran Idul Fitri ratufloristjakarta.com

Parcel yang lumrah diberikan saat hari Lebaran selanjutnya adalah buah-buahan. Jenis buahnya pun beragam seperti apel, semangka, pear, jeruk, sampai buah naga.

Biasanya pengusaha parcel memilih buah-buah yang tidak mudah hancur. Buah-buah memiki kulit yang keras serta tidak terlalu berair. Parcel buah biasanya disusun sedemikian rupa agar terlihat menarik saat diberikan.

Baca Juga: Cara Membuat Parcel Sendiri di Rumah, Lebih Hemat Lho!

3. Parcel barang pecah belah

Jenis-Jenis Parcel untuk Hantaran Lebaran Idul Fitri blanja.com/

Parcel barang pecah belah sering diberikan kepada kolega kerja, saudara, ataupun orang tua. Ini bisa jadi pilihan lain jika bosan dengan parcel berisi makanan.

Isi dari barang pecah belah ini misalnya peralatan makan yang sudah sepaket dengan motif senada. Atau kitchen set berupa selusin cangkir kopi untuk tamu. Harganya kebanyakan lebih mahal daripada parcel makanan dan minuman.

4. Parcel alat elektronik

Jenis-Jenis Parcel untuk Hantaran Lebaran Idul Fitri thekitchn.com

Parcel yang satu ini tidak bisa dikonsumsi dan berbeda dari biasanya karena parcel elektronik biasanya diberikan kepada teman, orangtua, kolega penting, atau saudara.

Alat elektronik yang biasa diberikan berupa coffee maker, blender compact, pemanggang roti, blender, atau alat elektronik lainnya yang tidak terlalu besar sehingga cocok dijadikan parcel.

Baca Juga: 12 Ide Parcel Antimainstream yang Cocok buat Bisnis, Kece Banget!

5. Parcel perlengkapan ibadah

Jenis-Jenis Parcel untuk Hantaran Lebaran Idul Fitri Instagram/parcelinaja.id

Perlengkapan ibadah juga bisa dijadikan parcel yang pas untuk orang-orang terdekat. Parcel ini cocok diberikan sebagai bingkisan Lebaran. Peralatan ibadah yang bisa diberikan seperti sajadah, mukena, sarung, atau peci.

Saat ini, sudah banyak pula parcel alat ibadah yang dipadukan dengan tas cantik sebagai wadahnya. Ada pula yang dijadikan sepaket dengan tasbih bahkan Al-Qur'an.

6. Voucher belanja

Jenis-Jenis Parcel untuk Hantaran Lebaran Idul Fitri Ilustrasi belanja online (IDN Times/Arief Rahmat)

Parcel yang satu ini tidak berbentuk barang ataupun makanan, tetapi voucher belanja. Voucher ini bisa diberikan kapan saja, sehingga bisa dimanfaatkan sebelum Lebaran untuk berbelanja kebutuhan di hari raya.

Memberikan voucher belanja merupakan salah satu cara yang efektif dan simpel karena tidak harus mengemas parcel dalam bentuk fisik. Biasanya diberikan pada kolega atau teman yang diketahui biasa dengan gaya hidup moderen.

7. Parcel hijab

Jenis-Jenis Parcel untuk Hantaran Lebaran Idul Fitri instagram.com/litelookgift

Pada zaman sekarang ini, hijab menjadi salah satu parcel yang hits. Begitu banyak penjual hijab trendy yang turut mengemas produk mereka sebagai parcel jelang Lebaran.

Parcel jenis ini biasanya dikemas semenarik mungkin dengan kombinasi berbagai macam hijab dan pernak-perniknya. Beberapa pun mengombinasikannya dengan busana muslim, meski kebanyakan hanya terdiri dari beberapa lembar kain hijab.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya